Mengetahui Kapan Anak Kucing Boleh Makan dengan Aman

Posted on 13 views
Oleh karena itu kamu harus mengetahui kapan anak kucing boleh makan secara tepat dan aman untuk perkembangannya...
Bagikan artikel ini

Ketika kamu memiliki anak kucing yang baru lahir, jangan buru-buru untuk memberikan makan kepadanya. Anak kucing masih membutuhkan adaptasi dengan lingkungannya terlebih jika masih bersama induknya. Dibutuhkan waktu beberapa minggu sampai anak kucing bisa mencari makan sendiri. Oleh karena itu kamu harus mengetahui kapan anak kucing boleh makan secara tepat dan aman untuk perkembangannya.

Kapan anak kucing boleh makan
Kapan anak kucing boleh makan

Kira-kira kapan anak kucing boleh makan? Ini waktu yang tepat untuknya

Sistem pencernaan anak kucing terbilang sangat sensitif sehingga kamu harus berhati-hati ketika memberikan makanan untuknya. Perhatikan juga perkembangan badannya dari waktu ke waktu dengan cermat. Kamu akan mengetahui kapan anak kucing boleh makan berbagai jenis makanan selain ASI dari induknya. Oleh karena itu, perhatikan waktu yang tepat untuk memberikan anak kucing makan berikut ini.

1. Pada usia lebih dari sebulan (antara > 4 minggu – 5 minggu)

Usia lebih dari sebulan merupakan waktu yang tepat bagi anak kucing untuk mulai memakan jenis pakan lain. Anak kucing masih membutuhkan nutrisi dari ASI induknya ketika berusia kurang dari 4 minggu. Untuk mengetahui kapan anak kucing boleh makan selain ASI, maka perhatikan perkembangannya. Jika sudah bisa dipisahkan dari induknya, berarti anak kucing sudah bisa mulai makan jenis panganan yang lain.

Ketika sudah berusia lebih dari sebulan dan dapat dipisahkan dari induknya, kamu bisa mulai memberikan jenis makanan lain untuk anak kecing. Takarannya harus diperhatikan, jangan terlalu banyak karena justru mengganggu sistem pencernaan anak kucing yang masih menyesuaikan makanan. Kamu bisa memberikan susu formula ketika anak kucing berusia sebulan agar bisa menyesuaikan rasanya.

Untuk mengetahui kapan anak kucing boleh makan jenis pakan basah dan kering. Perhatikan apakah anak kucing sudah bisa mengunyah dan menggigit botol. Jika sudah, kamu bisa memberikan jenis pakan yang basah agar sistem pencernaan anak kucing tidak bekerja terlalu berat. Selain itu, kamu juga bisa memberikan jenis pakan kering tetapi harus dicampur air agar teksturnya lunak dan mudah dimakan.

Kapan anak kucing boleh makan
Kapan anak kucing boleh makan

2. Pada usia antara 5-6 minggu

Pada usia antara 5-6 minggu, anak kucing sudah bisa diberikan makanan kering dan juga basah. Pemberian makanan ini hampir sama dengan usia antara 4-5 minggu, hanya saja porsinya yang berbeda. Perhatikan baik-baik jenis makanan yang sudah diberikan sebelumnya, apakah disukai oleh anak kucing atau tidak. Jika belum, usahakan menambahkan air atau susu agar anak kucing tertarik untuk makan.

Kamu bisa memberikan campuran pakan basah, kering, dan juga susu. Campuran ini akan menghasilkan tekstur makanan dengan bentuk lumpur, Untuk mengetahui kapan anak kucing boleh makan jenis pakan ini, perhatikan apakah dia sudah terbiasa dengan makanan kering atau basah. Jika sudah, maka anak kucing boleh memakan jenis makanan ini agar kebutuhan nutrisinya bisa tercukupi dengan baik.

Dalam usia ini, kamu harus mengusahakan agar anak kucing bisa mulai makan jenis pakan basah maupun kering. Hal ini dikarenakan pada usia 5-6 minggu, kalori dari berbagai pakan sangat dibutuhkan agar tubuhnya sehat dan daya tahannya kuat. Jika anak kucing masih belum mau makan, maka untuk langkah awal kamu bisa menambahkan susu formula untuk menambah nafsu makannya.

3. Pada usia antara 6-7 minggu

Memasuki usia ini, anak kucing sudah bisa diberikan makanan kering yang dicampur dengan air. Pemberian jenis makanan ini dimaksudkan agar anak kucing bisa mulai melatih kekuatan giginya. Untuk mengetahui kapan anak kucing boleh makan jenis pakan kering dengan air, perhatikan pola konsumsi sebelumnya ketika diberi pakan basah. Jika konsumsinya lancar, jenis pakan ini bisa diberikan.

Pemberian pakan ini bisa disesuaikan kadar air di dalamnya. Selain menguatkan gigi, pemberian pakan kering jenis air juga bertujuan untuk membiasakan anak kucing mengonsumsi pakan kering. Beikan takaran air secara bertahap. Pada awalnya, berikan kadar air yang lebih banyak sehingga penyesuaiannya menjadi lebih mudah. Selanjutnya, berikan kadar air lebih sedikit ketika anak kucing sudah mulai terbiasa.

Selain tata caranya, untuk mengetahui kapan anak kucing boleh makan pakan kering dengan air, perhatikan juga jenis pakan kering. Pilihlah pakan kering yang berkualitas agar bisa dikonsumsi dengan aman oleh anak kucing. Rajin-rajinlah mencari informasi mengenai pakan kering untuk anak kucing yang berkualitas baik dari dokter hewan maupun ulasan di internet.

Kapan anak kucing boleh makan
Kapan anak kucing boleh makan

4. Pada Usia antara > 6 minggu – 12 minggu

Pada usia 6 minggu lebih sampai dengan 12 minggu, yang harus diperhatikan selanjutnya adalah pola makan. Kamu harus membiasakan pola makan untuk anak kucing sehingga sistem pencernaannya bisa bekerja dengan teratur. Dalam rentang usia ini, kamu bisa mengatur pola makan anak kucing menjadi 4 kali sehari dengan takaran secukupnya. Jangan memberikan makanan dengan jumlah banyak dulu.

Untuk mengetahui kapan anak kucing boleh makan dengan pola seperti ini, kamu harus membiasakannya terlebih dahulu. Ketika anak kucing sudah terbiasa dengan pola makan 4 kali sehari, maka kamu boleh meneruskannya hingga usia 12 minggu. Atur juga pukul berapa waktu makannya secara tepat. Jangan  telat untuk memberi makan sesuai waktu yang telah diatur agar pencernaannya bisa bekerja dengan baik.

Kapan anak kucing boleh makan
Kapan anak kucing boleh makan

5. Pada Usia > 12 minggu – 6 bulan.

Setelah anak kucing sudah berusia lebih dari 12 minggu, kamu bisa memberi makan anak kucing sebanyak 3 kali sehari. Pemberian pola makan ini menjadi lebih sedikit daripada sebelumnya sebanyak 4 kali tetapi porsinya lebih banyak .Perubahan pola ini disesuaikan agar sistem pencernaan kucing ini bisa berkembang dengan baik untuk ke depannya. Usahakan membiasakan pola ini secara bertahap kepada anak kucing.

Kamu bisa melihat kebiasaan pola makan untuk mengetahui kapan anak kucing boleh makan 3 kali dalam sehari. Jika sebelumnya, anak kucing sudah terbiasa dengan pola makan 4 kali sehari maka untuk pola makan 3 kali kemungkinan besar bisa beradaptasi dengan baik. Jangan lupa juga mengatur ulang waktu makannya dengan tepat sehingga kamu bisa memberi pakan kepada anak kucing secara teratur.

6. Pada Usia > 6 bulan

Ketika anak kucing sudah berusia lebih dari 6 bulan, maka kamu harus mengubah pola makannya menjadi 2 kali dalam sehari dengan porsi yang lebih banyak. Sama halnya dengan pola makan sebelumnya, tujuan pergantian pola disesuaikan dengan perkembangan sistem pencernaan anak kucing berdasarkan umurnya. Jadi, sistem pencernaanya bisa bekerja dengan baik dan teratur.

Kapan anak kucing boleh makan
Kapan anak kucing boleh makan

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengetahui kapan anak kucing boleh makan berbagai jenis pakan berdasarkan jenis dan pola pakan. Usahakan untuk mencari jenis pakan dengan kualitas terbaik agar nutrisinya bisa tercukupi. Selain itu, atur pola makan agar sistem pencernaannya bisa bekerja secara teratur.

Baca Juga : 4 Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing dan Cara Memberikannya