8 Manfaat Merawat Kucing Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mental Yang Jarang Diketahui

Posted on 5 views
Menurut beberapa studi ilmiah, memelihara binatang mampu memberikan dampak positif. Tak terkecuali dengan manfaat merawat kucing bagi kesehatan tubuh dan mental
Bagikan artikel ini

Menurut beberapa studi ilmiah, memelihara binatang mampu memberikan dampak positif. Tak terkecuali dengan manfaat merawat kucing bagi kesehatan tubuh dan juga mental. Apakah kamu tidak percaya?

Seperti yang diketahui, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang disukai oleh manusia. Mamalia karnivora ini pun memiliki penampilan yang lucu dan menggemaskan. Seperti kucing Persia, Anggora, Maine Coon dan masih banyak lagi lainnya.

Malahan karena lucunya, penampilan kucing tersebut tampak seperti boneka. Tubuhnya penuh bulu lebat dan lembut. Suka bermanja di dekat sang pemilik dan punya tingkah yang kerap membuat kita merasa terhibur.

manfaat merawat kucing
Manfaat merawat kucing

Akan tetapi, di balik kelucuan si kucing tersebut masih ada saja yang kurang setuju untuk memelihara binatang tersebut. Pasalnya mereka beranggapan bahwa memelihara kucing tidak bagus bagi kesehatan. Bahkan sering kali dikaitkan sebagai penyebab penyakit toksoplasmosis yang bisa membuat janin jadi keguguran. Sampai kemandulan bagi kaum perempuan.

Sementara, manfaat dalam merawat hewan karnivora menggemaskan ini bisa dirasakan. Bukan hanya sekedar melengkapi hobi, tapi juga baik bagi kesehatan tubuh dan mental. Hal ini pun sudah diteliti dalam berbagai studi. Hingga menghasilkan fakta-fakta unik dan menarik dari manfaat memelihara kucing di rumah.

8 Manfaat Merawat Kucing Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mental

Tahukah kamu, memelihara binatang kucing mampu memberikan segudang manfaat bagus bagi kesehatan tubuh dan mental. Penasaran apa saja manfaat merawat kucing? Simak berikut!

1. Menghilangkan stres

Manfaat merawat kucing yang pertama adalah menghilangkan stres. Soalnya, sewaktu kita memelihara binatang ini, kita akan menghabiskan banyak waktu bersama si kucing. Secara tidak langsung, otak bisa melepas hormon oksitosin dalam tubuh. Merupakan hormon yang berperan dalam menyusun rasa tenang dan rileks.

Manfaat merawat kucing
Manfaat merawat kucing

2. Membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh

Ada sebuah penelitian dari National Institutes of Health yang menyatakan bahwa anak-anak di bawah usia 1 tahun punya peluang kecil kena alergi karena interaksi dengan kucing. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa binatang ini mampu meningkatkan level kekebalan tubuh dan menjauhkan risiko alergi yang datang kapan saja.

3. Mencegah penyakit jantung

Tahukah kamu, ketika membelai dan mengelus bulu lembut kucing itu punya efek menenangkan? Interaksi tersebut mampu menurunkan tingkat stres dan kecemasan dalam diri. Sehingga, mereka yang memelihara kucing punya risiko serangan penyakit jantung 30 persen lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak merawat kucing.

4. Mengurangi risiko penyakit stroke

Ketika ada kucing di dalam rumah, maka kamu akan merasa senang melihat tingkah lucunya. Kamu juga bisa belajar sabar dengan memeliharanya. Ini artinya, merawat kucing bisa mengurangi risiko penyakit stroke. Sebab penyakit tersebut identik dengan kehidupan yang penuh tekanan dan tidak tenang.

Manfaat merawat kucing
Manfaat merawat kucing

5. Mengatasi rasa kesepian dalam diri

Sebagai manusia, kita pasti butuh teman bicara, mengobrol dan bermain. Namun, saat tidak ada orang lain yang bisa diajak untuk bercakap-cakap, kamu bisa menghalau rasa kesepian itu dengan memelihara kucing. Karena binatang ini suka diajak bermain, bahkan ia akan mengikuti dan mendekatimu.

Bahkan tidak sedikit para kucing yang lebih suka tidur bersama pemiliknya daripada di kandangnya sendiri. Seolah ia merasa senang bisa menemani sang pemilik. Wah, menggemaskan sekali ya, cara manjanya.

6. Turut serta menjaga lingkungan

Bagaimana mungkin manfaat merawat kucing bisa menjaga kebersihan lingkung? Tentu bisa, ini karena kebiasaan membersihkan rumah dan sekitarnya. Sebagai pemilik hewan peliharaan di rumah, harus menjaga kebersihan yang ada secara teratur. Jadi lingkungan sekitar yang ikut dibersihkan dapat terjaga dengan baik.

Di sisi lain, kucing sangat ditakuti oleh tikus. Alhasil, si kucing mampu menjaga rumah dari tikus-tikus yang mengganggu. Pasalnya, tikus itu sangat merugikan dan sulit untuk disingkirkan. Dengan memelihara kucing, kamu telah mencegah adanya tikus-tikus yang mungkin akan bersarang di sudut rumah.

Manfaat merawat kucing
Manfaat merawat kucing

7. Menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama makhluk hidup

Manfaat merawat kucing di rumah juga bisa menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama. Si kucing pun bisa merespons sikap dan tingkah lakumu. Kemudian, kemampuan dalam berinteraksi dan berkomunikasi terhadap si kucing pun akan semakin meningkat.

8. Hewan penyelamat

Sekalipun kucing memiliki tubuh kecil dengan tingkat kecerdasan yang tidak sama dengan manusia, tapi hewan ini dapat menjadi penyelamat yang hebat. Sebagai buktinya, sudah banyak cerita mengenai kucing-kucing yang menyelamatkan pemiliknya.

Ada banyak sekali manfaat merawat kucing bagi kesehatan tubuh dan mental, bukan? Apakah kamu turut merasakan dampak positif tersebut sebagai pemelihara hewan kucing di rumah? Atau kamu belum pernah sama sekali memelihara hewan karnivora ini?

Manfaat merawat kucing
Manfaat merawat kucing

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memelihara Kucing di Rumah

Tenang, jika kamu tertarik untuk memiliki kucing di rumah, kamu bisa memulainya dari sekarang. Tapi, sebelum itu, ada beberapa hal yang wajib diketahui. Seperti berikut!

  • Kandang

Tempat yang dimaksud adalah kandang kucing itu sendiri. Walaupun nantinya ia akan berada satu rumah, tapi kucing perlu kandang yang nyaman untuk tidur.

  • Kenali jenis kucing yang cocok untuk pemula

Sebetulnya, memelihara kucing di rumah tidak serumit yang dibayangkan. Kamu bisa pilih kucing jenis Anggora ataupun Persia. Kedua jenis kucing tersebut cocok untuk dipelihara bagi pemula. Perawatannya pun juga mudah dan bisa dijadikan teman di rumah.

  • Ketahui perawatan kucing

Karena kucing yang dipilih adalah kucing jenis tertentu, biasanya membutuhkan perawatan khusus. Misalkan saja perawatan kuku, bulu, telinga dan lainnya. Kamu bisa mempelajari hal tersebut terlebih dulu. Dengan begitu, ketika membeli kucing tidak canggung ataupun kaget.

  • Biaya tambahan

Kucing yang dipelihara tentu akan memerlukan makanan bahkan vitamin. Itu akan memakan biaya tertentu dan pastinya sudah dipersiapkan ya! Tenang, tidak mahal kok.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum nantinya memelihara kucing di rumah. Pemeliharaannya pun tidak sulit, malahan jauh lebih mudah daripada merawat anjing.

Manfaat merawat kucing sangat banyak, bukan? Kamu pun bisa berburu kucing untuk dipelihara di rumah. Bahkan segala keperluan binatang menggemaskan ini sangat lengkap. Mulai dari kandang, pasir untuk binatang, pakaian, toilet training, penutup kuku yang tajam, tempat duduk yang nyaman dan masih banyak lagi lainnya.

Keberadaan perlengkapan kucing yang semakin unik ini menjadi bukti bahwa ia sangat disukai oleh banyak orang. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu akan menjadi salah satu penggemar kucing terbaru?

Manfaat merawat kucing
Manfaat merawat kucing

Tanya Jawab Seputar Manfaat Memelihara Kucing

Apa manfaat memelihara kucing?

Manfaat Merawat Kucing

Sama seperti memelihara anjing, memelihara kucing juga mampu menurunkan tingkat stres. Riset menemukan pula bahwa memelihara kucing memberikan dampak pada risiko penyakit kardiovaskular atau jantung.

Apakah memelihara kucing mendatangkan rezeki?

Manfaat Merawat Kucing

Kucing merupakan hewan kesayangan Rasulullah SAW. Maka, tak heran apabila memelihara kucing bisa membukakan pintu rezeki selebar-lebarnya. Selain itu, dengan keutamaan memelihara kucing, kamu akan mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Apa keistimewaan kucing dalam Islam?

Manfaat Merawat Kucing

Kucing juga termasuk hewan yang suci, ini tertuang dalam hadis: “Kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu”. (HR Muslim). Kucing adalah binatang yang badan, keringat, bekas sisa makanan, serta air lirnya adalah suci.

Apakah memelihara kucing berbahaya bagi wanita?

Manfaat Merawat Kucing

Kucing seringkali dianggap sebagai penyebab penyakit toxoplasma yang mengganggu kehamilan dan menyebabkan cacat pada janin, juga penyebab kemandulan bagi kaum wanita.

Bagaimana cara berbicara dengan kucing?

Manfaat Merawat Kucing

Tips di bawah ini akan membantu Anda berkomunikasi dengan kucing
1. Memuji kucing. Untuk memuji kucing, gunakan nada bicara yang tinggi dan suara bahagia, serta berikan isyarat dengan satu tangan.
2. Melatih perilaku. Untuk memperbaiki perilakunya, gunakan suara tegas.
3. Mengajari batasan
4. Suara dan bahasa tubuh

Penutup

Ketika akan membeli kucing dan memeliharanya di rumah, jangan lupa untuk memberikan nama yang bagus ya. Kamu bisa menyebut-nyebut nama tersebut setiap kali memanggil si kucing. Dengan begitu, mereka akan terbiasa dengan sebutan nama yang kamu berikan. Wah, pasti lucu sekali ya!

Dari sederetan manfaat merawat kucing di atas, dapat disimpulkan bahwa kucing bukan sekedar hewan peliharaan biasa. Melainkan teman bermain yang dapat diajak berinteraksi bahkan berkomunikasi.

Baca juga : 6 Cara Merawat Kucing Yang Cocok Bagi Kaum Pemula!