Cara Merawat Ayam Aduan yang Mudah Bernutrisi Tinggi dan Sehat Alami

Posted on
Cara merawat ayam aduan ini merupakan cara merawat jenis ayam petarung yang sulit dibandingkan dengan ayam lainnya. Simak di artikel ini.

Ada banyak jenis ayam, dan banyak orang yang budidaya dan memeliharanya. Mulai dari pembibitan ayam petelur hingga ayam aduan. Cara merawat ayam aduan ini merupakan cara merawat jenis ayam petarung yang sulit dibandingkan dengan ayam lainnya.

Jenis ayam tarungan ini sengaja dirawat dan dilatih untuk diadu. Merawat ayam jago tentu tidak begitu sulit, namun setidaknya Anda perlu memiliki dasar-dasar merawat ayam jago sejak dini. Ayam aduan muda adalah ayam yang menetas sampai berumur 10 bulan. Tentunya dibutuhkan panduan perawatan agar ayam aduan muda tumbuh menjadi ayam aduan yang nantinya bisa mengalahkan berbagai pesaingnya.

Biasanya ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik ayam jago yang berkelahi saat masih muda. Ayam-ayam aduan dewasa dapat ditingkatkan secara signifikan jika dilatih dengan benar sejak awal.

cara merawat ayam aduan
Cara merawat ayam aduan

Cara Merawat Ayam Aduan Dengan Benar

Ayam aduan yang tidak tumbuh maksimal sebenarnya merupakan salah satu akibat dari perawatan yang kurang tepat. Bahkan ayam bisa rusak, sakit, dan tidak bisa bertarung jika Anda tidak merawat dan melatihnya. Kesempatan untuk menjadi sang juara juga sangat terbuka lebar jika Anda bisa melakukan perawatan dengan baik dan benar. Berikut cara merawat ayam aduan secara bertahap.

1. Perawatan awal

Induk ayam biasanya hanya membutuhkan waktu 21 hari untuk menetaskan telurnya sebelum anak ayam lahir dan menetas. Anak ayam sudah berumur satu hari saat menetas. Dalam cara merawat ayam aduan, ketika ayam Anda mencapai usia ini, Anda perlu meletakkan anak ayam aduan dalam wadah berbentuk kotak dengan lampu pemanas.

Baca Juga :  Mudah Dilakukan, Berikut 7 Cara Ternak Ayam Broiler yang Menguntungkan

2. Perawatan Usia 3 Bulan

Cara merawat ayam aduan berikutnya yaitu saat mereka tumbuh dan berkembang dan kotak mulai menyempit, Anda perlu memindahkannya ke wadah yang lebih besar. Sebagai pakan, Anda masih bisa memberi pakan poor atau pakan terkonsentrasi yang masih berukuran kecil.

Anak ayam rentan terhadap penyakit bersarang di kandang yang kotor, jadi jaga kebersihan kandang ayam Anda setiap saat. Juga, gunakan berbagai jenis vitamin dan obat pertumbuhan yang berbeda untuk membantu anak ayam Anda tumbuh dengan sehat. Juga melakukan pemberian makan dan minum secara teratur pada anak ayam aduan.

cara merawat ayam aduan
Cara merawat ayam aduan

3. Perawatan Diusia 3 bulan

Untuk ayam aduan mulai umur 3 bulan sudah bisa memberikan pakan berupa pakan konsentrat biasa dalam jumlah banyak. Anda juga bisa memberikan campuran nasi, dedak dan jagung. Ayam aduan berusia tiga bulan biasanya mulai berjuang untuk mencari daerah kekuasaan dan berusaha menjadi pemimpin.

4. Perawatan Usia 6 bulan

Cara merawat ayam aduan pada usia ini yaitu agar ayam yang akan di adu ditempatkan di kandang khusus atau dipisah. Ayam yang sudah berumur 3 sampai 6 bulan bisa dirawat agar ototnya tidak kaku dan sehat. Ayam kemudian dapat dimandikan atau dipelihara untuk memungkinkan pertumbuhan tulang yang optimal.

5. Perawatan selama 6 bulan atau lebih

Jika ayam aduan berusia lebih dari 6 bulan, Anda dapat memberikan kombinasi makanan yang berbeda untuk memastikan bahwa kebutuhan vitamin dan nutrisi tetap terpenuhi. Kebutuhan ini ada untuk membentuk tubuh ideal seekor ayam aduan.

6. Perawatan hingga 10 bulan

Ini adalah saat ayam aduan membuat dan membentuk tubuh yang ideal serta mengembangkan kekuatan otot dan  tulang yang optimal. Ini juga saat ayam aduan mulai menyulam dan terjadi proses pertumbuhan bulu.

cara merawat ayam aduan
Cara merawat ayam aduan

7. Cara Memandikan Ayam Aduan

Untuk mengeraskan dan mempengaruhi pembentukan otot ayam, Anda harus melakukan pemandian dengan tepat dalam cara merawat ayam aduan. Ayam harus disimpan pada suhu normal untuk mencegah hujan dan dimandikan pada pagi atau jam 8.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Ternak Ayam Bangkok? Simak Infonya Berikut Ini!

Namun, jika hujan, Anda harus memandikan ayam pada jam 4 sore atau sore hari. Mandikan ayam aduan dengan gabus atau spon menggunakan air mandi yang bersih. Biarkan ayam mengering sekitar 30 menit sebelum melanjutkan ke langkah pengeringan. Proses ini juga menjadi salah satu cara untuk menjinakkan ayam galak.

8. Lakukan Penjemuran

Proses pengeringan ini diperlukan agar lemak tidak menumpuk di tubuh ayam dan menentukan daya tahannya. Proses penjemuran biasanya sangat dianjurkan saat  ayam dimandikan sebentar lalu masuk sore hari selama 9-10 jam. Setelah Anda terbiasa dengan keringnya sabung ayam muda, Anda bisa berhenti jika ayam Anda terlihat lelah atau sakit.

9. Pelatihan fisik

Dalam cara merawat ayam aduan secara fisiknya, jika Anda ingin melatih pernapasan Anda selain latihan kekuatan, kami sarankan berolahraga ayam. Senam dapat Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan sabung ayam, seperti renang, kliter, dan lompat.

10. Sparing atau Abar

Untuk mengembangkan mental petarung untuk menjadi juara yang menjadi ciri khas ayam bangkok berkualitas tinggi, Anda harus berjuang atau melatih bar. Buatlah waktu yang singkat untuk pelatihan pertama dari permainan memasak.

Latihan pertama biasanya hanya membutuhkan waktu 5-10 menit. Ayam kemudian beristirahat selama dua minggu dan melakukan aktivitas normal seperti berolahraga, mandi dan berjemur.

Itu bisa dilakukan sedikit lebih lama setelah waktu istirahat berakhir setelah selama 15 menit. Lakukan latihan ini secara teratur. Namun, perawatan harus dilakukan untuk tidak memaksakan kekuatan ayam. Dimana dia bisa terluka atau lebih takut jika lawannya tidak seimbang.

11. Pemisahan ayam aduan

Cara merawat ayam aduan selanjutnya yaitu Anda perlu memisahkan ayam aduan dengan meletakkannya di kandang terpisah yang berbeda. Ini adalah pencegahan luka dan cedera yang terjadi ketika seekor ayam mencoba melawan ayam lain. Karena ayam aduan selalu cenderung bertarung dan yang lemah  selalu di tindak yang lebih kuat.

Baca Juga :  Inilah 7 Cara Berbisnis Ayam Potong Agar Sukses

12. Penggunaan kandang isolasi

Perhatikan juga kandang dalam cara merawat ayam aduan. Ini adalah kandang yang terisolasi dan benar-benar bebas dari berbagai gangguan. Ini adalah kandang yang digunakan ketika ayam aduan muda yang kondisi mentalnya memburuk dan terluka tidak dapat bertarung atau bergaul dengan ayam.

Jadi mari kita taruh ayam di kandang ini selama beberapa hari untuk mendapatkan kembali semangat bertarung. Biasanya, dalam beberapa hari ayam ini akan kembali berkokok gagah dan siap diadukan lagi.

13. Pemberian jamu andalan

Beragam ramuan herbal alami yang diracik khusus untuk ayam bisa membangkitkan kembali semangat juang yang harus dimiliki ayam agar bisa bertarung lagi nantinya. Jamu khusus pengendalian ayam adalah jamu yang terbuat dari berbagai rempah alami seperti gula merah, kunyit dan madu.

Selain memberi jamu, Anda juga bisa menggunakan nutrisi lain seperti vitamin buatan. Hal ini  efektif dalam mendapatkan kembali segala sesuatu yang berkurang dari ayam aduan.

cara merawat ayam aduan
Cara merawat ayam aduan

Tanya Jawab Seputar Cara Merawat Ayam Aduan

Berapa hari sekali ayam di fisik?

Latihan fisik biasanya dilakukan 30 hari sebelum ayam turun ke arena aduan. Ada empat anggota tubuh ayam yang harus dilatih secara rutin, yaitu leher, badan, kaki, dan sayap.

Berapa kali sehari memberi makan ayam aduan?

Pemberian makan ayam cukup dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore. “Sama dengan manusia, ayam juga butuh sarapan di pagi hari. Berikan secukupnya jangan terlalu banyak, bisa berupa dedak atau bekatul dicampur nasi.

Vitamin apa yg bagus untuk ayam aduan?

KAITONG adalah multivitamin import asli Thailand yang mengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh ayam seperti Vitamin A,C,D, dan B Kompleks yang sangat bagus untuk fisik ayam aduan. Selain itu KAITONG sendiri sangat bagus untuk pembentukan tulang ayam aduan dengan kandungan vitamin D yang cukup banyak.

Apa di kasih makanan ayam bangkok supaya keras pukulannya?

Ayam yang kuat serta ganas sebaiknya diberi konsumsi pakan yang baik serta bagus dengan kandungan nutrisi yang komplet seperti Jagung, beras merah, gabah. Diselingi dengan pemberian pakan gizi tiggi seperti jangkrik, belalang, cacing, daging belut.

Berapa hari ayam diistirahatkan sebelum diadu?

Satu hari sebelum pertandingan, ayam tidak perlu diumbar dan harus diistirahatkan hingga bertanding.

Penutup

Demikianlah cara merawat ayam aduan dengan mudah sehingga ayam Anda dapat tumbuh sehat alami. Selalu perhatikan nutrisi pakan ayam aduan Anda dan juga lingkungan yang baik dan sehat untuk ayam aduan Anda. Semoga bermanfaat!