Cara Memelihara Ayam Broiler Agar Cepat Besar

Posted on 12 views
Oleh karena itu, kini banyak yang memeliharanya dan bagi kamu yang berniat untuk menggelutinya berikut cara memelihara ayam broiler yang benar agar cepat besar.
Bagikan artikel ini

Ayam Broiler atau ayam potong adalah ayam dengan prospek jual yang menjanjikan. Jenis satu ini seakan tidak pernah sepi peminat karena ia selalu dibutuhkan untuk keperluan konsumsi baik rumah makan, restoran cepat saji bahkan rumah tangga. Oleh karena itu, kini banyak yang memeliharanya dan bagi kamu yang berniat untuk menggelutinya berikut cara memelihara ayam broiler yang benar agar cepat besar.

cara memelihara ayam broiler
Cara memelihara ayam broiler

Cara Memelihara Ayam Broiler yang Tepat Agar Cepat Dipanen

1. Siapkan lahan dan kandang

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menyiapkan lahan terlebih dahulu. Sesuaikan lahan dengan perkiraan banyaknya ayam yang akan dipelihara. Dalam menyiapkan lahan hendaknya jauh dari pemukiman warga, tidak bising dan bau ayam tidak mengganggu sekitar.

Sebaiknya pilih tempat yang bisa dijangkau oleh transportasi namun kawasan yang sepi. Selain itu, pilih lahan yang dekat dengan sumber air dan sirkulasi udara di sekitar berkualitas baik agar ayam mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

Setelah memperoleh lahan yang pas, cara memelihara ayam broiler berikutnya menyiapkan kandang. Terdapat dua tipe kandang yang biasa digunakan, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Tipe pertama yaitu kandang lantai atau litter. Dari segi pembuatan, tipe ini mudah namun setelah panen, kandang harus dibersihkan dan diendapkan terlebih dahulu.

Tipe kedua yaitu kandang panggung yang paling praktis. Tipe ini sangat efisien karena kotoran ayam akan jatuh langsung ke bawah sehingga tidak menumpuk dan ayam tetap terjaga kebersihannya. Sayangnya harga pembuatan kandang ini relatif mahal karena banyak membutuhkan material pendukung lainnya.

cara memelihara ayam broiler
Cara memelihara ayam broiler

2. Tambahkan lampu dan brooder

Lampu dan brooder adalah dua bahan yang kamu butuhkan ketika memelihara ayam broiler. Ketika kandang sudah jadi tambahkan lampu agar kandang lebih terang ketika malam hari. Selain berfungsi sebagai penerangan, lampu tersebut juga bisa menghangatkan suhu kandang ketika malam hari yang cenderung dingin terutama setelah hujan.

Adanya lampu tersebut juga membantu penglihatan saat malam hari karena ayam adalah hewan yang mempunyai rabun senja. Oleh karena itu, penting untuk memasang banyak lampu agar ayam tetap terjaga dengan baik.

Tidak hanya lampu, brooder juga wajib dipasang pada cara memelihara ayam broiler yang benar. Berbeda dengan lampu, brooder ini mampu memberikan kehangatan yang lebih maksimal pada ayam. Kamu harus mengatur brooder dengan baik jangan sampai suhunya terlalu panas atau terlalu dingin.

3. Memilih bibit ayam unggul

Cara memelihara ayam broiler yang tak kalah penting adalah pemilihan bibit. Kamu harus memilih bibit ayam yang unggul agar mendapatkan ayam broiler yang berkualitas dan sehat. Untuk mempermudah menemukan bibit yang baik sebaiknya perhatikan ciri fisik ayam tersebut.

Ciri-ciri bibit yang baik yaitu bergerak aktif serta lincah, sehat tidak memiliki kecacatan, badan berisi dan bulat. Selain itu, bulu mengkilap tidak kusam, memiliki mata yang tajam, area hidung bersih dan bagian belakang alias anus tidak ada kotoran yang menempel. Pastikan bibit ayam yang kamu beli sudah memenuhi kriteria di atas.

cara memelihara ayam broiler
Cara memelihara ayam broiler

4. Memberikan pakan

Pemberian pakan dalam cara memelihara ayam tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kamu harus memperhatikan usia ayam broiler untuk memberikan asupan pakan karena akan berpengaruh pada pertumbuhan ayam tersebut. Selain itu, kamu juga harus mengisi minum dan pastikan selalu terisi penuh karena air adalah kebutuhan utama dalam memelihara ayam ini.

Pakan yang diberikan kepada ayam pedaging ini biasanya berupa crumbles dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya berupa vitamin, lemak, fosfor, karbohidrat dan lain-lain. Pemberian pakan pada ayam broiler tidak bisa dibatasi sehingga perlu perhatian yang ekstra. berikut ini adalah aturan pemberian pakan ayam broiler sesuai usianya;

– Tahap 1 (Usia 1-20 hari)

Komposisi pakan yang diberikan harus memenuhi kriteria karena ayam membutuhkan nutrisi selama pertumbuhan. Takaran tersebut diantaranya lemak sebanyak 2,5%, fosfor 0,9%, kalsium 1%, protein 24%, energi sebanyak 3500kkal/kg dan serat kasar sebesar 4%.

– Tahap 2 (Usia lebih dari 20 hari)

Pakan yang diberikan pada tahap ini berlaku hingga masa ayam siap dipanen. Aturan komposisi pakan tak jauh berbeda dengan sebelumnya hanya da beberapa bagian yang ditambah dan dikurangi seperti protein dikurangi menjadi 21%, energi menjadi 3400kkal/kg dan serat kasar ditambah menjadi 4,5%.

cara memelihara ayam broiler
Cara memelihara ayam broiler

5. Memberi ayam larutan gula merah

Yang unik dari cara memelihara ayam broiler ini adalah pemberian gula merah. Kandungan glukosa pada gula merah bermanfaat agar ayam tidak lemas dan loyo. Larutan gula merah ini biasa diberikan ke anak ayam yang belum masuk ke kandang atau masih bibitan. Dengan begitu ia bisa aktif dan lebih lincah.

6. Vaksin

Untuk membunuh bibit penyakit, cara memelihara ayam broiler selanjutnya yakni kamu harus memberikan vaksin. Ada banyak jenis vaksin yang bisa kamu berikan mulai dari ttelo, ND strain B1 hingga ND lasota. Vaksin ini hendaknya diberikan secara bertahap seusia dengan kebutuhan ayam.

Pada tahap pertama vaksin diteteskan di mata dan yang kedua berupa suntikan di dada ayam. Vaksin tahap pertama diberikan ke ayam saat berusia 4 atau 5 hari. Sedangkan tahap kedua, disuntikkan saat berumur 21 hari.  Agar kandungan dalam vaksin tetap awet simpan di stereofoam, hindarkan dari sinar matahari dan simpan di freezer dengan suhu sekitar 2-8 derajat.

7. Memelihara ayam hingga siap panen

Cara memelihara ayam broiler setiap usia ditangani dengan cara yang berbeda-beda. Saat ayam berusia seminggu masukkan ke inkubator, lalu berikan ia makan dan minum air hangat. Minggu berikutnya naikkan kurangi suhu agar tidak terlalu hangat.

Pada minggu selanjutnya keluarkan ayam dari inkubator karena ia sudah bisa beradaptasi dan di minggu ke 4 kebutuhan pakan akan meningkat hingga dua kali lipat. Sedangkan memasuki usia 5 minggu, kebutuhan makan meningkat dan kotoran yang dihasilkan juga banyak. Jadi kamu harus rajin membersihkan kandang.

8. Proses panen

Ayam broiler bisa dipanen ketika usianya sekitar 35 sampai 42 hari. Cara memelihara ayam broiler tetap harus dilakukan bahkan saat panen karena kamu harus menimbang satu persatu ayam untuk mengetahui berat masing-masing. di samping itu, kamu juga wajib untuk membersihkan kandang dari kotoran dan peralatan lainnya agar tidak mengundang bibit penyakit.

9. Sanitasi kandang

Usai panen penting untuk membersihkan dan melakukan sanitasi pada kandang ayam. Sanitasi ini berupa pengapuran yang dilakukan di dinding dan lantai kandang untuk menghilangkan bakteri dan bibit-bibit penyakit. Kamu juga bisa menambahkan formalin untuk disemprotkan di seluruh kandang. Setelah disanitasi, biarkan kandang tetap kosong selama 10 hari sebelum diisi kembali.

cara memelihara ayam broiler
Cara memelihara ayam broiler

Penutup

Nah, itulah cara memelihara ayam broiler yang benar dan bisa kamu contoh agar ia cepat besar. Memelihara ayam tersebut memang gampang-gampang susah namun hasilnya cukup menjanjikan.

Baca Juga : Panduan Ternak Ayam Broiler yang Sukses