Bisnis Ikan Hias, Peluang yang Menguntungkan

Posted on 30 views
Bisnis ikan hias terbilang cukup menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap ikan hias.
Bagikan artikel ini

Bisnis ikan hias terbilang cukup menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap ikan hias. Namun, kini tidak banyak orang yang menjalankan bisnis ikan hias, sehingga bisnis ini berpotensi memberikan keuntungan yang lebih besar.  

Bisnis Ikan Hias
Bisnis Ikan Hias

Keuntungan menjalankan Bisnis Ikan Hias

Dalam memulai usaha ikan hias, kamu harus memahami dengan baik bidang bisnis yang akan dijalankan. Pemahaman yang baik tentang wirausaha ikan hias bisa didapatkan apabila kamu mampu mempelajari dengan baik tekniknya. Peluang bisnis beraneka macam jenisnya, kamu bisa memilih sesuai dengan minat.

Bagi kamu yang menyukai hewan, khususnya ikan, menjalankan bisnis ikan hias bisa menjadi solusi dan peluang untuk mencari rezeki. Hobi yang kamu miliki terhadap ikan hias tidak hanya akan memberikan kesenangan, tetapi juga keuntungan yang tinggi karena ternak ikan hias menguntungkan asal kamu telah mempersiapkannya dengan baik.

Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berbisnis ikan hias :

1. Modal Tipis

Pertama-tama, persiapkan modal terlebih dahulu sebelum memulai usaha ikan hias. Kamu tidak perlu khawatir, karena modal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis ini tidak banyak, jika dibandingkan dengan memulai bisnis yang lain.

Berikut beberapa modal awal yang harus kamu miliki untuk memulai usaha ternak ikan hias yang menguntungkan ini :

  • Dana yang mencukupi untuk membeli keperluan-keperluan yang berkaitan dengan bisnis ikan hias
  • Tempat yang memadai sebagai lahan berkembangbiaknya ikan
  • Peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung pemeliharaan ikan hias.
  • Obat-obatan untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan ikan
  • Pengetahuan yang memadai mengenai usaha budidaya ikan hias dan teknik menjalankan bisnisnya.

2. Menyalurkan Hobi

Menjalankan hobi sambil berbisnis adalah hal yang menyenangkan. Dalam berbisnis kamu tidak boleh hanya memikirkan keuntungan, tetapi harus senang saat menjalaninya. Oleh karena itu untuk calon pengusaha ikan hias, bisnis ini sangat tepat jika kamu memang hobi memelihara ikan hias.

Selain itu, hobi juga bisa membuat kamu menguasai dan memahami dengan baik teknik memelihara, merawat, dan membudidayakan ikan hias. Sehingga, ikan hias yang kamu pelihara akan memiliki kualitas yang bagus dan nilai jual yang tinggi.

Bisnis Ikan Hias
Bisnis Ikan Hias

3. Berkontribusi dalam Melestarikan dan Membudidayakan Ikan

Ikan merupakan salah satu hewan yang harus dilestarikan agar tidak punah. Dengan berbisnis ikan hias, secara tidak langsung kamu telah melakukan budidaya terhadap ikan jenis ini, sehingga populasinya akan terus ada dan tidak punah.

4. Tidak Membutuhkan Lahan yang Luas

Berbeda dengan mendirikan ternak hewan lain, seperti ayam, kambing, sapi, domba, dan sebagainya, memelihara ikan hias hanya membutuhkan akuarium yang memadai sesuai dengan jumlah ikan yang ingin kamu pelihara.

Peletakan akuarium juga bisa dilakukan di ruangan tertutup, seperti di dalam rumah atau di dalam pertokoan yang kamu miliki. Sehingga tidak memerlukan lahan yang luas seperti memelihara kambing, sapi, atau ayam.

Bisnis Ikan Hias
Bisnis Ikan Hias

5. Kompetitor Rendah

Dengan tingginya peminat terhadap ikan hias, kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan strategi pemasaran saat menjalankan bisnis ikan hias yang menguntungkan ini, karena kompetitor penjual ikan hias di Indonesia masih rendah.

Tips Merawat Ikan Hias Agar Memiliki Nilai Jual Tinggi

Tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan nilai jual yang tinggi, memelihara ikan hias juga bisa membuat kamu menghilangkan stress. Selain itu, ikan hias juga merupakan hewan yang baik karena tidak membawa dampak negatif, seperti alergi, terhadap pemeliharanya.

Bisnis Ikan Hias
Bisnis Ikan Hias

Pemeliharaan ikan hias dinilai cukup mudah, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk memelihara ikan hias agar menghasilkan ikan yang berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi :

1. Mengenali Kebutuhan Ikan

Kebutuhan ikan berkaitan dengan kualitas air yang ada di dalam akuarium. Oleh karena itu, kamu harus rajin mengganti air di dalam akuarium beberapa hari sekali.

Sebelum memasukkan ikan ke dalam akuarium, kamu perlu memberikan ruang untuk ikan agar bisa beradaptasi. Caranya adalah dengan memasukkan ikan beserta dengan plastiknya ke dalam akuarium terlebih dahulu.

Kenali juga jenis ikan yang bisa dijadikan satu dengan jenis ikan lainnya atau ikan tersebut harus berada dalam satu akuarium dengan ikan sejenisnya. Tujuannya adalah agar ikan yang berbeda jenis tersebut tidak bertengkar dan tidak stress.

2. Perawatan Rutin

Menjaga kebersihan dalam akuarium adalah hal yang penting untuk kamu lakukan. Meski telah tersedia filter untuk penyaringan air, tetapi mengganti air paling tidak satu minggu sekali bisa kamu lakukan untuk membersihkan akuarium dari kotoran yang ada di dalamnya.

Akuarium yang kotor atau tidak pernah dibersihkan, akan membuat kesehatan ikan di dalamnya menurun.

Pada saat mengganti air akuarium, pastikan untuk tidak meletakkan wadah pengganti akuarium di bawah sinar matahari untuk menjaga suhu air tidak hangat atau panas. Air yang terkena sinar matahari langsung bisa membahayakan ikan.

3. Mempersiapkan Peralatan Terbaik

Sebelum membeli ikan, kamu harus mempersiapkan peralatan terbaik agar ikan nyaman dan tidak stress saat berada di tempat kamu. Peralatan tersebut adalah, sebagai berikut :

  • Akuarium yang memadai
  • Filter yang berfungsi sebagai penjernih air, benda ini juga berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada di air dan membunuh bakteri.
  • Lampu Akuarium
  • Aerator
  • Penghangat Air
  • Tanaman air sebagai penghias yang berfungsi untuk menjaga kualitas air di dalam akuarium.
  • Batu karang, yang bisa digunakan sebagai penghias untuk mempercantik akuarium. Batu karang juga bisa menjadi alat bermain ikan yang suka bersembunyi dibalik bebatuan, serta memiliki manfaat sebagai tempat tumbuhnya bakteri baik di dalam akuarium.

4. Mempersiapkan Makanan yang Alami dan Sehat

Memberikan makan kepada ikan adalah hal yang menyenangkan, melakukannya juga tidak sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberikan makanan ikan, salah satunya adalah menaburkan pakan ikan yang berbentuk tepung di akuarium. Cara tersebut adalah yang paling menyenangkan.

Namun, tidak hanya itu saja, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memberi pakan ikan. Cara tersebut seperti, menyemprotkan pakan ikan ke dalam akuarium dengan sebuah alat.

Selain rajin memberikan pakan, kamu juga harus memilih jenis pakan yang alami agar bisa menjaga air akuarium tetap bersih dalam waktu yang lama dan membantu menjaga kesehatan ikan di dalamnya.

Kamu juga harus mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk memberikan pakan. Ikan-ikan besar biasanya diberikan makan sebanyak 4 kali sehari, sedangkan ikan-ikan kecil diberikan pakan lebih sering, yaitu sebanyak 6 kali sehari.

Bisnis Ikan Hias
Bisnis Ikan Hias

Penutup

Memelihara ikan hias merupakan sebuah hobi menyenangkan juga cukup mudah dilakukan, di mana kamu tak perlu buang banyak tenaga ketika memeliharanya. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi peluang terbaik bagi kamu yang memang memiliki hobi memelihara ikan hias.

Sebelum menjalankan bisnis ini, kamu perlu belajar lebih banyak melalui internet, memperhitungkan modal usaha ikan hias, berkonsultasi dengan penjual ikan hias di pasar, dan buku-buku yang membahas tentang cara bisnis ikan hias.

Baca Juga : Budidaya Ikan Guppy untuk Pemula yang Harus Kamu Ketahui