7 Cara Perawatan Kucing Persia yang Wajib Kamu Ketahui

Posted on

Kucing Persia adalah kucing lucu kecintaan semua umat. Tahukah Kamu cara perawatan kucing Persia? Ternyata, ada tips yang mana tidak bisa disamakan antara kucing Persia dengan ras lain tentunya. Hal ini dikarenakan setiap kucing memiliki karakteristik masing-masing sehingga dalam perawatannya tentu berbeda pula.

cara perawatan kucing persia
Cara perawatan kucing persia

Bagi sebagian orang, mungkin cara perawatan kucing Persia sedikit susah. Tetapi sebenarnya, tidak sesulit yang Kamu bayangkan. Jika Kamu sudah terbiasa melakukan treatment tersebut pada Persia Kamu, maka lama kelamaan hal tersebut tidak akan terasa berat lagi.

Cara Perawatan Kucing Persia agar Kucing Kamu Tetap Sehat, Bersih, dan Selalu Menggemaskan

Kucing Persia yang terkenal akan ciri khasnya yang bertubuh gemuk dan sangat imut ini selalu memiliki tempat spesial di kalangan pecinta kucing. Maka dari itu, tidak mengherankan bahwa yang memeliharanya juga sangat banyak. Lalu bagaimana cara perawatan kucing Persia ini? Tidak sulit kok sebenarnya, yakni:

1. Jangan lupa menjaga kebersihan kandang dan menyiapkan kandang yang layak

Satu yang paling penting dalam cara perawatan kucing Persia adalah kandang yang layak dan kebersihannya terjaga. Kamu harus memilih ukuran kandang yang pas dari segi ukuran dan juga ventilasi udaranya. Selain itu, Kamu harus memastikan bahwa sinar matahari bisa masuk dari celah-celah kandang yang disediakan.

cara perawatan kucing persia
Cara perawatan kucing persia

Yang tidak kalah pentingnya adalah jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang dari Persia Kamu. Kandang yang bersih akan berpengaruh kepada mental Persia Kamu. Selain itu, jika Kamu menjaga kebersihan kandang juga, Persia akan sehat dan jarang terserang penyakit karena kuman dan bakteri.

Baca Juga :  Pecinta Kucing Wajib Tau 4 Makanan Untuk Kucing Bulu Rontok

2. Menyediakan tempat makan dan minum yang khusus

Mungkin bagi sebagian orang, merasa bahwa makanan dan minuman khusus ini hanya sebagai aksesoris belaka. Tetapi untuk Persia, sebaiknya Kamu menyediakan tempat makanan dan minum yang memang merupakan khusus kucing. Khusus untuk Persia ini terutama, usahakan tempat makannya tidak terlalu cekung ke dalam.

Ini harus Kamu lakukan karena lidah kucing Persia tergolong pendek. Jika Kamu tidak menemukan tempat makan yang tepat, ditakutkan makanan akan mudah bercecer ke lantai. Tentu Kamu tidak ingin hal itu terjadi karena akan sangat merepotkan.

3. Memberikan makanan yang bergizi dan sehat

Sebenarnya, pemberian makanan ini harus dilakukan kepada semua jenis kucing tanpa perkecualian. Setiap kucing memiliki hak untuk mendapatkan makanan sehat dan bergizi dari Kita yang merupakan pemiliknya. Selain itu, pemilihan makanan kucing akan  berimbas pada kesehatan bulu dan juga tulangnya. Saran makanan untuk Persia sendiri antara lain:

  • Daging  ayam, sapi, ikan, ataupun bebek. Cara untuk olahan makanan kucing ini, Kamu bisa merebusnya terlebih dahulu dan kemudian mencacahnya hingga halus agar Persia Kamu lebih mudah untuk menelan makanannya
  • Makanan kucing keluaran pabrik. Kamu bisa memilih antara jenis yang kering ataupun basah. Adapun merek yang bisa Kamu jadikan rekomendasi adalah Whiskas, Pro Plan, Royal Canin, Maxi, dan lain sebagainya.
  • Berikan air putih untuk minuman kucing
  • Jangan memberikan segala jenis susu ke kucing, berikan hanya susu khusus kucing saja.
cara perawatan kucing persia
Cara perawatan kucing persia

4. Memberikan vaksin

Jika Kamu memiliki Persia, maka pemberian vaksin adalah wajib adanya. Vaksin akan melindungi kucing Kamu dari berbagai masalah penyakit potensial. Bukan hanya vaksin saja yang dibutuhkan Persia, tetapi Persia juga memerlukan obat cacing. Kamu jangan lupa memberikan dua hal tersebut secara berkala sesuai dengan yang dianjurkan dokter.

5. Membiasakan menyikat bulu Persia dari usia dini

Bulu Persia yang indah akan rentan kusut jika tidak disikat secara teratur. Kamu perlu membiasakan persiamu untuk disisir sejak dini agar terbiasa akan aktivitas tersebut. Jika Kamu tidak menyisir atau mengikatnya dengan rutin, selain kusut bulunya juga bisa rontok. Keindahan bulu Persia ini akan terjaga jika Kamu rutin menyikat bulu persianya.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami Dan Efektif
cara perawatan kucing persia
Cara perawatan kucing persia

Jangan lupa gunakan sikat bulu yang bahannya terbuat dari logam dengan ujung yang runcing. Untuk gigi sikatnya, Kamu bisa memilih gigi sikat yang jarang atau tidak terlalu rapat untuk menyisir bulu Persia Kamu.

6. Menjaga kebersihan hidung Persia

Bentuk hidung Persia yang pendek memang menggemaskan. Tetapi bentuk hidung yang demikian memiliki potensi tersumbat kotoran lebih tinggi. Jika begini, Persia Kamu bisa kesulitan bernafas atau bahkan bisa terkena infeksi. Jika Kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, jangan lupa untuk selalu membersihkan hidungnya secara teratur.

Untuk membersihkan hidung kucing ini cukup mudah kok. Kamu hanya perlu menyediakan cotton bud. Jangan lupa untuk mencelupkan cotton bud ke air hangat yang nantinya itulah yang digunakan untuk membersihkan kucing Persia Kamu.

7. Membersihkan mata kucing secara berkala

Dikarenakan bentuk hidung yang dekat dengan mata, mata kucing Persia dapat dikatakan memproduksi air mata yang sangat banyak. Maka dari itu, Kamu sebaiknya membersihkan mata kucing ini setiap hari, satu kali. Hal ini dikarenakan air mata yang tidak dibersihkan bisa membuat bulu atau wajah Persia terkena iritasi yang mana akan berdampak pada kesehatannya.

cara perawatan kucing persia
Cara perawatan kucing persia

Beberapa cara perawatan kucing Persia di atas harus Kamu terapkan jika ingin kucing Kamu sehat, lucu, dan bahagia. Meskipun pada dasarnya cara perawatan kucing Persia itu sama dengan kucing lainnya, tetapi ada perbedaan sedikit yang mana tetapi juga sangat berpengaruh kepada Persia itu sendiri.

Harga Kucing Persia

Setelah mengetahui berbagai cara perawatan kucing Persia, info lainnya yang harus Kamu ketahui adalah terkait harga. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kucing ini adalah kucing yang masuk jajaran mahal pula di Indonesia. Lalu bagaimanakah harganya? Harganya akan dijelaskan di tabel di bawah ini!

NoJenis atau kategoriHarga
1.Persia kitten mediumRp. 280.000,-
2.Persia damaskus mediumRp. 2.500.000,-
3.Persia medium betina yang sedang hamilRp. 1.200.000,-
4.Persia medium calicoRp. 1.300.000,-
5.Persia short hair kitten jantan mediumRp. 950.000,-
6.Persia medium jantan kittenRp. 500.000,-
dsbdsbdsb

Tetapi yang perlu Kamu ingat adalah, tabel harga di atas  bukan harga yang 100% pasti ya. Harga tersebut hanya berupa kisaran saja sehingga Kamu tahu berapa range harga yang dimiliki kucing Persia. Memang, kucing Persia sendiri dijual dengan berbagai jenis dan usianya sehingga harganya beragam pula. Tetapi, hanya dengan sekitar Rp. 300.000,- Kamu sudah bisa membeli anakan dari Persia ini.

Baca Juga :  Cara Merawat Anak Kucing Dengan dan Tanpa Induk

Ada beberapa faktor yang secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi harga yang dipatok untuk seekor kucing Persia ini. Faktor tersebut antara lain faktor kesehatannya, usianya, ras, vaksinasi, dan juga preferensi penjualnya tersendiri.

cara perawatan kucing persia
Cara perawatan kucing persia

Tanya Jawab Seputar Cara Perawatan Kucing Persia

Bagaimana cara merawat kucing persia agar rambutnya tetap indah?

Jawaban:
1. memandikan kucing dengan shampoo khusus kucing. Agar terhindar dari bakteri penyakit dan menjaga bulunya tetap halus dan wangi.
2. memandikan kucing persia satu kali dalam seminggu.
3. Jangan lupa untuk selalu mengeringkan bulu setelah mandi, agar tidak terkena jamur akibat lembab.

Apa makanan khusus yang diberikan agar kucing Persia tetap sehat?

Merek Makanan Terbaik untuk Kucing Persia
1. Royal Canin Persian
2. Cleo Persian Cat Food
3. Me-O Persian Dry Food
4. Iskhan Cat Grain Free Persian
5. Nature’s Protection Persian
6. Pureluxe Elite Nutrition for Persian Cats
7. Whiskas

Kucing Persia minum apa?

Air Minum Kucing Persia
Kucing Persia jantang yang tidak dikebiri membutuhkan air minum yang lebih banyak. Saat kekurangan cairan, kristal akan terbentuk dalam saluran kencing sehingga sulit dikeluarkan. Letakkan air minum dalam wadah yang tak terbuat dari plastik.

Berapa harga kucing persia medium?

Harga kucing persia medium berkisaran antara Rp250 ribu-6 jutaan.

Apa ciri ciri Kucing Persia?

Ciri – Ciri Kucing Persia
1. Bulu tebal. Jenis kucing ini memiliki bulu panjang atau long hair.
2. Mata bulat dan berwarna cerah
3. Hidung pesek
4. Telinga kecil
5. Kepala berukuran besar
6. Kaki pendek
7. Ekor panjang dan berbulu tebal

Makanan apa saja yang tidak boleh dimakan kucing persia?

Makanan Kucing Persia juga tidak boleh mengandung kafein dan alkohol. Methylxanthines juga bisa ditemukan dalam kafein. Alkohol juga menyebabkan efek samping yang sama, seperti diare, kesulitan bernapas, hingga kematian. Makanan Kucing Persia juga tidak boleh mengandung bawang merah ataupun bawang putih.

Apakah tidak apa apa kucing persia makan ikan?

Pada dasarnya, kucing Persia suka sekali makan ikan dan daging. Namun, ada satu makanan yang sangat disukai kucing Persia, yaitu keju. Selain keju, daging dan ikan, Anda juga dapat memberikan kucing Persia kesayangan makanan kucing yang berkualitas seperti Royal Canin, Friskies, Whiskas dan Me-O.

Penutup

Nah jadi itulah cara perawatan kucing Persia. Tidak terlalu susah. kan? Yang jelas, saat Kita mengadopsi kucing maka secara langsung Kita adalah “wali” dari kucing tersebut, sehingga Kita harus memperlakukan dan merawat kucing yang Kita punya dengan baik.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Kucing Yang Cocok Bagi Kaum Pemula!

Comments are closed.