Cara Memiliki Ternak Bebek Petelur yang Baik

Posted on 7 views
Ternak bebek petelur merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan Tidak hanya dagingnya, telur-telur yang dihasilkan dapat menjadi santapan yang lezat.
Bagikan artikel ini

Bebek merupakan salah satu hewan favorit manusia untuk dikonsumsi. Tidak hanya dagingnya saja, namun telur-telur yang dihasilkannya pun juga mampu menjadi santapan yang lezat untuk dinikmati. Telur bebek tidak hanya dapat dijadikan telur asin saja, namun juga berbagai masakan lainnya. Banyak daerah di Indonesia telah mampu mengolah bahan makanan tersebut menjadi sajian khas lokal mereka yang mengenyangkan. Tak ayal, mempunyai ternak bebek petelur mampu menarik minat banyak orang. Untuk itu, perlu memahami beberapa hal cara ternak bebek petelur sebagai berikut.

Ternak bebek Petelur
Ternak Bebek Petelur

Ternak Bebek Petelur yang Menguntungkan

Menentukan keuangan yang dimiliki

Apapun bisnisnya, mengatur modal yang dipunya merupakan langkah awal yang sangat krusial. Meskipun hanya sekadar ternak bebek petelur, namun tetap saja memerlukan banyak perencanaan. Keuangan merupakan hal yang penting dalam menjalankan suatu aktivitas, tak terkecuali beternak. Walaupun mempunyai modal serta aset yang berlimpah untuk dicurahkan dalam bisnis, jika tidak memiliki rencana dan ketentuan keuangan maka akan sama saja tidak menguntungkan. Meski menguntungkan sekalipun, maka tidak akan berlangsung lama.

Dalam memulai ternak bebek petelur, harus dibuat daftar apa saja yang harus dimiliki. Hal tersebut juga harus disinkronkan dengan sumber daya yang ada. Apakah modal yang tersedia mampu untuk membangun sebuah peternakan? Serta apakah aset yang ada saat ini sudah cukup untuk menjadi penopang bisnis yang ingin digeluti? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka kamu akan lebih siap dalam hal perencanaan, terutama penentuan arus kas dari kegiatan tersebut.

Kamu akan dapat menggunakan sumber daya apapun untuk melakukan ternak bebek petelur. Dalam mendirikannya, dibutuhkan tempat yang cukup luas dan pastinya cocok untuk semua bebek yang hendak dipelihara. Selain itu, pastinya harus ada lahan tertentu untuk membuat kandang tersebut. Makanan apa yang dipilih untuk diberikan kepada semua hewan-hewan tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan dalam cara ternak bebek petelur ini.

Ternak bebek Petelur
Ternak Bebek Petelur

Lokasi mengembangbiakkan  

Memilih tempat yang pas untuk mendirikan sebuah peternakan merupakan hal yang utama. Dalam ternak bebek petelur, harus diperkirakan manakah lokasi yang sekiranya cocok untuk melakukannya. Lokasi yang akan dipilih tersebut nantinya akan menjadi rumah bagi bebek-bebek yang dipelihara. Pastikan bahwa keberadaannya tidak terlalu dekat dengan area tempat tinggal masyarakat.

Hal itu perlu menjadi perhatian karena, peternak bebek petelur dapat mengganggu manusia. Tidak hanya ditakuti oleh beberapa orang, terutama anak-anak, karena bebek dapat kapan saja mematuk manusia jika merasa terganggu. Namun juga, suara-suara yang dihasilkan dapat membuat masyarakat cukup terganggu.

Dalam peternakan bebek, tidak mungkin hanya memelihara satu ataupun dua ekor saja. Namun, puluhan hingga ratusan ekor. Oleh sebab itulah mereka dapat saja mengeluarkan suara yang begitu memekakan telinga. Akan tetapi, dalam membuat kandang yang tepat, harus nyaman dan mempunyai pencahayaan yang baik.

Ternak Bebek Petelur
Ternak Bebek Petelur

Membuat kandang

Meskipun hidup secara berkoloni, akan tetapi bebek juga membutuhkan sebuah kandang bak kamar-kamar pribadinya di dalam sebuah tempat peternakan. Ada beberapa macam kandang yang bisa dipakai oleh peternak bebek.

Pertama yaitu kandang baterai. Dinamakan seperti itu karena dibuat dari susunan kandang-kandang bebek. Setidaknya ada tiga atau lebih kandang yang dibuat secara bertingkat. Tempat bebek jenis tersebut pastinya dapat mengefisienkan lahan yang dimiliki. Biasanya, bagian bawah tempat bertelurnya bebek dibuat mirip. Hal ini bertujuan agar telur dapat langsung menggelinding ketika dikeluarkan oleh bebek yang sedang menetas.

Kedua yakni tempat panggung. Bebek yang dipelihara di sana menempati kandang yang tidak secara langsung beralaskan di atas permukaan tanah. Kandang dibuat layaknya rumah panggung, dimaksudkan agar hewan tersebut tidak bisa terkena penyakit secara langsung dan jug cepat. Area hidup bebek pun juga terjaga agar tidak basah serta bersih dari tanah.

Menentukan indukan bebek

Beternak hewan tentu saja dimulai dari indukan yang selanjutnya dikembangbiakkan. Hal tersebut juga berlaku sama dalam ternak bebek petelur. Kamu yang ingin memulainya harus berawal dari memilih indukan untuk peternakan tersebut.

Terdapat bebek yang masih kecil sehingga harus dirawat terlebih dahulu, hingga bebek besar yang sudah siap untuk dikembangbiakkan. Bibit yang unggul tentu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas bebek yang akan dipunyai serta telur-telur yang menjadi sumber penghasilan.

Dalam menentukannya, harus dipastikan bahwa indukan yang dipilih dalam keadaan sehat. Kamu juga bisa memilih Day Old Duck (DOD) sebagai bibit awalnya. Bibit bisa didapatkan setelah maksimal sepuluh hari dari penetasan.

Pakan Bebek Petelur yang Baik

Pakan yang akan dikonsumsi oleh hewan ternak merupakan hal yang begitu penting untuk dipilih. Kamu sebagai peternak harus sudah memastikan bahan apa yang akan sering diberikan kepada binatang yang dipelihara. Usahakan agar tidak berganti-ganti secara cepat dan terus menerus, Karena dapat memicu kelainan dalam pencernaan hewan.

Pemberian pangan secara homogen dapat membuat perut bebek menjadi terbiasa akan panganan yang dikonsumsinya. Bahan pangan dalam ternak bebek petelur harus mengandung mineral, protein, serta zat-zat lain. Hal tersebut untuk memastikan bahwa mereka semua telah mengonsumsi asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhannya serta telur yang akan dihasilkan.

Kandang Bebek Petelur

Memelihara bebek dalam jumlah yang banyak tersebut harus selalu diperhatikan kondisi di sekeliling tempat hidupnya. Meskipun tinggal dalam satu tempat yang begitu ramai dengan spesies tersebut, bebek dapat terancam oleh banyak hal sehingga menghambatnya untuk memproduksi telur ataupun anakan yang sehat.

Kandang bebek perlu untuk dibersihkan secara rutin. Kotoran-kotoran yang dikeluarkan sangat banyak berada di sekitarnya. Hal ini mampu memicu berbagai macam penyakit. Mengingat bebek adalah salah satu unggas, maka bisa juga terpapar oleh flu burung. Itulah mengapa menjaga kondisi sekitar peternakan harus diperhatikan.

Panen telur bebek
Panen Telur Bebek

Panen telur

Bebek sudah mampu untuk menghasilkan telur-telur pada saat mereka berusia Antara lima hingga tujuh bulan. Pada saat awal melakukan ternak bebek petelur, hanya sekitar 50% saja dari bebek-bebek tersebut yang mampu menghasilkan. Hal tersebut akan bertambah seiring berjalannya waktu. Lama kelamaan bebek-bebek tersebut akan memiliki masa usia yang emas untuk menghasilkan telur.

Pada masa tersebut, dalam seratus ekor bebek mampu menghasilkan hingga hampir 90 telur setiap harinya. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu terburu-buru ketika beternak hewan unggas yang satu ini. Produktivitas bebek dapat menurun ketika ia sudah memasuki usia tua.

Dalam beternak bebek, maka harus teramat jeli melihat tempat-tempat yang dilalui oleh bebek. Pasalnya, seekor bebek dapat bertelur begitu saja ketika melakukan aktivitas apapun. Bahkan ketika berjalan pun, bebek dapat bertelur. Sebagai peternak harus cermat melihat telur sehingga tidak terinjak ataupun hilang.

Baca Juga : Mau Tau Cara Ternak Sapi Potong Yang Benar? Simak Panduannya Berikut!

Penutup

Melakukan usaha ternak bebek petelur dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Dengan permintaan akan bahan pangan tersebut, dapat menjamin usaha tersebut tidak akan sia-sia. Untuk melakukannya, haruslah diperhatikan beberapa hal sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.