10 Vitamin dan Obat untuk Ayam Sakit serta Mengenal Beragam Penyakit pada Ayam sekaligus Cara Menanganinya

Posted on 61 views
Ayam peliharaanmu sakit, tapi bingung cari obat untuk ayam sakit yang cocok? pastikan untuk menyimak artikel ini. Membahas ✓ Vitamin ✓ Obat ✓ Jenis Penyakit

Ayam peliharaanmu sakit, tapi bingung cari obat untuk ayam sakit yang cocok? Tenang, kamu tak perlu khawatir sebab kami akan memberikan solusinya untukmu. Dan pastikan untuk menyimak artikel ini dari awal hingga akhir ya!

Bagi para peternak ayam, penyakit ayam menjadi tantangan tersendiri selama berlangsungnya kegiatan beternak. Ada ayam yang tampak sehat, namun tiba-tiba saja sakit. Ada pula ayam yang memang sering sakit-sakitan. Hal ini memang masih wajar terjadi pada usaha peternakan ayam.

Namun, apabila tidak cepat ditangani maka kemungkinan bisa berakibat fatal. Bahkan dapat merugikan para peternak ayam itu sendiri. Inilah salah satu faktor yang menjadi kendala bagi para peternak. Oleh sebab itu, penting bagi para peternak untuk mengetahui ciri-ciri ayam sakit sekaligus cara menanganinya.

Obat untuk Ayam Sakit
Obat untuk Ayam Sakit

10 Vitamin dan Obat untuk Ayam Sakit

Berikut kami sampaikan beberapa vitamin dan obat untuk ayam sakit yang penting untuk diketahui oleh para peternak ayam. Adapun vitamin dan obat ayam sakit tersebut antara lain yakni:

1. Vita Plex

Vita plex merupakan vitamin B kompleks khusus unggas yang berguna untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit ayam yang disebabkan karena kekurangan vitamin B kompleks, mengatasi stres, menambah daya tahan tubuh, dan mempercepat pertumbuhan ayam.

2. Vita Chicks

Vitamin antibiotik atau sering disebut Vita chicks ini berfungsi untuk mempercepat proses pertumbuhan ayam, mengatasi stres, mencegah terjadinya kekurangan vitamin, serta mengurangi resiko kematian pada ayam.

3. Poligrip

Vitamin dan obat untuk ayam sakit yang satu ini berguna untuk mencegah terjadinya kelumpuhan pada ayam ataupun jenis unggas yang lainnya.

4. Sulfamix

Obat ini berbentuk cairan suntik serta dapat pula diteteskan pada mulut ayam. Fungsi Sulfamix ini adalah untuk mengatasi berak kapur, berak darah, kolera, korisa, dan ngorok ayam/ CRD.

5. Supertop

Vitamin supertop biasanya digunakan untuk membuat ayam menjadi lebih bergairah, menambah tenaga pada ayam, serta untuk memperpanjang nafas ayam.

6. Trimezyn

Trimezyn merupakan antibiotik, vitamin sekaligus mineral yang bermanfaat untuk mengobati kolera, korisa, CRD, pullorum, dan terjadinya mencret berwarna kuning pada ayam.

7. Rodalon

Rodalon merupakan obat untuk ayam sakit yang berfungsi membasmi bakteri, jamur, serta virus penyebab penyakit pada ayam. Adapun penyakit-penyakit tersebut seperti kolera, ND, cacar, thypus, TBC, dan lainnya. Selain itu dapat mengurangi bau kandang dan memberikan kesegaran.

8. Electrovit

Vitamin sekaligus antibiotik ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam stres yang terjadi pada ayam. Selain itu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh, meningkatkan kesehatan serta untuk produktivitas yang lebih optimal.

9. Neobro

Neobro ialah obat untuk ayam sakit yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ayam, menekan angka kematian, serta meningkatkan efisiensi pemakaian ransum pada ayam.

10. Hemavit Plus

Kegunaan hemavit plus adalah untuk mengatasi masalah anemia pada ayam yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Selain itu juga untuk mengatasi kekurangan vitamin dan meningkatkan nafsu makan pada ayam.

Obat Ayam Sakit
Obat untuk Ayam Sakit

10 Penyakit Ayam dan Cara Menanganinya

Selain mengenal berbagai macam vitamin dan obat untuk ayam sakit, para peternak juga perlu tau apa saja penyakit yang kerap menyerang ayam serta bagaimana cara menanganinya. Simak infonya berikut ini ya!

Obat Ayam Sakit
Obat untuk Ayam Sakit Botulisme

1. Botulisme

Penyakit ini terjadi karena ayam mengonsumsi racun dari bakteri Clostridium botulium. Gejala tersebut seperti ayam mengalami gemetar, pernapasan terganggu serta kelumpuhan. Selain itu bulu ayam juga seperti mudah dicabut.

Obat untuk ayam sakit untuk gejala ini yaitu dengan antitoksin atau kamu dapat membuat obat yang terdiri dari campuran  ½ gelas air hangat dan 1 sendok garam Epsom. Serta pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kandang ya!

Obat Ayam Sakit
Obat untuk Ayam Sakit

2. Gumboro

Gejala penyakit ini berupa ayam mengalami diare dengan warna keputihan, ayam tak nafsu makan, demam dan gemetar. Terjadi pendarahan pada otot paha atau dada berbentuk garis, pembengkakan ginjal, pendarahan serta radang. Cara menanganinya adalah dengan terapi suportif dan pemberian obat Gingertol, Kumavit atau Gumbonal.

Obat Ayam Sakit
Obat untuk Ayam Sakit Necrotic Enteritis

3. Necrotic enteritis/ NE

Masih membahas penyakit ayam dan obat untuk ayam sakit. Penyakit selanjutnya adalah Necrotic enteritis dengan ciri-ciri kotoran encer berwarna kecoklatan dan biasa menempel pada kloaka, serta usus ayam yang mulai menebal seperti handuk namun agak rapuh. Cara pengobatan penyakit ini yaitu dengan obat Sulfamix serta Neo Meditril.

Obat Ayam Sakit
Obat untuk Ayam Sakit Koksidiosis

4. Koksidiosis

Gejala penyakit ayam koksidiosis antara lain yaitu feses yang bercampur dengan darah atau terjadi berak darah, serta pendarahan pada usus. Cara menanganinya ialah dengan memberikan obat Totlradex, Coxy ataupun dengan therapy.

Obat Ayam Sakit
Obat untuk Ayam Sakit Leucocytozoonosis

5. Leucocytozoonosis

Penyakit Leucocytozoonosis memiliki ciri-ciri feses yang berwarna hijau, ayam kehilangan nafsu makan, terlihat depresi, muntah darah, jengger terlihat pucat, produktivitas ayam bertelur mengalami penurunan, kelumpuhan bahkan kematian.

Selain itu diikuti pula dengan gejala pendarahan yang terjadi di hampir seluruh organ, serta adanya gumpalan darah yang terdapat pada rongga perut dan saluran pernapasan. Obat untuk ayam sakit untuk penyakit ini yaitu Maladex, Arysuprim atau Antikoksi.

Obat Ayam Sakit
Obat untuk Ayam Sakit Aspergillosis

6. Aspergillosis

Penyakit ayam selanjutnya adalah Aspergillosis, dengan ciri-ciri ayam mengalami batuk serta sulit bernapas. Selain itu terdapat bungkul-bungkul putih pada paru-paru dan kantung udaranya. Bagaimana cara mengobatinya? Cara mengobati penyakit ini ialah dengan mencampurkan 1 gram Cupri sulfat ke dalam 5 liter air minum.

7. Malaria unggas

Ciri-ciri penyakit ini adalah nafsu makan turun, jengger ayam terlihat pucat, ayam mengalami anemia, terdapat bintik pendarahan pada kulit, diare dengan warna kehijauan serta produksi telur yang menurun. Cara mengobati penyakit malaria unggas yaitu dengan pemberian obat Maladex, Erysuprim ataupun obat Antitoksi.

8. Colibacillosis

Penyakit ayam Colibacillosis mempunyai gejala antara lain ayam mengalami kesulitan bernapas, terjadi diare, peradangan pada usus, selaput penutup paru-paru, hati serta jantung yang diselimuti oleh selaput fibrin. Neo Metitril, Tetra Chlor, selain itu juga Ampicol. Di mana ketiganya adalah obat khusus sakit ayam dengan gejala yang dituliskan sebelumnya.

9. Tetelo/ ND

Penyakit ayam ini disebabkan oleh virus Paramyxo yang dapat menyebabkan kematian. Ciri-ciri ayam yang terkena penyakit ini adalah ayam tampak lesu, tidak nafsu makan, terjadi penurunan produksi telur, batuk, mulut berlendir, gangguan pernapasan, serta kepala dan jengger yang nampak kebiru-biruan.

Untuk mengatasi penyakit ini, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan yakni dengan memberikan vaksinasi ND.

10. Mycotoxicosis

Penyakit ayam yang terakhir kita bahas adalah Mycotoxicosis. Adapun ciri-ciri penyakit ini yaitu feses terlihat lebih encer, terjadi anemia, nafsu makan turun, ayam menjadi rentan terinfeksi penyakit lain serta meningkatnya kematian ayam.

Tak hanya itu saja terjadi pula pendarahan pada otot paha dan dada, terjadi pembengkakan pada hati. Cara menangani penyakit ini yaitu dengan memberikan obat Fortevit dan Heprofit.

Baca Juga: Bagaimana Cara Ternak Ayam Bangkok? Simak Infonya Berikut Ini!

Penutup

Oke, demikian pembahasan kita mengenai beragam vitamin dan obat untuk ayam sakit serta beragam penyakit ayam sekaligus cara menanganinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian ya dan sampai jumpa!