Ikan Cupang Red Koi : Ciri, Cara Merawat, Harga hingga Makanan

Posted on 25 views
Salah satu daya tarik ikan cupang red koi terletak pada warna dasarnya yang merah dan terdapat sedikit corak warna hitam di sekelilingnya. Simak di artikel ini!
Bagikan artikel ini

Seiring meningkatnya kepopuleran ikan cupang, jenis ikan cupang red koi juga semakin banyak peminatnya. Salah satu daya tarik dari ikan cupang berjenis red koi terletak pada warna dasarnya yang merah dan terdapat sedikit corak warna hitam di sekelilingnya.

Namun, meskipun salah satu ciri khas dan daya tarik ikan cupang dari jenis ini terletak pada warna merah mencoloknya, akan tetapi ada juga jenis ikan cupang seperti ini yang memiliki motif dengan corak warna-warni di tubuhnya. Maka dari itu, ikan cupang berjenis red koi terkenal dengan keindahan dan kecantikannya.

Selain itu, terdapat 1 fakta yang harus kamu ketahui mengenai ikan cupang jenis ini. Satu fakta yang harus kamu ketahui itu adalah sebenarnya ikan cupang berjenis red koi ini bukanlah jenis ikan cupang asli, akan tetapi hasil dari persilangan, sehingga warna dasar dari ikan cupang ini mirip dengan ikan koi, yaitu merah, hitam, kuning, dan orange.

Ikan Cupang Red Koi
Ikan Cupang Red Koi

Mengenal ikan cupang red koi dengan melihat ciri-cirinya

Ikan cupang dengan jenis red koi sangat mudah untuk dikenali, karena ikan cupang jenis ini memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang khas dibandingkan dengan ikan cupang jenis lainnya. Selain itu, cupang koi juga termasuk jenis ikan cupang khusus yang berasal dari pembiakan selektif yang memiliki gen melompat, sehingga jangan kaget jika kamu melihat ikan cupang jenis ini lebih aktif bergerak dibandingkan ikan cupang jenis lainnya.

Habitat awal ikan cupang red koi sebenarnya di Indonesia, akan tetapi tidak ditemukan pada alam bebas dan lebih banyak ditemukan di breeder Indonesia. Jadi, kamu patut bangga mengenai hal ini.

Sekarang, mari kita bahas mengenai ciri-ciri yang dimiliki ikan cupang red koi untuk lebih mengenal ikan cupang jenis ini. Berikut uraian lengkap dari ciri-ciri yang dimiliki ikan cupang berjenis red koi:

  • Ikan Cupang Red Koi Dari segi warnanya

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, ciri khas paling utama dari ikan cupang jenis red koi adalah terletak pada corak warnanya, karena corak warna dari ikan cupang jenis ini dibuat secara khusus pada saat perkembangbiakan supaya dapat menjaga ciri dan karakteristiknya tanpa mengurangi ciri khas dari ikan koi asli itu sendiri.

Meskipun warna dasar dari ikan cupang jenis ini sebenarnya merah, hitam, kuning, dan orange, akan tetapi cupang red koi masih bisa dibedakan jika dilihat dari segi warnanya. Berikut beberapa jenis ikan cupang ras red koi berdasarkan warnanya:

  1. Cupang koi tiger, sesuai dengan namanya ikan cupang koi jenis ini memiliki pola warna yang membentuk susunan seperti tiger yaitu bercak garis yang rapi. Sementara itu warnanya terdiri dari warna hitam, putih, merah, kuning, dan orange, sehingga tidak jauh berbeda dengan ikan cupang red koi.
  2. Cupang koi galaxy, sisik dari ikan cupang koi jenis ini mengkilat layaknya sebuah mutiara yang berwarna biru dan dipadukan dengan warna hitam, merah, dan kuning.
  3. Cupang koi emerald, ikan cupang koi jenis ini juga sering dikenal dengan ikan cupang koi asli karena memiliki corak warna yang paling mirip dengan ikan koi asli. Warna dasarnya adalah hitam, merah, putih, dengan perpaduan warna kuning dan orange.
  4. Cupang koi nemo, untuk ikan cupang koi jenis ini warnanya lebih beragam, yakni merah, putih, dan biru yang terdapat pada siripnya.
  5. Cupang koi fancy, ikan cupang koi jenis ini dipercaya sebagai ikan cupang koi yang paling cantik. Warnanya sangat beragam dengan gradasi indah yang melengkapinya, sehingga terlihat seperti lukisan.
Ikan Cupang Red Koi
Ikan Cupang Red Koi
  • Ikan Cupang Red Koi Dari segi bentuk tubuhnya

Ikan cupang red koi tubuhnya terlihat lebih lonjong jika dibandingkan dengan ikan cupang jenis lainnya. Selain itu, bentuk sirip atau ekornya juga cenderung lebih panjang dan lebar karena memiliki gen cupang jenis halfmoon yang memang memiliki ekor yang lebar. Dan untuk ukuran tubuhnya sendiri, ikan cupang berjenis red koi memiliki ukuran tubuh di kisaran angka 3 inch atau 7,6 cm.

  • Ikan Cupang Red Koi Dari segi bentuk matanya

Ikan cupang jenis red koi juga memiliki ciri khasnya tersendiri pada bagian matanya. Warna kedua mata dari ikan cupang jenis ini adalah hitam dan berbentuk bulat sempurna. Jadi, jika kamu menemukan ikan yang bentuknya serupa dengan ikan cupang jenis ini namun warna matanya bukan hitam, maka bisa dipastikan ikan tersebut bukan ikan cupang jenis red koi.

Ikan Cupang Red Koi
Ikan Cupang Red Koi

Cara merawat ikan cupang Red Koi

Meskipun sebenarnya cara perawatan ikan cupang jenis red koi sebagian besar mirip dengan cara perawatan ikan cupang jenis lainnya, akan tetapi masih ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk merawat ikan cupang jenis ini dengan tepat. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin merawat ikan cupang jenis red koi:

Makanan ikan cupang red koi

Sama saja dengan ikan cupang jenis lainnya, ikan cupang berjenis red koi juga membutuhkan makanan dengan asupan gizi terbaik. Hal ini akan berguna untuk menjaganya tetap sehat dan segar serta membuat keindahan warna dan ekornya tetap terjaga dengan baik.

Jika kamu memilih memberikan makanan pada ikan cupang berjenis red koi dengan pellet, cacing beku, jentik nyamuk, atau kutu air, kamu bisa memberikannya 2 kali dalam sehari. Namun, jika kamu memilih memberikan makanan yang berupa cacing sutra, kamu bisa memberikannya sekali saja dalam sehari.

Ikan Cupang Red Koi
Ikan Cupang Red Koi

Pengaturan akuariumnya

Karena ikan cupang jenis ini lebih agresif jika dibandingkan dengan ikan-ikan jenis lainnya, maka kamu perlu memisahkannya dari ikan-ikan peliharaanmu jenis lainnya. Untuk dari segi ukuran airnya, ikan cupang jenis red koi membutuhkan air berukuran 5 galon atau ukuran tepatnya 18 liter. Selain itu, kebersihan dari airnya juga harus selalu dijaga supaya ikan cupang peliharaanmu tetap merasa nyaman.

Penggunaan vitamin

Jangan pernah lupa untuk memberikan vitamin yang cukup pada sang ikan cupang peliharaanmu. Sebab, salah satu hal paling penting dalam menunjang hasil warna pada sirip ikan cupang jenis ini adalah tambahan suplemen ikan atau vitamin ikan khusus. Jadi, alangkah baiknya jika kamu memberikan vitamin secara rutin pada ikan cupang peliharaanmu.

Ikan Cupang Red Koi
Ikan Cupang Red Koi

Kisaran harga ikan cupang berjenis red koi

Kisaran harga dari ikan cupang berjenis red koi sendiri tergolong relatif murah, karena pada umumnya hanya di kisaran harga Rp. 30.000,00. Namun, harga ini hanyalah acuan, pasalnya harga dari ikan cupang red koi tergantung dari ukuran dan coraknya, semakin memiliki corak yang unik, maka ikan cupang red koi itu semakin mahal.

Penutup

Karena perawatan ikan cupang red koi sangatlah mudah untuk dilakukan, jadi banyak orang yang tergiur untuk memeliharanya. Bahkan, ada juga dari mereka yang sampai lupa waktu ketika memelihara ikan cupang jenis ini. Jadi, apakah kamu akan masuk ke daftar para penggemar ikan cupang jenis red koi?

Baca Juga : Ikan Cupang Plakat : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan