Ikan Cupang Fancy Koi : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Posted on 20 views
Sebenarnya, ikan cupang fancy koi merupakan hasil persilangan dengan keindahan warnanya. Membahas tentang ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Apakah kamu penggemar ikan cupang? Apakah kamu mengenal ikan cupang fancy koi? Ikan cupang yang satu ini memiliki warna yang sangat cantik, lho. Jika kamu mengira warnanya seperti ikan koi, maka kamu tidaklah salah. Buat kalian yang tertarik ingin tahu lebih banyak lagi, simak saja penjelasannya berikut ini, mulai dari ciri yang dimiliki hingga makanannya.

Ikan cupang fancy koi
Ikan cupang giant fancy koi

Ciri Yang Dimiliki Jenis Ikan Cupang Fancy Koi

Sebenarnya, ikan cupang koi merupakan hasil persilangan. Seperti yang kita tahu, ikan koi memiliki warna dasar orange, kuning, merah, putih dan hitam. Begitu juga dengan ikan cupang koi, kombinasi warna-warna tersebut menyebar pada tubuh hingga ekornya yang cantik. Keindahan warna ini membuat ikan cupang koi banyak diburu oleh para penggemar ikan cupang.

Saat ini, telah banyak breeder ikan koi yang telah melakukan berbagai persilangan. Hal ini membuat corak ikan cupang koi menjadi lebih beragam dengan bentuk sirip dan ekor yang menyesuaikan indukan. Berikut ini adalah ciri-ciri ikan cupang jenis fancy koi yang perlu kamu ketahui agar bisa membedakannya dengan jenis ikan cupang lainnya.

Warna Dari Jenis Ikan Cupang Fancy Koi

Ikan cupang koi mempunyai gen lompat yang merupakan hasil dari pembiakan selektif. Gen lompat merupakan DNA warna yang bisa bergerak aktif. Dalam hal ini, warna pada tubuh ikan cupang koi dapat berubah seiring bertambahnya usia dengan pigmennya yang bertambah kuat pula. Sehingga menampilkan keunikan warna yang nampak dalam serta terang.

Pada ikan cupang fancy koi, warna tubuh yang dimilikinya tidak hanya sekedar warna dasar saja. Beberapa diantaranya memiliki perpaduan warna biru. Bahkan ada yang corak warnanya bergradasi, terlihat indah seperti lukisan. Meski begitu, ikan cupang koi tetap mempunyai bercak acak pada tubuhnya sebagaimana ciri khas pada corak warna ikan koi.

Bentuk Tubuh Dari Jenis Ikan Cupang Fancy Koi

Bentuk tubuh yang dimiliki ikan cupang koi fancy tidak berbeda dengan ikan cupang pada umumnya. Untuk bentuk maupun ukuran sirip dan ekornya menyesuaikan dengan indukannya. Untuk keturunan ikan cupang halfmoon, ikan cupang koi mempunyai tubuh yang lonjong. Panjang tubuhnya sekitar 7,6 cm. Lebar ekornya seperti ikan cupang halfmoon namun sedikit lebih pendek. Siripnya lebar dan lebih panjang.

Mata Dari Jenis Ikan Cupang Fancy Koi

Ikan cupang koi mempunyai mata berbentuk bulat sempurna dan berwarna hitam. Ingat, ya, warna hitam! Kalau kamu melihat ikan cupang dengan banyak warna namun matanya tidak berwarna hitam, maka dapat dipastikan itu bukan ikan cupang fancy koi.

Ikan cupang fancy koi
Ikan cupang fancy koi

Cara Merawat Ikan Cupang Fancy Koi

Agar ikan cupang fancy koi tetap sehat, tentu kita harus tahu cara merawatnya. Bagi kamu yang tertarik ingin memelihara ikan cupang koi, inilah cara perawatan yang perlu kamu ketahui.

Tempat Pemeliharaan Ikan Cupang Fancy Koi

Pada dasarnya, ikan cupang memiliki sifat yang agresif. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk menempatkannya sendirian di dalam akuarium. Warna ikan cupang koi akan terlihat lebih bersinar bila tidak ada ikan lain yang menemaninya. Ikan cupang koi memerlukan sekitar 18 liter air agar hidupnya lebih maksimal.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai hiasan agar suasana akuarium terlihat lebih alami. Diantaranya seperti kerikil atau pasir, tanaman hidup, kayu apung batu atau gua buatan untuk tempat bersembunyi. Namun pastikan dulu hiasan yang akan dimasukkan ke dalam akuarium cukup halus agar tidak berisiko melukai ekor atau sirip ikan cupang.

Untuk suhunya, ikan cupang koi cocok berada di dalam air dengan suhu sekitar 25 – 28 derajat Celcius. Sedangkan pH yang paling bagus sekitar 6,5 – 7,5. Agar air lebih berkualitas, kamu perlu memakai air yang telah diendapkan, memberi daun ketapang, memasang filter, serta menjaga air tetap bersih. 

Jika kamu berniat memelihara ikan cupang koi bersama dengan jenis ikan lain, maka air yang dibutuhkan lebih banyak. Setidaknya diperlukan akuarium yang muat diisi dengan 56 liter air. Hal ini dikarenakan mengingat ikan cupang bersifat agresif sehingga akan membuat batas wilayah untuk dirinya sendiri.

Jenis ikan yang dapat dipelihara bersamaan dengan ikan cupang antara lain ikan tetra, zebra danio, clown pleco, African dwarf frog, apple snail, otocinclus, atau pygmy cory catfish. Mereka terbiasa hidup di dasar air dan berukuran kecil. Bahkan, diantaranya ada yang suka membersihkan akuarium. Sehingga ikan cupang tidak akan merasa terancam oleh kehadiran mereka.

Ada pula jenis ikan yang tidak seharusnya dipelihara bersama dengan ikan cupang fancy koi. Diantaranya seperti ikan fancy guppy, mas koki fancy, barb, ghost shrimp, atau molly. Ikan cupang akan lebih agresif pada ikan yang mirip dengannya. Ghost shrimp seringkali dimakan oleh ikan cupang. Sedangkan ikan barb bisa agresif dan mengancam ikan cupang.

Pemberian Vitamin

Ikan cupang juga membutuhkan vitamin atau suplemen. Hal ini penting agar ikan cupang tetap sehat dan mempunyai warna sirip yang bagus. Vitamin harus diberikan dengan tepat dan tidak boleh sembarangan. Karena nantinya bisa mempengaruhi kualitas ikan cupang itu sendiri. Maka dari itu, pilihlah vitamin ikan cupang yang mengandung bakteri premium seperti Micrococcus roseus.

Pemberian vitamin yang tepat dapat menunjang ikan cupang dalam menghasilkan pigmen alami. Sehingga ikan cupang bisa memiliki warna yang cerah dan cantik. Pada umumnya, vitamin ikan berbentuk cair. Vitamin ini diteteskan ke dalam akuarium setiap kali dilakukan penggantian air. Kemudian warna ikan cupang koi akan terlihat lebih bagus dari waktu ke waktu.

Ikan cupang fancy koi
Ikan cupang fancy koi

Harga Ikan Cupang Fancy Koi

Harga ikan cupang fancy koi di pasaran cukup beragam, tergantung ukuran dan corak yang dimiliki ikan cupang itu sendiri. Kamu bisa memiliki ikan cupang ini dengan harga Rp 30 ribu per ekor. Sedangkan yang dianggap memiliki corak warna yang cantik, harganya bisa sampai Rp 350 ribu per ekornya.

Ikan cupang fancy koi
Ikan cupang fancy koi galaxy

Makanan Ikan Cupang Fancy Koi

Ikan cupang fancy koi harus diberi makanan bergizi agar warnanya tetap segar dan sehat. yang lebih penting, agar ekor dan siripnya lebih mulus dan indah. Kamu bisa memberi makanan ikan cupang koi 2 kali sehari. Untuk jenis makanannya seperti kutu air, jentik nyamuk, dan cacing beku. Jika kamu memberi ikan cupang dengan cacing sutra, maka cukup sekali saja per harinya.

Lalu, seberapa banyak kita bisa memberikan makan ikan cupang koi? Coba perhatikan bola matanya. Kira-kira cukup sebanyak itulah kamu memberi makan ikan cupang koi dalam sekali lahap. Jika ingin memberikan ikan cupang beragam jenis makanan, sebaiknya berikan sebagai selingan. Jangan mencampurnya agar tidak mengganggu sistem pencernaan.

Jika kamu kesulitan mendapatkan pakan alami, kamu bisa menggantinya dengan pellet. Namun, pastikan pellet tersebut berkualitas. Bisa juga dengan mencampurkan pellet tersebut dengan labu kuning dan wortel yang sudah dijadikan tepung. Kedua bahan ini dianggap bisa mencerahkan warna pada kulit ikan cupang.

Ikan cupang fancy koi
Ikan cupang fancy koi

Penutup

Nah, itulah penjelasan mengenai ikan cupang fancy koi yang dikenal sangat cantik. Bagaimana, apakah kamu tertarik memelihara ikan cupang jenis ini? Jika iya, tentu kamu harus bisa merawatnya benar. Menikmati cantiknya ikan cupang bisa menjadi hiburan dan kepuasan tersendiri.

Baca Juga : Kenali Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya