Kucing Bengal: Asal Mula, Ciri Karakteristik, Harga Dan Cara Merawatnya

Posted on 76 views
Kucing Bengal berasal dari persilangan domestik shorthairs dengan Asian leopard cat. Membahas tentang ✓ Asal Mula ✓ Ciri ✓ Karakter ✓ Harga ✓ Cara Merawat
Bagikan artikel ini

Kucing memang menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang paling dicari dengan keunikannya yang bersifat manja, suka bermain serta menggemaskan. Begitu juga dengan ras kucing bengal yang cukup banyak digemari di dunia. Karena warna unik dan corak totol-totol seperti macan tutul membuat kucing ini terlihat sangat eksotis. Kucing ini berasal dari persilangan daerah domestik shorthairs dengan Asian leopard cat. Kucing ini juga terkenal sebagai kucing yang aktif bergerak dan sangat cerdas. Tak hanya itu mereka juga sangat senang bermain seperti memanjat bahkan bermain dengan air.

Kucing Bengal
Perawatan kucing Bengal

Asal Mula Ras Kucing Bengal

Kucing ini berasal dari campuran berbagai jenis seperti American Shorthair, Abyssinian, Asian Leopard, Burmese, dan Egyptian Mau. Pada tahun 1960 California’s Jean Mills melakukan penelitian mengenai penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kucing seperti leukemia dan penyakit kanker lainnya. Saat penelitian ini dilakukan, ditemukanlah bahwa kucing liar seperti singa dan harimau ternyata kebal terhadap beberapa penyakit. Sehingga kucing Asian Leopard  dikembangbiakkan untuk mendapatkan pemahaman mengenai sistem imun agar mampu melindungi dirinya sendiri dari berbagai penyakit.

Dan pada tahun 1963, Mrs Mills, melakukan perkawinan silang antara kucing Asian leopard betina dengan kucing hitam lokal. Dari perkawinan ini menghasilkan anak-anak kucing yang kuat dengan corak berbintik. Dan setelah itu salah satu dari anak kucing betina berbintik dikawinkan kembali dengan sang ayah kucing hitam sehingga menghasilkan anak-anak kucing bertutul. Dan saat menjadi awal munculnya ras kucing bengal.

Karakteristik Si Kucing

1. Badan Atletik

Kucing liar satu ini bukan hewan peliharaan atau kucing yang mungil seperti hewan peliharaan pada umumya. Tapi juga tidak sebesar kucing giant Maine Coon yaitu masih memiliki tubuh yang berotot dan terlihat atletis. Kucing ini biasanya bisa mencapai berat tubuh hingga 8-15 pound.

2. Punya Banyak Energi

Kucing ini adalah salah satu kucing yang memiliki energi paling banyak. Sehingga menjadikan kucing ini sangat aktif dan hampir selalu aktif bergerak. Tak hanya itu mereka juga memiliki fokus yang baik dan dikatakan memiliki sifat yang cenderung waspada untuk bertahan hidup. Bengal suka bermain dengan manusia dan akan menyuarakan keinginan mereka untuk berinteraksi dengan para adopsi kucing bengal.

3. Menyukai Air

Jika kebanyakan kucing takut dengan air, berbeda halnya dengan Bengal yang memiliki kegemaran unik yaitu senang bermain di air.

4. Bulu Yang Unik dan Berkilau

Bengal memiliki bulu dengan bintik-bintik yang mirip sekali seperti macan tutul, hal ini menjadikan mereka menjadi kucing hutan yang berpenampilan eksotis. Menjadi satu-satunya ras kucing domestik dengan tanda rosette yaitu motif seperti bunga mawar pada bulu nya. Bintik-bintik ini bisa bermacam-macam warna yaitu perpaduan warna dari hitam, kuning tua, dan cokelat. Jika dilihat lebih seksama bulu Bengal tampak memiliki warna yang berkilau atau glittering. sifat unik satu ini dipercaya semakin meningkatkan keindahan kucing jenis Bengal.

5. Suka Berinteraksi

Kucing Bengal biasanya selalu berinteraksi dengan konsisten, sehingga dijuluki sebagai hewan sosial yang senang menghabiskan waktu bersama pemiliknya. Pada kasus ini jika kamu tidak memberikan perhatian atau aktivitas yang cukup kepada Bengal untuk membuatnya sibuk, kucing ini akan menemukan atau hal-hal dalam upaya untuk menghibur dirinya sendiri.

6. Mudah Di Latih

Kucing ini termasuk salah satu jenis kucing yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Mereka akan mempelajari trik baru, dan mampu melakukan perintah sederhana seperti mengambil mainan selama mendapat pelatihan. Kucing ini bahkan dapat dilatih agar bisa berjalan bersama pemiliknya dengan tali di lehernya.

Kucing Bengal
Perawatan kucing Bengal

Harga Kucing Bengal

Berikut ini daftar harga kucing yang dapat menjadi referensi kamu jika ingin memelihara kucing jenis bengal:

NoJenisUsiaHarga
1Bengal Silver Marble Mix Oriental Siam7 bulanRp 2.500.000
2Bengal Anakan2,5 bulanRp 5.000.000
3Bengal Import Bersertifikat Jumbo3 bulanRp 10.000.000 – Rp 15.000.000
4Bengal Putih7 bulanRp 15.000.000
5Bengal Murni3-6 bulanRp 10.000.000 – Rp 40.000.000
Kucing Bengal
Perawatan kucing Bengal

Cara Merawat Kucing Bengal

Karena memiliki karakteristik kucing yang liar dan sulit diatur, maka cara perawatannya sedikit berbeda dengan kucing atau hewan peliharaan lainnya. Berikut adalah beberapa cara merawat kucing bengal.

1. Rutin Membersihkan

Bulu kucing ini harus dirawat secara rutin agar warna bulu dan kesehatan kulit kucing terjaga. Kamu bisa melakukan menyikat si kucing dengan menggunakan sikat khusus bulu kucing. Lakukan penyikatan ini secara lembut selama 5 menit saja, sehingga membuat kucing nyaman. Cara ini bertujuan agar kotoran yang terdapat pada bulu kucing tersebut hilang.

Kamu juga dapat memandikan kucing ini. Karena kucing ini yang memiliki sifat tidak takut dengan air sehingga mempermudah kamu dalam memandikan kucing ini meskipun sendiri. Setelah mandi kamu juga dapat menyisir bulu kucing secara lembut dimana hal ini bisa membuat corak pola dari bengal terlihat lebih cerah dan berkilau.

2. Makanan Kucing Bengal

Kucing ini diberi makanan seperti kucing biasa pada umumya. Tetapi wajib diperhatikan juga untuk masalah nutrisi makanan, dapat memberikan pengaruh terhadap daya tahan kucing jenis bengal. Pemberian nutrisi yang cukup juga bisa membuat pertumbuhan yang baik pada si kucing, dan juga tidak mudah terserang penyakit.

3. Ajak Bermain dan Jalan-jalan

Karena dikategorikan sebagai kucing hutan, tentunya kucing ini memiliki sifat yang aktif dan liar. Agar  sifat alami dari si kucing yang aktif tersebut tetap terjaga, maka kamu bisa mengajaknya bermain seperti melompat, dan berlari. Hal ini akan membuat si kucing menjadi merasa nyaman dan memiliki tubuh yang lebih sehat.

Tak hanya mengajak main, kamu juga bisa mengajak kucing berjalan-jalan ke luar rumah. Hal ini dapat memberikan kucing menjadi lebih mengenal lingkungannya dan membuat hubungan kamu dan kucing lebih dekat. Namun perhatikan juga ajak kucing bengal ini ke tempat-tempat yang aman dan juga bersih.

Ras kucing jenis bengal memang merupakan kucing yang unik dimana hanya satu-satunya jenis kucing yang berbintik dimana berasal langsung dari kucing Asian leopard. Tujuan dari hasil perkawinan yang menghasilkan kucing jenis Bengal ini adalah untuk menciptakan kembali corak dari leluhurnya terdahulu, namun dalam tubuh kucing lokal. Si kucing ini memiliki warna dan corak yang indah sehingga menempatkan mereka pada kategori kucing yang unik.

Kucing ini cocok untuk kebanyakan orang dan gaya hidup mereka karena bersifat menyenangkan. Tapi perlu diperhatikan bahwa kucing ini termasuk tipe kucing yang gaduh, aktif dan senang bermain. Kucing ini biasanya selalu ingin menjadi bos atau bersifat bossy, karena untuk merawat mereka pastikan harus seseorang yang bisa menangani tingkah laku mereka.

Kucing Bengal
Perawatan kucing Bengal

Tanya Jawab Seputar Kucing Bengal

Apa makanan Bengal?

Kucing Bengal

Seperti halnya jenis kucing yang lain, berikan kucing Bengal makanan kucing berkualitas tinggi, baik jenis makanan basah (mis. makanan kalengan atau kantong) atau makanan kering (pelet). Ikuti petunjuk pemberian makanan yang tertera pada bagian belakang kemasan untuk mengetahui jumlah awal yang perlu diberikan.

Kenapa Bengal mahal?

Kucing Bengal

Harga Kucing Bengal yang mahal bisa dikarenakan beberapa hal, yaitu keturunan, kualitas, usia, dan permintaan. Kualitas tersebut bisa terlihat dari perilaku Kucing Bengal. Kucing Bengal yang sehat, penuh energi, memiliki bulu yang lembut dan mata yang indah pastinya dibesarkan oleh peternak yang bagus.

Apakah kucing bengal berbahaya?

Kucing Bengal

Mungkin Anda juga mengira kucing Bengal masih memiliki sisi liar dan berbahaya, meskipun mereka sebenarnya tidak memiliki gen harimau ganas itu. Faktanya, kucing Bengal yang besar ini tidak berbahaya sama sekali, sama halnya dengan kucing rumahan biasa.

Apakah kucing bengal boleh dipelihara?

Kucing Bengal

Kucing dengan motif seperti macan tutul ini sering mendapat perhatian karena pola rambutnya yang unik. … ini juga sering kita kenal dengan sebutan kucing hutan. Namun, tidak seperti kucing hutan yang dilindungi dan tidak boleh dipelihara, kucing Bengal adalah kucing yang legal dipelihara karena sudah terdomestikasi.

Dari mana asal kucing Bengal?

Kucing Bengal

Kucing Bengal berasal dari Amerika Serikat

Kucing Bengal
Perawatan kucing Bengal

Penutup

Kucing jenis bengal ini juga sangatlah pintar dan mudah untuk di latih dengan beberapa perintah dasar, seperti mengikuti petunjuk dan mereka akan datang ketika dipanggil oleh sang pemilik. Jika kamu menginginkan kucing yang ramah dan penyayang dan memiliki kisah awal yang menarik, kamu bisa menjadikan kucing bengal ini menjadi salah satu pilihan untuk dipelihara.

Baca Juga : Kucing Himalaya: Sejarah, Ciri-Ciri, Cara Merawat, Makanan Hingga Harganya