Cara Memandikan Kucing, Jangan Gunakan Shampoo Manusia!

Posted on
Dengan mengetahui cara memandikan kucing, sama halnya kita mencegah terjadinya penyakit pada kucing kesayangan. Pilihlah waktu yang tepat untuk memandikannya.

Memandikan kucing adalah hal penting bagi kita dalam menjaga kesehatan dan kebersihan pada hewan peliharaan kesayangan kita. Dengan mengetahui cara memandikan kucing, maka sama halnya kita mencegah terjadinya penyakit pada kucing kesayangan kita.

Ya, kita semua tahu tak mudah memang memandikan hewan peliharaan. Apalagi kalau kita punya kucing yang rewel dan masih susah diatur. Tentu hal ini membuat kita bad mood dan sulit memandikannya. Memilih waktu yang tepat adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan. Di mana kita perlu timing yang pas agar hewan peliharaan mau kita mandikan.

cara memandikan kucing
Cara memandikan kucing

Waktu yang Tepat Cara Memandikan Kucing

Umumnya, waktu yang pas dalam memandikan kucing adalah 4 sampai 6 kali dalam seminggu. Jadi, nggak baik juga kalau kita sering memandikan kucing kita. Cara memandikan kucing yang pas adalah dengan menyisir dan menyikat bulu kucing untuk menghilangkan kutu-kutu pada bulu kucing. Janganlah juga terlalu sering memandikan kucing. Sering memandikan kucing adalah hal yang buruk karena dapat menyebabkan kerontokan pada bulu-bulunya.

Nah, memandikannya pun juga ada waktu yang bagus untuk menjaga kesehatannya. Di mana waktu yang tepat adalah saat matahari masih terang alias sudah terbit di atas awan sekitar 45 derajat. Lebih tepatnya sekitar jam 10 pagi sampai jam 4 sore.

Baca Juga :  Cara Merawat Kucing British Shorthair dengan Benar?Ini yang Perlu Kamu Pahami!

Jadi, memandikannya pun jangan terlalu pagi, juga jangan terlalu sore. Hal ini bisa menyebabkan kucing kita kedinginan dan membuatnya jatuh sakit.

Suhu Air untuk Memandikan Kucing

Tak hanya waktu yang tepat, suhu air yang digunakan pun perlu diperhatikan dan juga berpengaruh dalam memandikan hewan peliharaan kita. Jangan terlalu dingin, juga jangan terlalu panas. Yang sedang-sedang saja.

Setelah selesai memandikannya, langsung keringkan bulu-bulunya dengan handuk. Atau bisa mengeringkannya dengan hairdryer. Namun, atur suhu yang pas pada hairdryer, agar bulu kucing tidak rontok.

Bulu kucing yang cepat dikeringkan tidak menybebkan baru pada tubuhnya. Sehingga ia nyaman beraktivitas, Anda pun senang memeluknya.

cara memandikan kucing
Cara memandikan kucing

Apakah Boleh Memandikan Kucing Dengan Shampoo Manusia?

Mungkin kita sering menjumpai para pemelihara kucing menggunakan shampoo manusia saat memandikan kucinya. Pertanyaannya, apakah aman bagi si kucing?

Sebaiknya, gunakan shampoo hewan atau khusus kucing. Karena perlu diketahui bahwa tingkat keasaman shampoo manusia tidak cocok bagi bulu kucing.

Di mana tingkat keasaman shampoo manusia terlalu rendah bagi kulit kucing. Cara memandikan kucing yang tepat adalah menggunakan shampoo hewan yang tepat juga. Sudah banyak yang beredar di berbagai pet shop yang bisa Anda beli untuk memandikan si kucing.

Tingkat keasaman atau pH manusia sekitar 5,5 yang mana masih cocok saja menerima shampoo dengan kadar asam segitu. Nah, ketika Anda memberikan shampoo manusia pada kucing, maka bulu kucing bisa mengalami kerontokan. Karena tingkat keasaman yang rendah membuat bulu menjadi mengering dan rontok. Tak hanya bulu yang rontok, kalau kadar asam kecil pun bisa membuat kulit kucing menjadi kering juga.

Tips Memandikan Kucing

Melakukan cara memandikan kucing yang tepat merupakan salah satu bentuk kalau kita sayang pada hewan peliharaan kita. Ada beberapa tips dan cara yang bisa Anda terapkan saat memandikannya loh. Berikut adalah tips-tipsnya:

Baca Juga :  Resep Susu untuk Anak Kucing yang Harus Kamu Ketahui
  • Menggunakan sarung tangan sangat diperlukan saat memandikan kucing. Hal ini untuk mencegah jika kucing Anda sedang stress. Biasanya kucing yang mengalami stress disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah penyakit.
  • Saat memandikannya, Anda juga bisa sambil memangkas kuku-kukunya, agar tidak melukai Anda.
  • Cara memandikan kucing dengan benar ini, salah satunya adalah memotong cakarnya agar dia tidak tergelincir saat Anda mandikan ke dalam bak mandinya.
  • Sebaiknya dalam memandikannya perlu ekstra hati-hati agar si kucing tidak kemasukan air di bagian telinganya. Salah satu penyebab kucing stress saat dimandikan mungkin disebabkan kucing kemasukan air pada bagian telinganya.
  • Ketenangan Anda juga diuji dalam memandikannya. Jangan panik, apalagi jangan sampai Anda sedang badmood saat memandikannya. Bisa dikatakan kalau hewan peliharaan Anda akan mengikuti bagaimana perasaan Anda. Ketika Anda merasa enjoy dan senang, maka kucing akan senang juga dimandikan.
  • Biasakan kucing berada di tempat kamar mandinya sendiri. Agar ia bisa beradaptasi dan tidak panik saat berada di dalam kamar mandinya. Cegah ia mengalami kepanikan saat hendak dimandikan. Kucing juga bisa grogi loh, hehe…
  • Seperti yang dikatakan di atas, dalam cara memandikan kucing adalah menggunakan shampoo khusus kucing. Untuk menghindari kerontokan pada bulu-bulunya. Selain kerontokan, ketidak-cocokkan shampoo juga bisa menyebabkan gatal-gatal pada tubuh kucing.
  • Anda juga bisa menggunakan camilan kucing untuk memancingnya masuk ke dalam kamar mandinya. Dengan begitu, ia akan merasa senang, mandi sambil nyemil.
cara memandikan kucing
Cara memandikan kucing

Tanya Jawab Seputar Cara Memandikan Kucing

Apakah boleh memandikan kucing dengan shampoo manusia?

Selain itu, ada beberapa kandungan dalam produk sampo manusia yang mungkin tidak cocok bagi sahabat bulu sehingga bisa melukai kulit dan bulu kucing. Karena itu, tidak disarankan menggunakan produk sampo manusia untuk memandikan kucing. Usahakan selalu menggunakan sampo khusus kucing.

Baca Juga :  5 Makanan Kucing Kampung Terbaik Agar Kucing Tumbuh Sehat

Berapa kali memandikan kucing dalam seminggu?

Meski begitu, secara umum, National Cat Groomers of America merekomendasikan kucing untuk dimandikan 4-6 minggu sekali, agar bulunya tidak kusut dan tetap sehat. Jika kucing terpapar kotoran atau zat berbahaya, segera mandikan kucing.

Bagaimana cara memandikan kucing yang takut dengan air?

Cara Memandikan Kucing yang Takut Air
1. Sikat bulu sebelum mandi
2. Potong kuku kucing
3. Tenangkan kucing
4. Kenakan pakaian pelindung
5. Jadikan mandi sebagai hal yang menyenangkan
6. Bantu kucing tetap tenang
7. Gunakan air hangat
8. Masukkan perlahan ke air

Memandikan kucing dengan air apa?

Gunakan Air Hangat

Gunakan ember plastik besar dengan air hangat yang cukup untuk memandikan kucing. Perlu diingat bahwa yang dibutuhkan adalah air hangat bukan air panas. Pasalnya, banyak kucing yang sensitif dengan air dingin, dengan menggunakan air hangat mampu meminimalisir pemberontakan pada kucing.

Apakah boleh memandikan kucing dengan sampo Lifebuoy?

Syukurnya, tidak ada masalah saat memandikan kucing saya dengan menggunakan shampoo lifeboy. Mungkin sekitar 2–5 kali memandikannya menggunakan shampoo tersebut hingga akhirnya menggunakan Shampoo biasa. Namun, saran saya. Gunakan saja Shampoo untuk kucing karena ya shamponya didesain untuk bulu kucing.

Berapa kali kucing kampung dimandikan?

Jika secara umum, sebaiknya mandikan kucing anda 1-3 kali dalam seminggu, untuk tetap menjaga kebersihan, kesehatan dan kecantikan si kucing itu sendiri!

Berapa kali kucing mandi dalam sebulan?

Tujuan memandikan kucing sebulan sekali adalah untuk mencegah kemunculan kutu & penyakit kulit serta menghilangkan bau apek di badan kucing. Kucing rumahan yang hidup indoor–outdoor & sering keluar rumah, sebaiknya kamu memandikan kucing minimal 2 minggu sekali. Atau sebulan 2 kali.

Kapan waktu yang tepat memandikan kucing?

Adapun, waktu terbaik untuk memandikan kucing, melansir proplan.co.id, yaitu pada pukul 10.00-16.00. Mandikan kucing saat matahari masih terang. Sebab, bila tidak, suhu udara akan lebih dingin dan dapat menyebabkan kucing kedinginan dan jatuh sakit.

cara memandikan kucing
Cara memandikan kucing

Penutup

Nah, itulah sedikit ulasan tentang cara memandikan kucing yang baik dan benar. Anda pun bisa segera mempraktekkannya sendiri di rumah. Rawatlah kucing kesayangan anda dengan baik dan buat hewan peliharaan Anda merasa senang dengan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat ya cat lovers!