Mudah Dilakukan, Berikut 7 Cara Ternak Ayam Broiler yang Menguntungkan

Posted on 19 views
Beberapa cara ternak ayam broiler yang menguntungkan dilakukan oleh banyak peternak agar mendapatkan keuntungan yang luar biasa..
Bagikan artikel ini

Ayam merupakan salah satu hewan yang sering menjadi sajian khas dari berbagai masakan yang ada di dunia. Dari sekian banyak jenisnya, ayam pedaging atau broiler merupakan macam yang sering dibudidayakan karena tentunya memiliki potensi bisnis yang besar. Beberapa cara ternak ayam broiler yang menguntungkan dilakukan oleh banyak peternak agar mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Melakukan hal tersebut juga terbilang gampang, sehingga banyak orang menjadi tertarik.

cara ternak ayam broiler yang menguntungkan
Cara ternak ayam broiler yang menguntungkan

Cara Ternak Ayam Broiler yang Menguntungkan dengan Mudah

1. Hitung sumber daya yang ada

Ini merupakan sesuatu yang pertama kali harus dilakukan dalam cara ternak ayam broiler yang menguntungkan. Hal tersebut karena apa yang nantinya dilakukan harus sesuai dengan kenyataan yang dimiliki. Apa yang menjadi modal saat ini, harus diperkirakan untuk dapat membeli segala perlengkapan yang lain. Ini juga menyangkut luas lahan yang akan dipakai, jumlah anakan yang dikembangkan, dan lain sebagainya.

2. Mempersiapkan tempat pengembangbiakan

Langkah ini adalah sesuatu yang wajib dilakukan sebelum melangkah lebih jauh lagi dalam usaha membudidayakan ayam tersebut. Tempat yang nantinya akan dipakai untuk hidup ayam-ayam itu, haruslah bersih dan juga tertata dengan baik. Seberapa pun luasnya, harus diperhatikan mengenai kualitas tempat tinggal dan sanitasi yang nantinya akan menjaga hidup hewan yang dipelihara.

Tempat yang digunakan umumnya tertutup dan meluas lapang. Pembagian antara jenis ataupun usianya pun hanya memakai sekat-sekat saja. Namun, pada saat pertama kali mengembangbiakkannya, hanya perlu beberapa petak tanah saja karena jumlahnya masih relatif sedikit dan tidak banyak yang harus dipelihara. Temperatur udara juga harus diperhatikan agar perkembangannya menjadi lebih baik lagi.

cara ternak ayam broiler yang menguntungkan
Cara ternak ayam broiler yang menguntungkan

3. Membangun kandang

Tempat ini merupakan rumah bagi semua ayam-ayam yang nantinya akan hidup dan diperjualbelikan. Salah satu diantara sekian modelnya yakni jenis kandang yang tidak secara langsung berada di atas tanah. Pada jenis tersebut, tempat tinggal ayam dibuat meninggi dan terdapat semacam tangga agar hewan tersebut dapat masuk.

Jika membuat kandang jenis tersebut, maka kebersihan akan lebih terjamin. Ini adalah cara ternak ayam broiler yang menguntungkan karena akan memicu kesehatan yang terjamin pada hewan tersebut. Kotoran ayam tidak akan secara langsung hinggap pada alas yang menjadi tempat hidupnya. Itulah sebabnya, akan lebih sedikit terpapar penyakit.

Selain itu, ada juga jenis tempat tinggal ayam yang langsung menapak di tanah. Model tersebut juga termasuk salah satu cara ternak ayam broiler yang menguntungkan karena akan membuat pengeluaran lebih rendah. Tidak diperlukan banyak bahan untuk mendirikannya, sehingga pengeluaran pun juga dapat ditekan lebih minim lagi. Alhasil, pendapatan menjadi lebih besar dengan jumlah penjualan yang sama dengan memakai model yang sebelumnya.

4. Benda yang harus disiapkan

Selain kandang sebagai tempat hidup ayam, terdapat beberapa benda yang harus disediakan manakala memutuskan untuk membudidayakannya. Di dalamnya, harus diberikan tempat untuk menaruh air sebagai minumannya dan juga makanan yang diberikan. Alat tersebut bisa didapatkan pada beberapa toko. Tidak akan kesulitan dalam menyiapkan hal tersebut.

Dasaran pada kandang juga perlu diberikan karena hal tersebut secara langsung mempengaruhi perkembangan dari ayam itu. Dalam cara ternak ayam broiler yang menguntungkan memang perlu sebuah alas yang mempunyai warna netral agar semua ayam yang berkembang di sana tidak stres. Selain itu, pemilihan yang tepat juga bisa menghindari kebiasaan ayam yang mematuk tanah dan kandang pun menjadi lebih awet.

cara ternak ayam broiler yang menguntungkan
Cara ternak ayam broiler yang menguntungkan

5. Menentukan Induk yang berkualitas

Cara ternak ayam broiler yang menguntungkan dapat dimulai dengan indukan yang baik. Dalam pemilihannya, bisa melihat beberapa indikator yang terdapat pada induk tersebut. Bentuk tubuh menjadi hal pertama yang dilihat. Ayam yang menjadi benih harus mempunyai bentuk yang cukup besar berisi dan juga proporsional.

Hal lain yang patut menjadi pertimbangan adalah kebersihan dari induk. Anakan yang sehat merupakan hasil dari induk yang bersih. Maka dari itu, perlu dilihat beberapa area pada tubuhnya seperti mata, dubur, dan juga moncongnya. Semua bagian itu biasanya tidak terlalu dilihat dengan jeli, itu sebabnya memastikan bahwa titik-titik tersebut tidak ada kotoran bisa menjadi parameter yang pas.

Ayam yang dipakai untuk indukan harus mempunyai penglihatan yang tajam, bisa dilihat dari bagaimana caranya berjalan. Cara ternak ayam broiler yang menguntungkan memang perlu memperhatikan hingga mendetail seperti itu. Termasuk pada bulu-bulunya sebisa mungkin terlihat bersih dan tidak kusut. Selain itu juga tidak mempunyai luka ataupun bagian tubuh yang hilang atau rusak.

cara ternak ayam broiler yang menguntungkan
Cara ternak ayam broiler yang menguntungkan

6. Pemberian pangan yang bermutu

Lumrah diketahui bahwa dalam merawat sesuatu, selain tempat tinggal dan juga bibit yang unggul maka makanan yang menjadi konsumsi sehari-harinya juga harus bermutu. Ayam broiler bisa tumbuh menjadi besar dan sehat seperti yang diinginkan jika setiap harinya diberikan asupan nutrisi yang bergizi. Makanannya harus memiliki beberapa zat yang menunjang tumbuh kembangnya.

Ayam tersebut bisa diberikan beberapa alternatif pilihan pangan seperti pelet. Jenis pakan yang sangat umum diberikan kepada berbagai macam binatang tersebut mempunyai nutrisi yang pas bagi ayam. Cara ternak ayam broiler yang menguntungkan juga biasa menggunakannya untuk konsumsi indukannya dan anak-anaknya. Bahan lainnya juga pasti bisa dipakai asalkan mengandung zat mineral, vitamin yang seimbang, karbohidrat, lemak, dan juga zat pembangun.

Dalam pemberian pakan memang tidak ada waktu tertentu. Itulah sebabnya, peternak harus rutin melakukan pemantauan terhadap tempat makanannya, apakah sudah habis atau belum. Ayam bisa dengan bebas makan kapanpun, sehingga tubuhnya pun menjadi besar dan dagingnya berlimpah. Hal yang sama juga dilakukan pada air yang dibagikan.

7. Perawatan

Menumbuhkan ayam dari mulai ketika telurnya pecah hingga menjadi besar siap jual perlu beberapa langkah yang harus dilakukan. Pada satu minggu awal, benih ayam yang berkualitas harus dipilih. Inilah tahapan untuk membedakannya, apakah ayam tersebut akan ditumbuhkan agar diambil dagingnya saja, atau juga untuk mengembangkannya hingga bertelur dan menghasilkan ayam yang baru.

Cara ternak ayam broiler yang menguntungkan harus mempersiapkan sebuah wadah penghangat. Jika sudah dipilih beberapa ayam, maka harus dimasukkan ke dalamnya agar suhunya menjadi stabil. Satu minggu setelahnya sudah mulai dikurangi temperaturnya dan minggu selanjutnya bisa dikeluarkan darinya. Selama berada di dalam tempat tersebut, pakan yang diberikan wajib memiliki bentuk butiran yang halus dan tidak terlalu kecil.

Ayam juga perlu diberikan obat dan vaksin untuk menghindari infeksi penyakit. Pemberiannya dilakukan saat masih berada pada fase ini. Jika bulunya sudah terlihat cukup lebat, maka makanan yang dibagikan harus ditambah porsinya hingga dua kali dari sebelumnya. Selain itu, kandang juga perlu untuk rutin dibersihkan dan jika memungkinkan juga dicuci agar tidak berbau menyengat.

cara ternak ayam broiler yang menguntungkan
Cara ternak ayam broiler yang menguntungkan

Penutup

Budidaya ayam broiler memang menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Mengetahui cara ternak ayam broiler yang menguntungkan ini bisa menjadi langkah pertama agar usaha yang dilakukan tersebut bisa berjalan dengan maksimal.

Baca Juga : Inilah 7 Cara Berbisnis Ayam Potong Agar Sukses