Ikan Cupang Giant Multicolor : Ciri, Cara Merawat, Harga Hingga Makanan

Posted on 142 views
Ikan cupang giant multicolor termasuk jenis cupang yang berukuran paling besar dan banyak warna. Membahas tentang ✓ Ciri ✓ Cara Merawat ✓ Harga ✓ Jenis Makanan
Bagikan artikel ini

Ikan cupang merupakan jenis ikan yang unik dan dikenal mempunyai beragam warna yang cantik. Salah satunya yaitu ikan cupang giant multicolor. Selain memiliki banyak warna, ikan cupang ini termasuk jenis ikan cupang yang berukuran paling besar. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih jauh lagi tentang ciri-ciri ikan cupang giant hingga apa saja jenis makanannya.

Ikan cupang giant multicolor
Ikan cupang giant koi multicolor

Ciri Yang Dimiliki Ikan Cupang Giant Multicolor

Sesuai namanya, ikan cupang giant merupakan ikan cupang yang ukurannya paling besar di dunia percupangan. Jenis ikan ini berasal dari hasil perkawinan antara ikan cupang plakat berukuran besar dengan ikan cupang lain yang besarnya hampir sama. Perkawinan silang ini dilakukan untuk mendapatkan keturunan ikan cupang berukuran lebih besar.

Tentunya perkawinan silang ikan cupang ini tidak hanya dilakukan satu kali saja. Dibutuhkan percobaan berkali-kali agar bisa mendapatkan ukuran maupun bentuk ikan cupang sesuai keinginan. Setelah berhasil, ikan cupang ini diberi nama ikan cupang giant dengan ciri-ciri sebagai berikut.

Bentuk Tubuh Ikan Cupang Giant Multicolor

Ikan cupang giant mempunyai ukuran tubuh lebih besar dan kekar dibandingkan ikan cupang pada umumnya. Pada awal kemunculannya, dibutuhkan waktu sekitar 8 – 9 bulan agar bisa mencapai ukuran 7,5 cm. Tapi, saat ini kita hanya memerlukan waktu selama 5 bulan saja untuk mencapai ukuran yang sama. Kemudian ikan cupang giant bisa mencapai ukuran terbesarnya hingga 12,5 cm.

Tubuh besar yang dimiliki ikan cupang giant membuatnya tidak bisa bergerak bebas. Gerakan ikan cupang ini tidak seaktif seperti ikan cupang pada umumnya. Meski begitu, ikan cupang ini juga memiliki sikap agresif ketika bertemu dengan ikan lain yang dianggap sebagai musuhnya.

Warna Ikan Cupang Giant Multicolor

Ikan cupang giant multicolor mempunyai warna lebih dari satu. Kombinasi warna ini menyebar dari tubuh hingga ekornya. Keindahan warnanya ini membuat ikan cupang giant seringkali diikutkan dalam lomba atau kontes ikan cupang.

Mata Ikan Cupang Giant Multicolor

Mata pada ikan cupang giant terlihat lebih lebar dan bulat sempurna. Jika diperhatikan lebih dekat, sorot matanya nampak sangat tajam dan garang.

Ikan cupang giant multicolor
Ikan cupang giant galaxy multicolor

Cara Merawat

Merawat ikan cupang giant multicolor pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan cara merawat ikan cupang pada umumnya. Hanya saja, memang ada sedikit perbedaan yang harus kamu ketahui. Untuk memudahkan kamu memelihara ikan cupang giant, berikut ini adalah tips cara merawatnya.

Tempat Pemeliharaan

Karena tubuh ikan cupang giant lebih besar, maka kamu perlu menyiapkan akuarium yang lebih besar juga. Untuk ikan cupang giant yang masih berumur 2,5 bulan, kamu bisa menggunakan akuarium berukuran 15 cm × 15 cm atau 15 cm × 20 cm. Setelah umurnya sekitar 3,5 bulan, maka kamu perlu memindahkannya ke akuarium berukuran 25 cm × 25 cm.

Selanjutnya, untuk ke depannya diperlukan akuarium yang lebih besar lagi seiring dengan bertambahnya bobot dan panjang tubuhnya. Pemindahan ikan cupang ke akuarium yang lebih besar bertujuan agar pertumbuhan ikan cupang bisa maksimal. Selain itu, tempat yang lebih luas akan membuat ikan cupang bisa bergerak lebih bebas dan leluasa.

Suhu air yang baik untuk ikan cupang giant multicolor yaitu sekitar 24 – 25 derajat Celcius. Kamu bisa menggunakan termometer untuk mengukurnya. Sedangkan pH yang paling bagus yaitu antara 6,5 – 7,2. Kamu bisa mengukurnya memakai alat pH meter. Jika pH air rendah, gunakan kapur bordo untuk menaikkannya. Sebaliknya, kamu bisa memanfaatkan daun ketapang untuk menurunkan pH air.

Jika kamu ingin memelihara ikan cupang ini, sebaiknya jangan dicampur dengan jenis ikan lain. Ikan cupang giant termasuk ikan yang sangat agresif. Memberikannya teman hanya akan membuat ikan cupang giant merasa terancam bahkan bisa menjadi stres.

Pemasangan Aerator (Gelembung Udara)

Ikan cupang giant yang berumur 3,5 bulan biasanya mulai malas bergerak. Hal ini dikarenakan ukuran tubuhnya yang mulai membesar. Maka dari itu, sebaiknya akuarium dipasangi aerator. Aerator akan menciptakan gelembung udara yang bisa membuat ikan cupang giant lebih aktif dan agresif.

Aerator juga bermanfaat untuk memberi oksigen serta menjaga kualitas dan kebersihan air. Kemudian kamu juga bisa menambahkan garam khusus ikan hias sebanyak 10 gram per 1 liter air. Tambahkan juga tanaman air atau daun ketapang kering untuk tempat bermain dan bersembunyi ikan cupang.

Pemberian Vitamin Ikan Cupang

Ikan cupang giant multicolor yang berkualitas harus memiliki bentuk tubuh yang bagus serta warna yang cantik. Untuk mendapatkan kualitas tersebut, kamu perlu memberikan vitamin pada ikan cupang. selain itu, vitamin juga berfungsi menjaga ikan cupang agar tetap sehat dan bisa tumbuh dengan maksimal.

Kamu bisa memilih vitamin yang mengandung micrococcus roseous, salah satu bakteri premium yang bermanfaat untuk menjaga warna ikan cupang agar bisa tetap cerah. Kamu bisa menambahkan vitamin ini setiap dilakukan penggantian air. Penggantian air sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali.

Ikan cupang giant multicolor
Ikan cupang giant nemo multicolor

Harga Ikan Cupang Giant Multicolor

Harga cupang giant multicolor sangat bervariasi. Tergantung dari kualitas ikan cupang itu sendiri. Ikan cupang yang berkualitas harus memiliki bentuk tubuh yang bagus, ekor yang utuh, serta memiliki banyak warna di tubuh dan ekornya. Selain itu, umur ikan cupang juga mempengaruhi harga yang ditawarkan.

Ikan cupang giant yang masih bayi bisa kamu dapatkan mulai dengan harga Rp 25 ribu. Kamu bisa mendapatkan harga lebih terjangkau jika membeli dalam jumlah banyak. Untuk ikan cupang dewasa yang berkualitas, harganya mulai Rp 200 ribu. Harga ini bisa mencapai belasan juta rupiah jika sudah pernah memenangkan  kontes atau lomba.

Jika kamu tertarik ingin memelihara ikan cupang giant, pilihlah yang berumur 4 bulan dengan ukuran tubuh sekitar 5 – 6 cm atau lebih. Ukuran ini tidak termasuk ekornya, ya… Jika di umur 4 bulan ukurannya kurang dari 5 cm, maka ikan cupang tersebut bukan jenis giant.

Makanan Ikan Cupang Giant Multicolor

Salah satu hal yang benar-benar harus diperhatikan dalam memelihara ikan cupang giant multicolor yaitu dalam hal pemberian pakan. Tidak seperti ikan cupang berukuran normal, ikan cupang giant membutuhkan makanan yang lebih banyak. Jadi, memelihara ikan ini memang akan menyita waktu dan perhatian yang lebih.

Untuk ikan cupang giat yang berumur 2 – 4,5 bulan perlu diberi makan sebanyak 3 kali sehari. Setelah berumur lebih dari 4,5 bulan, kita bisa mula mengurangi porsi makannya menjadi 2 – 3 kali sehari. Hal ini dikarenakan pencernaan ikan cupang giant mulai melemah pada umur tersebut. Untuk jenis makanannya bisa berupa kutu air, jentik nyamuk, cacing sutra, ataupun pellet.

Ikan cupang giant multicolor
Ikan cupang giant multicolor

Penutup

Nah, itulah penjelasan mengenai ikan cupang giant multicolor. Ikan cupang ini memang dikenal memiliki ukuran yang lebih besar dibanding ikan cupang pada umumnya. Meski begitu, warna yang dimiliki ikan cupang ini sangat cantik dan beraneka ragam. Sehingga ikan cupang ini sangat menarik untuk dijadikan peliharaan dan menjadi hiasan di akuarium kamu.

Baca Juga : Kenali Jenis Ikan Cupang Hias dan Harganya