Mencari Tahu Obat Jamur Pada Kucing Dan Penyebabnya

Posted on
Infeksi jamur pada kucing jangan dianggap remeh. Karena infeksi tersebut dapat memberi dampak buruk pada kucing kesayangan dan manusia. Simak infonya berikut ini.

Infeksi jamur pada kucing jangan dianggap remeh. Karena infeksi tersebut dapat memberi dampak buruk pada manusia. Untuk Anda yang sedang memelihara kucing, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan ketika melihat gejala jamur yang tumbuh pada si kitty. Atau Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai yang akan mengulasnya lebih dalam.

Kita tahu kalau kucing adalah hewan peliharaan yang banyak disukai oleh manusia. Tak heran kalau hewan ini sangat spesial bahkan toko makanan untuk hewan ini pun tersebar di mana-mana. Ditambah lagi, kucing merupakan hewan yang sangat menggemaskan dan mampu menghilangkan penat kita setelah seharian kerja. Bisa dibilang kalau kucing merupakan hewan pelipur lara sebagai teman kita di rumah.

jamur pada kucing
Jamur pada kucing

Obat Jamur Pada Kucing

Mungkin Anda saat ini sedang bingung dan sedih karena kucing Anda sedang jamuran. Ada beberapa obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Scadix

Scadix adalah obat yang paling ampuh dalam mengatasi jamur yang tumbuh pada hewan peliharaan Anda. Di mana obat yang berbentuk cairan ini terdiri dari bahan-bahan dasar yang alami. Cukup semprotkan scadix ke kucing kesayangan Anda ketika jamur mulai tumbuh pada tubuhnya. Menurut anjuran dokter hewan jangan terlalu berlebihan dalam menyemprotkannya, cukup 2 sampai 3 kali saja dalam sehari. Karena jika berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulitnya.

Baca Juga :  4 Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing dan Cara Memberikannya
jamur pada kucing
Scadix obat jamur pada kucing

2. VCO

VCO atau kepanjangannya Virgin Coconut Oil yang mana berbahan dasar minyak kelapa mampu mengatasi jamur pada kucing. Perlu diketahui kalau minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat dan polifenol yang mana mampu memberikan antioksidan sehingga mampu mengatasi masalah jamur pada kulit hewan.

Tak perlu khawatir dengan obat ini. Karena obat ini terbuat dari minyak kelapa asli, jadi sangat aman untuk kucing Anda. Karena kucing memiliki kebiasaan menjilati tubuhnya untuk membersihkan badannya.

jamur pada kucing
VCO obat jamur pada kucing

3. Itraconazole

Biasanya para pemilik kucing meggunakan obat ini ketika penyakitnya sudah sangat parah dan sulit untuk diatasi. Bahkan tak sedikit dokter hewan yang menyarankan itraconazole adalah solusi tepat bagi pemilik kucing ketika kucingnya sedang jamuran.

Obat jamur pada kucing ini berbentuk kapsul, sehingga cara menggunakannya cukup campurkan obat tersebut ke dalam makanannya, otomatis akan ikut termakan olehnya. Obat ini mampu mengatasi jamur ganas sekalipun sejenis blastomikosis. Di mana jamur jenis ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh hewan bahkan memiliki tingkat penularan yang tinggi.

Sebaiknya ikuti anjuran dokter hewan dalam memberikan obat ini pada hewan peliharaan Anda. Karena obat ini berbahan dasar bahan kimia, maka obat ini juga memiliki efek samping sendiri.

jamur pada kucing
Itraconazole

4. Biodin Natural Antiseptic

Salah satu obat yang ampuh untuk jamur adalah biodin natural antiseptic. Di mana obat ini menggunakan formula food grade. Jadi, sangat aman bagi kucing Anda. Seperti scadix, cukup semprotkan obat ini ke tubuh kucing Anda 3 sampai 5 kali dalam sehari.

Tak hanya jamur, kalau obat ini juga mampu mengatasi scabies yang sering terjadi pada hewan peliharaan.

jamur pada kucing
Biodin

5. Bally Salve Cat and Dog

Seperti namanya, kalau obat ini bukan hanya untuk mengatasi jamur pada kucing saja, melainkan pada anjing pun juga bisa. Pada dasarnya, hewan peliharaan yang berbulu cenderung dapat mengalami jamuran. Jadi, sangat diperlukan pengetahuan seputar jamur hewan.

Baca Juga :  Kucing Anggora : Sejarah, Ciri-Ciri, Cara Merawat, Makanan Hingga Harganya

Obat ini berbentuk salep yang tidak memiliki efek samping. Jadi aman banget buat kucing Anda. Cukup diolesi 2 sampai 3 kali sehari, dan jangan lupa rutin memandikannya. Oya, jangan lupa mencuci tangan Anda setelah Anda mengolesi salep ini pada hewan kesayangan Anda agar tidak tertular pada diri Anda ya.

jamur pada kucing
Bally

6. Well

Seperti obat sebelumnya, obat jamur pada kucing ini juga bisa mengatasi jamur pada anjing. Obat semprotan ini mampu mengatasi gatal-gatal pada hewan peliharaan Anda. Cukup semprot 3 kali sehari, Anda bisa mengatasi gatal-gatal pada kucing atau anjing Anda.

jamur pada kucing
Well

7. Miconazole dan Ketoconazole

Bisa dibilang kalau obat ini mampu mengatasi segala jenis jamur. Dari jamur ringan hingga jamur yang ganas sekali pun. Tak hanya untuk hewan, obat ini pun juga ampuh untuk kulit kita yang juga terinfeksi jamur pada hewan peliharaan kita.

Penyebab Jamur Pada Kucing

Dalam memelihara hewan, sangat dibutuhkan ketekunan dalam merawatnya. Bukan hanya memilikinya, namun kita juga perlu menjaganya dari segala penyakit agar hewan peliharaan kita tetap sehat dan bersemangat menemani hari-hari kita.

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada hewan peliharaan kita adalah jamur, sehingga sangat disarankan untuk kita mengetahui apa sih penyebab jamur yang tumbuh pada hewan peliharaan kita.

Salah satu faktor utama tumbuhnya jamur pada hewan peliharaan kita adalah tanah atau lingkungan. Dimana lingkungan yang buruk mampu menginfeksi hewan peliharaan hingga tumbuhnya jamur pada tubuhnya. Jadi, kita perlu sering-sering menjaga kebersihan area lingkungan kita sebagai bentuk mengatasi jamur pada kucing salah satunya.

Mungkin sebagian dari Anda mengetahui istilah ringworm. Di mana istilah ini memiliki arti sebagai infeksi jamur pada lapisan kulit hewan peliharaan. Bisa dibilang kalau ringworm sangat halus dan sulit untuk dideteksi.

Kita bisa melihat gejalanya dari kebiasaan kucing kita. Apakah kucing kita akhir-akhir ini sering menggaruk-garuk badannya? Jika ia, sebaiknya segera kita cek ke dokter hewan. Jangan sampai infeksi tersebut malah semakin menyebar ke seluruh badannya bahkan sampai ke kulit kita.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan dengan Benar

Tanya Jawab Seputar Jamur Pada Kucing

Apa obat jamur pada kucing?

Salah satu obat jamur pada kucing adalah Itraconazole. Itraconazole adalah obat untuk kucing yang jamuran dengan kondisi parah. Biasanya, obat ini untuk kucing yang terkena jamur blastomikosis. Itraconazole adalah obat kapsul. Kamu bisa memberikannya langsung pada kucing atau mencampurkannya dengan makanan.

Apa penyebab jamur pada kucing?

Menurut pakar hewan, penyebab jamur kucing paling mendasar adalah jamur yang ditularkan dari kucing lainnya. Penularan jamur ini dapat terjadi ketika kucing melakukan kontak fisik dengan kucing lain yang sudah terinfeksi terlebih dahulu. Penyebab jamur pada kucing yang kedua adalah faktor lingkungan.

Apakah jamur kucing berbahaya bagi manusia?

Dalam istilah medis, penyakit jamur kucing dikenal dengan nama dermatophytosis atau ringworm. Infeksi ini disebabkan oleh jamur Microsporum Canis (M. Canis). Celakanya, penyakit jamur kucing ini ternyata bisa menular kepada manusia.

Berapa lama proses penyembuhan jamur pada kucing?

Ringworm atau jamur sendiri sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi ini berlaku bagi kucing yang mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Penyakit ini cukup berbahaya karena bersifat kronis. Penyembuhannya lama dan memerlukan pengobatan selama 1—2 bulan atau lebih.

Apakah betadine bisa menyembuhkan jamur pada kucing?

Betadine dianggap efektif dalam mengobati jamur ringan. Anda juga dapat menggunakan semprotan jamur untuk kenyamanan, karena sangat mudah digunakan jika Anda menyemprot area yang penuh dengan jamur yang Anda semprotkan secara permanen ketika tubuh kucing Anda kering.

Suntik jamur kucing umur berapa?

Kucing yang berusia kurang dari 4 bulan sebaiknya tidak menerima suntikan jamur. Nah, teman, setiap tindakan yang menggunakan benda asing atau bahan kimia secara alami memiliki beberapa efek pada tubuh, termasuk penggunaan suntikan jamur ini.

jamur pada kucing
Jamur pada kucing

Penutup

Menjaga kesehatan hewan peliharaan kita, sama saja kita juga menjaga kesehatan kita sebagai pemilik kucing. Maka dari itu rutinlah juga untuk melakukan check-up rutin kucing peliharaan Anda ke dokter hewan dan memberinya makan yang bergizi. Agar kucing kesayangan Anda terhindar dari penyakit jamur pada kucing. Semoga artikel ini bermanfaat ya.