Mengetahui Penyebab Kenapa Kucing Muntah dan Mencret dengan Jelas

Posted on
Selain memberikan perawatan,kamu harus mengetahui penyebab kenapa kucing muntah dan mencret. Jadi,kamu bisa mencegah agar hal ini tidak terjadi lagi ke depannya

Dalam memelihara kucing, kamu harus memperhatikan kesehatannya. Terkadang kucing menunjukkan gejala-gejala yang menunjukkan bahwa tubuhnya sedang tidak sehat. Gejala yang sering terjadi pada kucing adalah muntah dan mencret. Selain memberikan perawatan, kamu harus mengetahui penyebab kenapa kucing muntah dan mencret. Jadi, kamu bisa mencegah agar hal ini tidak terjadi lagi ke depannya.

Kenapa kucing muntah dan mencret
Kenapa kucing muntah dan mencret

Inilah Penyebab Kenapa Kucing Muntah dan Mencret dengan Jelas

Ada berbagai penyebab kenapa kucing muntah dan mencret. Penyebabnya bisa dari tubuh kucing, lingkungan, ataupun makanannya. Kamu harus bisa menganalisis apa penyebab gejala muntah dan mencret pada kucing walaupun keadaan kucing baik-baik saja agar bisa melakukan pencegahan sebelumnya. Jadi, perhatikan berbagai penyebab kucing muntah dan mencret berikut ini dengan baik.

1. Kucing Mengalami Alergi Makanan

Alergi menjadi salah satu penyebab kenapa kucing muntah dan mencret. Hal ini biasanya terjadi ketika kucing tidak cocok dengan makanan yang diberikan. Alergi makanan ini bisa menyebabkan gejala mencret maupun muntah. Bahkan, alergi makanan pada kucing bisa menyebabkan diare yang parah dalam jangka waktu lama bila tidak segera disadari. Karena itu pemilihan makanan untuk kucing menjadi sangat penting.

Kucing juga merupakan hewan yang sangat sensitif, jadi gejala muntah bisa langsung terlihat apabila alergi terhadap sesuatu. Perhatikan makanan yang telah kamu berikan apakah kira-kira sudah diberikan sebelumnya atau tidak. Jika tidak, maka lebih baik kamu tidak memberikan makanan itu lagi. Apabila sudah pernah diberikan sebelumnya, maka ada berbagai faktor lain yang menimbulkan alergi pada kucing.

Berbagai faktor dalam makanan yang menjadi penyebab kenapa kucing muntah dan mencret terdiri dari berbagai hal. Misalkan dalam makanan terdapat bakteri yang memicu alergi ataupun makanan sudah membusuk. Kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut dengan menemui dokter hewan yang terpercaya. Di sana, kamu pasti mendapat penjelasan dengan jelas mengenai makanan yang aman untuk kucing.

Baca Juga :  Pelajari Ilmu Cara Ternak Kambing dari 0 Sampai Sukses
Kenapa kucing muntah dan mencret
Kenapa kucing muntah dan mencret

2. Kucing Terinfeksi Virus dan Bakteri

Berbagai bahan kimia yang mengandung racun sangat memungkinkan jika dikonsumsi oleh kucing. Hal ini dikarenakan kucing merupakan tipe hewan yang mudah memakan segala sesuatu tanpa tahu kandungan di dalamnya. Kebanyakan kasus infeksi virus dan bakteri terjadi pada makanan yang sudah terkontaminasi dengan zat-zat kimia sehingga menjadikannya berbahaya untuk dikonsumsi oleh kucing.

Virus dan bakteri menjadi penyebab kenapa kucing muntah dan mencret. Ketika kucing terinfeksi virus dan bakteri, kamu harus segera merawatnya. Carilah obat antibiotik yang kira-kira aman untuk digunakan. Untuk mencari obat ini sebaiknya kamu bertanya kepada ahli medis hewan. Selain itu, kamu bisa membawa kucing ke dokter agar bisa diberikan penanganan yang tepat. Jadi, kondisi kucing akan aman.

Kamu sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter mengenai infeksi virus dan bakteri pada kucing. Karena selain makanan, ada berbagai faktor lain yang menyebabkan infeksi tersebut seperti lingkungan. Dokter hewan akan memberikan saran mengenai hal-hal yang seharusnya diperhatikan. Dengan begitu, kamu akan mengerti dan ke depannya melakukan pencegahan agar tidak terinfeksi virus dan bakteri kembali.

3. Adanya Parasit dalam Kucing

Parasit dalam tubuh kucing ini menjadi salah satu penyebab kenapa kucing muntah dan mencret. Parasit ini erat kaitannya dengan infeksi virus dan bakteri. Organ tubuh kucing yang rentan terkena penyakit adalah usus. Hal ini dikarenakan kucing mengonsumsi makanan yang tidak steril sehingga menyebabkan berbagai bakteri masuk. Bakteri yang masuk akan menempel pada usus sehingga menjadi parasit di dalamnya.

Selain muntah dan mencret, parasit juga bisa menyebabkan anemia. Hal ini tentu sangat membahayakan kesehatan kucing. Salah satu gejala parasit yang mudah dilihat adalah ketika kucing muntah dan mencret mengeluarkan cacing. Cacing juga merupakan bukti bahwa di dalam usus kucing terdapat parasit. Berbagai cacing yang ada dalam usus kucing bisa menyebabkan kucing kekurangan nutrisi untuk tubuhnya.

Jika kamu menemukan gejala tersebut, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter agar bisa diberikan onat yang tepat. Jangan mencoba mengobatinya sendiri karena jika salah langkah bisa berakibat fatal. Selain itu, perhatikan lingkungan dan juga makanan yang dikonsumsi oleh kucing apakah sudah steril atau belum. Kalau belum, kamu harus merubahnya menjadi steril sehingga ke depannya menjadi aman untuk kucing.

Baca Juga :  Mencari Berbagai Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret dengan Tepat
Kenapa kucing muntah dan mencret
Kenapa kucing muntah dan mencret

4. Adanya Gangguan pada Hati dan Ginjal

Gangguan organ hati dan ginjal menjadi kemungkinan kenapa kucing muntah dan mencret. Hal ini memungkinkan karena kedua organ tersebut menjadi penyaring makanan yang telah dikonsumsi oleh kucing. Jika terdapat masalah muntah dan mencret, ada kemungkinan hati dan ginjal mengalami gangguan. Gangguan organ hati dan ginjal bisa membuat penyakit kucing jauh lebih berbahaya.

Walaupun gangguan kedua organ ini hanya kemungkinan, bisa saja hal ini menjadi penyebab kenapa kucing muntah dan mencret. Untuk memastikannya, kamu bisa ke dokter hewan untuk melakukan diagnosis secepatnya terhadap fungsi kedua organ tersebut. Dokter akan memberikan berbagai tes medis untuk mengecek apakah hati dan ginjal benar-benar mengalami gangguan atau tidak.

Ketika hasil tes menunjukkan hati dan ginjal tidak ada masalah, maka penyebab kucing mencret dan  muntah adalah hal lain. Sebaliknya, jika hasil tes menunjukkan kedua organ tersebut bermasalah maka harus ada tindakan medis yang cepat dan tepat agar kerusakannya tidak semakin parah. Hal ini harus dilakukan karena kedua organ ini sangat vital peranannya bagi kesehatan kucing untuk ke depannya.

Kenapa kucing muntah dan mencret
Kenapa kucing muntah dan mencret

5. Kucing Tidak Sengaja Mengonsumsi Makanan yang Busuk

Terkadang kucing tidak mengetahui apa saja yang telah dikonsumsi olehnya. Jika kucing tidak sengaja mengonsumsi makanan busuk, maka hal ini bisa menjadi penyebab gejala muntah dan mencret. Hal ini bisa jadi dikarenakan kamu kurang mengawasi makanan yang dikonsumsi sehingga kucing dengan bebas mencari makanan sendiri. Tentu saja hal ini juga membuat kucing mengonsumsi makanan yang busuk.

Makanan yang busuk juga menjadi penyebab kenapa kucing muntah dan mencret. Hal ini berkaitan erat dengan infeksi virus dan bakteri. Jika kamu mengetahui kucing mengalami gejala muntah dan mencret akibat makanan busuk, segera singkirkan makanan itu. Selain itu, kamu juga harus mengusahakan agar kucing tidak mengonsumsinya kembali dengan menjauhkan makanan busuk dari tempat tinggalnya.

Jika kucing terlanjur terkena muntah dan mencret akibat makanan busuk, kamu bisa memeriksakannya ke dokter hewan. Dengan pergi ke dokter hewan, kucing akan mendapatkan perawatan dan obat yang tepat. Jadi, kucing bisa sembuh lebih cepat.

Baca Juga :  Cara Merawat Anak Kucing Umur 2 Bulan Dengan Baik Dan Benar
Kenapa kucing muntah dan mencret
Kenapa kucing muntah dan mencret

Tanya Jawab Seputar Kenapa Kucing Muntah dan Mencret

Kucing muntah dan mencret obatnya apa?

Oralit khusus hewan. Memberikan oralit cukup efektif menyembuhkan kucing yang diare, sebab oralit memang khusus untuk mengurangi frekuensi buang air besar yang berlebihan.

Apa penyebab kucing muntah dan mencret?

Seperti manusia, kucing memiliki bakteri normal dan sehat yang hidup di ususnya dan membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Namun, jika terjadi pertumbuhan berlebih dari bakteri “jahat” karena infeksi, fungsi normal usus sangat terpengaruh, yang menyebabkan kucing muntah dan kucing mencret.

Bagaimana cara mengatasi kucing yang muntah?

Setelah kucing muntah, cobalah untuk mengistirahatkan perut kucing dengan tidak memberi makan atau minum selama 12–18 jam. Sebagai gantinya, berikan kucing beberapa sendok makan air setiap 30 menit atau menjilati es batu. Setelah 12 jam, coba lihat apakah kucing membaik dan tidak mengalami muntah kembali.

Bolehkah kucing mencret diberi obat cacing?

Saat kucing terkena diare, kamu juga bisa memberikan obat cacing khusus kucing. Soalnya, bisa saja kucing peliharaanmu memang cacingan, Kids. Nah, padahal cacing pada kucing bisa menyebabkan diare.

Apakah kucing diare bisa sembuh sendiri?

Cat owner pastinya akan merasa khawatir saat kucing kesayangan mengalami diare. Meskipun sebagian besar mereka akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa jam, tapi jangan diremehkan. Pasalnya, tanpa perawatan yang tepat kucing bisa mengalami dehidrasi.

Kenapa kucing mencret dan apa obatnya?

Salah satu penyebab kucing mencret yang paling sering terjadi adalah infeksi bakteri dan virus. Adapun salah satu virus yang harus diwaspadai adalah panleukopenia. Infeksi bakteri dan virus pada saluran pencernaan bisa membuat kucing mengalami dehidrasi, penurunan berat badan, muntah-muntah, hingga diare.

Kenapa kucing muntah mencret dan tidak mau makan?

Biasanya, penurunan nafsu makan akan menjadi salah satu tanda pertama adanya masalah sistem pencernaan, kemudian dilanjut dengan diare serta muntah. Masalahnya bisa berkisar dari refluks asam, tumor, ketidakseimbangan bakteri usus, parasit, penyakit iritasi usus besar, dan masalah lainnya.

Apa yang harus dilakukan jika kucing mencret?

1. Ganti makanan kucing. Tidak perlu mempertahankan makanan kucing jika membuat kucing Anda diare
2. Serat
3. Mendorong asupan air dan elektrolit
4. Probiotik
5. Obat antidiare

Kenapa kucing ga mau makan dan muntah?

Masalah dengan perut, usus, pankreas, atau bagian lain dari sistem pencernaan kucing dapat menyebabkan kucing berhenti makan. Kucing Anda mungkin juga muntah dan mengalami diare atau sakit perut di samping masalah pencernaan.

Penutup

Itulah berbagai penyebab kenapa kucing muntah dan mencret. Setelah memperhatikan berbagai penyebab di atas dengan baik, kamu tentu sudah tahu bagaimana mencegah agar penyakit diare dan mencret tidak terjadi pada kucing. Pada dasarnya mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Dengan melakukan pencegahan, kamu bisa memelihara kucing dengan tenang dan nyaman tanpa perlu ada rasa khawatir.

Baca juga : Cara Merawat Kucing Ras untuk Pemula Lengkap dan Mudah