6 Cara Perawatan anak kucing Persia dan Tips Melebatkan Bulu Kucing Persia

Posted on 14 views
Bagikan artikel ini

Siapa diantara kamu pecinta kucing namun bingung bagaimana cara merawatnya? Perawatan anak kucing Persia memang sedikit berbeda dengan merawat kucing biasa pada umumnya.

Perawatan anak kucing persia
Perawatan anak kucing persia

Kucing Persia memiliki bulu yang berbeda dengan bulu kucing lainnya. Bulunya yang tebal membuat perawatannya butuh perhatian ekstra.

Lantas, bagaimana cara perawatan anak kucing Persia? Berikut ulasan lengkapnya

Perawatan anak kucing Persia

1. Sikat bulu kucing secara rutin sejak masih kecil

Cara perawatan kucing Persia yang pertama adalah dengan menyikat bulu kucing secara rutin sejak masih kecil. Walaupun bulu anak kucing Persia masih tidak terlalu panjang, kita perlu membiasakan mereka untuk disisir.

Jika kucing tidak terbiasa dengan hal tersebut, dikhawatirkan kamu juga akan kesulitan merawat bulunya ketika sudah lebat. Bulu adalah sesuatu yang paling penting terutama untuk kucing Persia.

Untuk itu, kamu wajib menyisirnya secara teratur setiap hari. Pilihlah sisir atau sikat yang terbuat dari logam dan bentuknya tidak terlalu rapat. Agar bulu kucing mudah untuk dirapikan.

2. Memilih alat makan yang benar

Perawatan anak kucing Persia selanjutnya adalah dalam hal memilih alat makan. Bentuk muka kucing Persia adalah datar dengan hidung yang pesek. Untuk itu, mereka akan nyaman jika diberi makan menggunakan mangkuk yang datar.

Pilih juga mangkuk yang memiliki pinggiran rendah atau bahkan sama sekali tidak memiliki pinggiran. Jika memungkinkan, pilihlah mangkuk dengan bahan besi untuk menghindari bakteri.

Perawatan anak kucing persia
Perawatan anak kucing persia

3. Pilih makanan yang sesuai

Cara perawatan anak kucing Persia selanjutnya adalah dengan memberi makanan yang sesuai kebutuhan. Pilihlah merek makanan untuk merawat bulu kucing Persiamu yang banyak mengandung vitamin serta nutrisi.

Jangan pernah memberikan kucing Persia makanan anjing, karena tidak cocok dimakan oleh kucing. Kandungan taurin pada makanan kucing yang dapat mencegah kucing terkena penyakit jantung. Sedangkan kandungan tersebut tidak ada dalam makanan kucing.

Beri makan kucingmu secara teratur 3-4 kali dalam sehari. Sesuaikan juga porsi makanan dengan usia kucing Persia ya.

4. Rajin bersihkan hidung dan mata kucing

Perawatan anak kucing Persia keempat adalah dengan membersihkan hidung serta mata kucing secara rutin. Kucing Persia memiliki hidung yang sangat mudah kotor. Jika kamu tidak rajin untuk membersihkannya, mereka akan kesulitan untuk bernafas. Selain itu, hal itu akan menimbulkan infeksi.

Kamu bisa menggunakan kain yang sudah dibasahi atau bisa juga menggunakan cotton bud. Gosok hidung kucing secara perlahan dan hati-hati agar tidak menimbulkan luka lainnya.

Selain hidung, mata kucing Persia juga lebih banyak mengeluarkan air mata dibandingkan kucing lainnya. Untuk itu, kamu perlu membersihkannya minimal sehari sekali agar kotoran mata yang menempel tidak merusak bulu.

5. Memberi Vaksin

Berbeda dengan kucing kampong pada umumnya, perawatan kucing Persia selanjutnya adalah dengan memberi vaksin secara teratur.

Kucing ini memang lebih rentan terkena infeksi karena hidungnya tidak memiliki filter yang digunakan untuk menyaring bakteri. Untuk itu, berilah kucing persiamu vaksin secara teratur pada dokter hewan. Agar kucing persiamu memiliki imun yang kuat dan dapat bertahan hidup lebih lama.

6. Mandikan dengan cara yang benar

Perawatan anak kucing Persia selanjutnya adalah dalam hal memandikan. Jika kucing persiamu memiliki warna putih, rajin-rajinlah untuk memandikannya. Kucing putih relatif lebih cepat kotor jika dibandingkan warna lainnya.

Jika kamu memiliki budget, kamu bisa membawa kucingmu ke pet shop untuk mandi dan perawatan lainnya. Namun jika tidak, kamu bisa juga memandikannya sendiri.

Cara yang dilakukan adalah :

  • Pertama, gunakan air yang tidak terlalu panas dan dingin
  • Kedua, gunakan shampoo yang sesuai dengan permasalahan bulunya
  • Ketiga, potong kuku dengan benar
  • Keempat, keringkan bulu kucing menggunakan hair dryer dan jangan lupa untuk menyisirnya

Mandikanlah kucingmu seminggu sekali atau maksimal 1 bulan sekali. Kamu juga perlu melihat kondisi kucingmu. Apakah perlu untuk dimandikan atau bisa ditunda.

Perawatan anak kucing persia
Perawatan anak kucing persia

Tips Melebatkan Bulu Kucing Persia

Kamu telah mengetahui bagaimana cara perawatan anak kucing Persia. Merawat kucing Persia sama dengan merawat bulu sang kucing. Semakin lebat dan sehat bulu kucing Persia, akan semakin bagus kucing tersebut.

Di bawah ini akan dibahas mengenai tips untuk melebatkan bulu kucing Persia.

1. Minyak ikan

Selain kuning telur, minyak ikan juga mengandung omega 3 yang sangat baik untuk bulu kucing Persia. Kamu juga bisa mencampur minyak ikan pada makanan kucing. Akan lebih baik jika kamu mencampurnya dengan lemak ayam yang mengandung omega 6.

Dua kandungan tersebut akan mencegah kerontokan pada bulu kucingmu.

2. Beri kuning telur matang

Kandungan kucing telur sangat kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan tinggi protein. Kandungan tersebutlah yang dibutuhkan kucing untuk masa pertumbuhannya. Terutama untuk memelihara kulit dan bulu kucing Persia.

Kamu bisa memberikannya seminggu 3 kali. Jangan lupa untuk memberikan kuning telur yang sudah matang ya. Karena, kuning telur yang belum matang banyak mengandung bakteri.

3. Pilih makanan yang sesuai

Kesehatan bulu kucing sangat bergantung pada asupan yang dia makan. Beri kucing persiamu makanan yang kaya akan protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang. Kandungan tersebut akan membuat bulu kucing semakin lebat.

Cara lainnya adalah dengan mencampur makanan kering dan basah setiap hari. Hal ini akan membuat kebutuhan cairan dalam kucing Persia semakin seimbang.

4. Sisir Bulu secara rutin

Menyisir bulu kucing akan mencegah kerontokan. Hal ini karena, dengan menyisir bulu kucing, kamu akan memisahkan bulu yang rontok dan tidak. Bulu yang rontok tidak boleh dibiarkan menempel pada tubuh kucing.

Jika dibiarkan, akan menghambat pertumbuhan bulu kucing.

5. Memberikan sinar matahari

Sinar matahari dapat menguatkan bulu kucing persiamu. Selain itu, sinar matahari dapat mencegah pertumbuhan jamur, parasit, dan bakteri yang menempel pada bulu kucing.

Kamu bisa memberi asupan sinar matahari dengan menjemur kucingmu saat pagi hari.

6. Menjaga suhu ruangan

Suhu ruangan menjadi satu hal yang penting bagi pertumbuhan bulu kucing Persia. Suhu yang baik adalah 37-38 derajat Celcius. Jika ruangan ber-AC, kamu harus memastikan keberadaan kucingmu tidak selalu di ruangan tersebut.

Sesekali akan sangat bagus jika kamu mengajak kucing kamu keluar rumah dan berjalan jala, agar kucingmu tidak merasa stress.

7. Menjaga kebersihan kandang

Selain memberi asupan sinar matahari kamu juga harus menjaga kebersihan kandang kucing persiamu. Kandang yang kotor menjadi tempat penularan parasit dan bakteri. Hal ini akan merusak bulu kucing tersebut.

Perawatan anak kucing persia
Perawatan anak kucing persia

Penutup

Nah, kamu sudah mengetahui bagaimana cara perawatan anak kucing Persia serta tips untuk membuat bulu kucingmu tebal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya. Selamat menerapkan pada kucing persiamu.

Baca juga : 7 Cara Perawatan Kucing Persia yang Wajib Kamu Ketahui