4 Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Posted on 9 views
Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir bisa dipelajari dengan melihat orang yang berpengalaman dalam merawat kucing. Simak Informasinya di artikel ini.
Bagikan artikel ini

Merawat anak kucing yang baru lahir bukanlah hal yang mudah, terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan, seperti cara memberikan makan yang berbeda dengan kucing dewasa. Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir bisa dipelajari dengan melihat orang yang berpengalaman dalam merawat kucing.

Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir
Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Kucing yang baru lahir sangatlah menggemaskan, namun mereka juga masih sensitif dalam berbagai hal.

Sebagai pecinta kucing, kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat anak kucing yang baru lahir dengan baik dan benar, seperti memperhatikan kesehatannya, menyeimbangkan nutrisi dalam tubuhnya, serta menerapkan cara memberi makan anak kucing yang baru lahir dengan benar.

1. Mengadopsi Kucing Yang Baru Lahir

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kamu berurusan dengan kucing yang baru lahir, mungkin kamu memutuskan untuk mengadopsi kucing tersebut atau kucing kesayangan kamu melahirkan anak-anaknya yang super lucu.

Apabila kamu mengadopsi kucing yang baru lahir, kamu bisa mencarikan mereka induk angkat kucing agar mereka bisa mendapatkan susu langsung dari induknya. Untuk melakukan hal ini, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk menemukan induk kucing yang sesuai dengan bayi-bayi kucing tersebut. Hal tersebut harus diperhatikan dalam cara memberi makan kucing baru lahir.

Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir
Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir

2. Pemilihan Induk Kucing

Mencari induk angkat adalah cara yang lebih baik agar bayi-bayi kucing bisa mendapatkan susu langsung dari seekor induk kucing, daripada memberikan mereka susu formula yang dibuat dalam botol.

Namun, tetap harus berhati-hati dengan pemilihan induk kucing, karena ada kejadian saat induk kucing bersedia menyusui, belum tentu kucing itu bersedia juga menerima anak-anak kucing yang disusui.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan hal ini kepada induk kucing. Usap bulu anak kandung kucing dari induk kucing tersebut, kemudian usapkan tangan kamu yang membawa bau anak kandung kucing itu ke anak kucing milik kamu.

Cara tersebut bisa menjadi solusi agar induk kucing dapat lebih menerima anak kucing kamu yang bukan anak kandungnya. Karena, induk kucing mengenali bau anak kandungnya sendiri, sehingga ketika anak kucing kamu juga memiliki bau yang sama dengan anak kandungnya, kemungkinan besar ia akan mengira bahwa anak kucing kamu adalah anak kandungnya.

Sehingga, proses menyusui antara anak kucing kamu dengan induk kucing angkat menjadi lebih mudah.

Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir
Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir

3. Pemberian Susu Terhadap Kucing

Berkaitan dengan cara memberi makan anak kucing yang baru lahir, kamu perlu memperhatikan mengenai persiapan memberikan susu.

Perlu diperhatikan bahwa anak kucing hanya bisa menerima kucing yang berasal dari kucing betina. Tidak boleh diberikan susu yang berasal dari sapi, hal itu bisa menyebabkan terjadinya diare dan dehidrasi pada anak kucing, fatalnya bisa menyebabkan pertumbuhan yang tidak baik.

Jika tidak bisa mendapatkan induk angkat kucing yang sesuai, kamu bisa membeli susu formula sebagai pengganti susu induk kucing betina. Kamu bisa membelinya di toko terdekat atau di e-commerce kesayangan kamu.

Beberapa produk susu kucing yang bisa menjadi rekomendasi, diantaranya Max Kitt Milk dan Growssy, selain itu kamu juga bisa bertanya pada dokter hewan mengenai susu kucing berkualitas yang bisa diberikan kepada anak-anak kucing baru lahir.

Sama halnya seperti susu bayi, kamu harus mengikuti takaran pada panduan yang tertera di kemasan. Biasanya, susu anak kucing dikemas dalam bentuk kaleng yang berupa bubuk atau cairan.

Perlu diperhatikan bahwa sebagai pecinta kucing, kamu harus berhati-hati dalam memilih susu kemasan, meski kamu telah memberikan merek susu yang berlabel susu kucing, bisa saja susu tersebut tidak cocok untuk kucing kamu.

Biasanya susu itu merupakan susu sapi yang dihilangkan kandungan laktosanya, dan dikelola sedemikian mungkin agar susu sapi tersebut dapat diminum oleh kucing dewasa, lebih untuk memenuhi keinginan memberikan susu kepada kucing ketimbang untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kucing.

Hal tersebut tidak berlaku pada cara memberi makan anak kucing yang baru lahir, karena dapat membahayakan kesehatan tubuh mereka.

Terdapat alternatif lain yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak bisa mendapatkan susu formula maupun susu asli dari induknya dalam waktu dekat, sedangkan anak-anak kucing membutuhkan asupan rutin.

Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir
Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir

4. Cara Alternatif Untuk Memberi Makan Anak Kucing

Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir ini adalah dengan memberikan satu sendok teh glukosa bubuk ke dalam cangkir yang telah diisi oleh air matang. Namun, cara ini hanya boleh dilakukan dalam keadaan urgent, satu kali saja. Jangan menerapkan cara memberi makan anak kucing yang baru lahir ini secara terus menerus kepada anak-anak kucing.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan air rebusan beras kepada anak kucing untuk pengganti susu. Caranya dengan merebus beras dengan air, dan menyaring cairannya. Cairan tersebut memiliki kandungan sedikit karbohidrat dan tidak membuat kucing buang air besar, sehingga dapat digunakan sebagai konsumsi sementara.

Memberikan cara alternatif tersebut menjadi solusi agar perut kucing tidak kosong atau mencegah anak kucing mengalami dehidrasi. Sebaiknya, berikan air tersebut untuk mengantisipasi sebelum kamu menemukan susu yang tepat dalam waktu dekat.

Pecinta kucing, kamu perlu memperhitungkan waktu dengan baik untuk memberikan asupan kepada anak-anak kucing, hal ini menjadi salah satu bagian terpenting dari cara memberi makan anak kucing yang baru lahir. Semakin muda usia kucing, maka mereka semakin memiliki metabolisme yang cepat, artinya kamu harus lebih sering memberi mereka makan.

Kamu harus memberikan perhatian lebih hingga kucing benar-benar dewasa dan bisa dialihkan ke makanan padat.

Pencegahan Terhadap Penyakit Anak Kucing

Selain menerapkan cara memberi makan anak kucing yang baru lahir dengan baik dan benar, kamu perlu memperhitungkan penyakit yang bisa hinggap pada anak kucing yang baru lahir, serta mempelajari cara mencegah dan merawatnya.

Anak kucing yang baru lahir memiliki imun yang lebih rentan daripada kucing dewasa, oleh sebab itu selain memastikan asupan nutrisinya terpenuhi, kamu juga perlu memberikan vaksin secara berkala.

Selain itu, perhatikan beberapa penyakit atau virus yang bisa dialami oleh anak-anak kucing, sebagai berikut :

1. Feline Rhinotracheitis

Penyakit ini disebabkan oleh Feline Herpes Virus-1 dan tergolong sebagai penyakit yang menular. Penularannya melalui kontak mata secara langsung atau dengan barang-barang yang sudah terkontaminasi.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah adanya batuk, serta demam yang tinggi, hingga mencapai 41 derajat Celcius. Selain itu, kitten atau anak kucing juga akan mengalami hilangnya nafsu makan, mata yang merah, dan kasus yang paling fatal untuk dijumpai adalah radang kornea.

Cara penanganannya adalah dengan memisahkan kitten yang terjangkit virus ini dari kucing-kucing lain agar tidak terjadi penularan. Sedangkan untuk bentuk pencegahannya adalah dengan melakukan vaksinasi secara rutin pada usia 8-10 minggu.

2. Feline Calicivirus

Merupakan penyakit yang termasuk dalam golongan cat flu. Bagi pecinta kucing yang belum mengetahui apa itu cat flu, pengertiannya adalah penyakit yang berupa kumpulan gejala yang menyerang organ respirasi bagian atas.

Gejalanya sangat mencemaskan, seperti adanya gangguan pernafasan pada kucing, luka di area bibir, serta sariawan di lidah dan gusi.

Pencegahan penyakit ini adalah dengan vaksinasi callvirus yang juga bisa mencegah terjadinya beberapa varian virus jenis ini.

Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir
Cara memberi makan anak kucing yang baru lahir

Tanya Jawab Seputar Cara Memberi Makan Anak Kucing Baru Lahir

Anak kucing baru lahir dikasih makan apa?

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Makanan anak kucing umur 1 bulan
– Cari Induk Pengganti. Langkah pertama yang harus Anda usahakan untuk memberikan makanan anak kucing umur 1 bulan adalah dengan mencarikan induk pengganti atau kucing yang masih menyusui
– Kitten Milk Replacer (KMR)
– Teh Glukosa Bubuk
– Tajin (Air Rebusan Beras)

Berapa kali ngasih makan anak kucing?

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Berilah dia 3 – 4 kali makan sehari sampai menginjak bulan keenam. Setelah itu, 2- 4 kali sehari sudah cukup untuk nafsu makannya. Ketika berumur 10 – 12 bulan, anak kucingmu sudah siap dengan pola makan anak kucing dewasa, kamu hanya perlu memberinya makan dua kali dalam sehari.

Apa makanan kucing kecil tanpa induk?

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Anak kucing masih membutuhkan susu induknya. Namun, karena induknya tidak ada, kita bisa memberikan susu khusus anak kucing. Perlu diingat, susu yang diberikan adalah susu khusus anak kucing. Sebab, jika diberikan susu yang biasa kita minum, pencernaan anak kucing itu bisa terganggu.

Apakah anak kucing yang baru lahir boleh dikasih air putih?

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Dalam cara memberi makan anak kucing yang baru lahir, sebaiknya kucing peliharaan enggak diberikan minuman lain selain air putih yang segar atau susu formula khusus untuk kucing, ya. Pemberian susu khusus kucing pun cuma perlu selagi kucing masih bayi dan perlu disapih. Setelah lepas sapih, sebaiknya kucing diberi minum air putih saja.

Anak kucing mulai makan pada umur berapa?

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Berikut adalah takaran makanan anak kucing sesuai dengan usianya: Usia 6–12 minggu, sebaiknya beri makan sebanyak 4 kali sehari. Usia 12 minggu ke atas, sebaiknya beri makan sebanyak 3 kali sehari. Usia 6 bulan, sebaiknya beri makan sebanyak 2 kali sehari.

Berapa kali kucing makan dalam 1 hari?

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Kucing dewasa perlu diberi makan sekali atau dua kali sehari. Sesuai dengan naluri nya, anak kucing dewasa akan lebih senang jika disajikan makanan segar, dengan suhu ruangan di mangkuk yang bersih miliknya.

Kenapa kucing minta makan terus?

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Jawaban sederhana untuk, “Mengapa kucing saya selalu lapar?” Sama seperti manusia, beberapa kucing akan banyak makan karena merasa bosan. Solusi untuk masalah ini adalah memberi kucing kamu lebih banyak rangsangan dan berhenti meninggalkan camilan untuk mengunyah, atau memberinya makan gratis, sepanjang hari.

Apakah kucing boleh makan makanan basah setiap hari?

Cara Memberi Makan Anak Kucing Yang Baru Lahir

Bukan itu saja, lho. Makanan basah dapat berujung pada munculnya masalah kesehatan pada gigi. Kucing yang terlalu sering diberikan makanan basah akan mengalami penumpukan sisa makanan di sela dan ujung gigi bagian dalam. Akibatnya, masalah plak pada gigi bisa saja muncul dan menimbulkan bau mulut.

Penutup

Virus adalah penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada anak kucing, oleh sebab itu sebagai pecinta kucing wajib memperhatikan vaksinasi yang rutin dan menerapkan dengan baik dan benar cara memberi makan anak kucing yang baru lahir.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Kucing Yang Cocok Bagi Kaum Pemula!