Ikan Cupang Plakat : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Posted on 16 views
Ikan Cupang Plakat merupakan salah satu ikan cupang yang terkenal di masyarakat umum dan banyak ditemui. Membahas ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Ikan cupang plakat merupakan salah satu ikan cupang yang terkenal di masyarakat umum. Sepanjang tahun 2020, banyak orang yang memilih untuk mengoleksi dan memelihara ikan cupang di rumah. Para pecinta ikan hias akan tersihir oleh keindahan yang dimiliki ikan cupang, dari warna hingga bentuk tubuh ikan cupang itu sendiri.

Dalam Bahasa Thailand sendiri, ikan cupang jenis plakat dikenal dengan nama ikan cupang berekor pendek, yang artinya aduan atau laga. Maka dari itu ikan cupang ini lebih dikenal sebagai ikan aduan daripada ikan hias. Hal tersebut dibuktikan dengan handalnya ikan ini dalam melawan dan bertarung melawan ikan cupang jenis plakat lainnya. Selain itu sirip ikan cupang jenis ini sangat kuat serta memiliki warna yang tegas.

ikan cupang plakat
Ikan Cupang Plakat

Mengenal Apa Itu Ikan Cupang Plakat

Nama lain dari ikan cupang jenis plakat sendiri adalah ikan ekor pendek. Ikan cupang yang masuk Indonesia pada tahun 2000 ini berasal dari Thailand dan tidak butuh waktu lama bagi ikan cupang ini dikenal dan beredar di masyarakat umum. Ikan cupang jenis plakat yang paling terkenal ialah cupang plakat halfmoon dan serit.

Ikan cupang ini dibawa masuk ke Indonesia pertama kali oleh para breeder, yaitu Joty Atmadjaja, Henry Gunawan, dan Hermanus saat mengikuti kontes ikan cupang di Gajah Mada Plaza. Alasan mengapa mereka membawa ikan cupang tersebut adalah untuk menyaingi ikan louhan yang sedang populer pada masa itu.

Karena warna dan bentuk yang dimiliki ikan cupang sangatlah unik, semenjak saat itulah ikan cupang semakin populer dan dikenal masyarakat. Saat ini ikan cupang plakat lebih sering dijadikan sebagai ikan hias daripada untuk diadu. Hal tersebut dikarenakan semakin beragamnya warna dan bentuk cupang plakat hasil dari kawin silang dan dikembangkan oleh breeder-breeder kreatif.

Di negara asalnya, Thailand, cupang plakat bisa ditemui di daerah perairan, seperti danau dan rawa. Karena cupang plakat belum ada di negara lain, breeder asal Thailand mengembangkan ikan satu itu dengan mengawinkannya secara silang serta melakukan perawatan yang baik, sehingga menghasilkan cupang plakat yang bagus.

Hingga akhirnya para breeder dari seluruh negeri semakin tertarik dengan ikan cupang dan saat ini sudah banyak cupang plakat yang baru dan beredar di seluruh penjuru dunia.

ikan cupang plakat
Ikan Cupang Plakat

Ciri-ciri Ikan Cupang Jenis Plakat

Ciri-ciri ikan cupang khususnya plakat dapat dibedakan sesuai dengan warna, bentuk tubuh dan mata, berikut penjelasannya:

1. Berdasarkan warna

Ikan cupang jenis plakat memiliki warna yang tidak terlalu mencolok dan cenderung berwarna gelap. Warna ikan cupang plakat ini pada awalnya hanya berwarna putih dan untuk ekor serta siripnya berwarna cokelat. Namun sekarang ikan cupang jenis plakat sudah mengalami perkembangan hasil dari kawin silang, berikut daftarnya:

  • Cupang plakat nemo: berwarna kuning kecoklatan atau orange berpadu warna merah di ekor dan tubuhnya. Selain itu ada perpaduan antara warna hitam, merah, dan kuning.
  • Cupang plakat fancy:terdiri dari warna putih, biru, orange dan biasanya bervariasi dan bergradasi.
  • Cupang plakat dragon:berwarna putih salju di bagian tubuh dan merah di bagian ekor, sirip bawah, dan sirip atas.
  • Cupang plakat biru: warna biru mendominasi tubuhnya dan ada warna hitam di bagian ekor dan sirip.
  • Cupang plakat galaxy: memiliki warna merah dengan warna biru tua di sisiknya.
  • Cupang plakat koi: memiliki perpaduan warna hitam, merah, dan kuning sehingga membentuk corak khas ikan koi.
  • Cupang plakat avatar: tubuhnya berwarna biru dan terdapat bercak putih pada sisiknya. Namun ada juga yang berwarna biru tua pada sisiknya.

2. Bentuk tubuh

Ikan cupang plakat memiliki 2 cabang tulang ekor dan berbentuk seperti skop, ujungnya panjang, sirip yang ada di dekat perut lebih kecil dari pada sirip yang berada di dekat kepala, sehingga ekornya akan terlihat seperti memakai dasi yang panjang. Seperti cupang halfmoon, sirip ekor cupang plakat memiliki bentuk seperti huruf D atau setengah lingkaran.

Saat ini ikan cupang plakat memiliki beragam bentuk akibat kawin silang yang dilakukan para breeder, yaitu:

  • Plakat mawar / rose tail:memiliki bentuk ekor yang lebih lebar dan memiliki lebih dari 8 batang cabang tulang ekor.
  • Plakat cagak: memiliki ekor double dan sirip punggung yang lebih lebar dan tinggi.
  • Plakat halfmoon: sirip di bagian perut cukup lebar dan dapat membentuk 180 derajat.
  • Plakat tradisional: sirip ekor dan perut melebar ke samping. Selain itu sirip di dekat kepala ikan cupang cukup panjang.
  • Plakat giant: persilangan antara cupang giant dan cupang plakat, sehingga memiliki ukuran tubuh yang lebih besar mencapai 12 cm.

Meskipun sudah banyak berkembang, terdapat ciri khas cupang plakat yang unik, yaitu sirip dan ekor yang tumpul dan pendek, bentuk tubuhnya gagah dan besar, dan memiliki warna yang tidak mencolok dan cenderung gelap.

3. Mata

Sorot mata ikan cupang plakat sangat tegas dan agresif, apalagi saat bertemu dengan ikan sesama jenisnya dan warna mata ikan ini cukup hitam hingga kecoklatan.

ikan cupang plakat
Ikan Cupang Plakat

Cara Merawat Ikan Cupang Plakat

Agar ikan cupang yang dipelihara dapat bertahan hidup hingga waktu yang lama, pelajarilah cara merawatnya dengan baik dan benar. Karena cupang plakat mempunyai tubuh yang lebih besar daripada cupang jenis lainnya, maka gunakan wadah akuarium yang lebih besar.

Gunakanlah air tawar, namun jika tidak ada bisa menggunakan air PAM yang telah diendapkan semalaman. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan zat kimia yang terkandung dalam air PAM. Ganti air dan bersihkan akuarium 2-3 hari sekali, sehingga kebersihannya akan tetap terjaga.

Untuk menormalkan pH air, berikan daun ketapang ke dalam akuarium. Selain itu fungsi daun ketapang ialah dapat mencegah ikan cupang terkena penyakit. Ikan cupang akan bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama dan berkembang dengan baik jika dirawat dengan cara yang tepat.

Harga Ikan Cupang Plakat

Harga dari ikan cupang plakat sangat bervariasi berdasarkan usia, motif, dan ukuran ikan cupang. Namun itu semua kembali lagi sesuai dengan masing-masing daerah. Untuk anakan cupang plakat dihargai Rp 60.000, usia dewasa berada di kisaran harga Rp 150.000-Rp 500.000, induk cupang plakat sebesar Rp 180.000-Rp 300.000 dan Rp 2.000.000 sampai Rp 10.000.000 untuk cupang plakat juara.

Makanan Ikan Cupang Plakat

Ada beberapa makanan yang sering dipakai para pemelihara ikan cupang, yaitu jentik nyamuk, kutu air, cacing darah, cacing beku, udang kecil, dan kuning telur. Berikan juga vitamin pada ikan cupang, agar bentuk dan warna ikan semakin bagus. Sekarang sudah mudah untuk menemukan makanan-makanan tersebut, karena umumnya terdapat di toko-toko ikan hias.

ikan cupang plakat
Ikan Cupang Plakat

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai ikan cupang plakat, mulai dari ciri-ciri, cara merawat ikan cupang, harga ikan cupang, hingga makanan yang dibutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi pembaca yang sedang berencana memelihara ikan cupang dan bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar.

Baca Juga : Ikan Cupang Koi Galaxy : Ciri, Cara Merawat, Harga hingga Makanan