Mencari Berbagai Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret dengan Tepat

Posted on 20 views
Kamu harus mencari apa saja yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan mencret sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan.
Bagikan artikel ini

Terkadang terdapat berbagai masalah yang harus dihadapi ketika kamu merawat kucing. Salah satu masalah yang kerap kali muncul adalah gejala penyakit seperti tidak mau makan dan mencret. Kedua gejala penyakit tersebut memang sudah umum dialami oleh kucing. Kamu harus mencari apa saja yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan mencret sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan.

Kucing tidak mau makan dan mencret
Kucing tidak mau makan dan mencret

Inilah Berbagai Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Mencret dengan Tepat

Mengetahui penyebab kucing tidak mau makan dan mencret sangat penting karena kamu bisa melakukan pencegahan agar ke depannya tidak terjadi lagi. Sebaiknya kamu mengetahui berbagai penyebab ini dari awal sekalipun kucing masih sehat agar bisa semakin waspada dalam memelihara kucing. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal yang menyebabkan kucing tidak mau makan dan mencret berikut ini dengan cermat.

1. Makanan Untuk Kucing Sudah Basi dan Tidak Layak Konsumsi

Salah satu hal yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan mencret adalah kualitas pakan itu sendiri. Kamu harus memperhatikan apakah makanan yang diberikan kepada kucing masih layak untuk dikonsumsi atau tidak. Hal ini yang terkadang kurang menjadi perhatian para pemilik sehingga kucing akan kehilangan nafsu makannya dan mengalami mencret. Jadi, perhatikan kualitas makanan untuk kucing.

Makanan yang sudah basi biasanya membuat kucing enggan untuk mengonsumsinya. Indra penciuman kucing yang peka tentu akan memberikan sinyal bahwa makanan sudah tidak bisa dikonsumsi. Hal ini tentu sangat merugikan karena hilangnya nafsu makan kucing membuatnya kekurangan nutrisi. Jika kucing kekurangan nutrisi, maka tubuhnya akan melemah dan mudah terkena berbagai penyakit.

Selain nafsu makan berkurang, makanan yang basi juga menyebabkan mencret, Hal ini dikarenakan kualitas makanan yang tidak layak konsumsi biasanya banyak bakteri yang bisa mengganggu sistem pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan kucing mengalami mencret. Oleh karena itu, mulai dari sekarang perhatikan kualitas makanan kucing dari bau, tekstur, dan tanggal kadaluarsa agar aman untuk dikonsumsi.

2. Kucing Tidak Sengaja Menelan Benda Asing

Terkadang pemilik kucing kurang cermat memperhatikan kucing sehingga hewan tersebut menelan benda asing yang bisa mengganggu kesehatannya. Hal ini menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan dan mencret. Benda asing yang seharusnya tidak dikonsumsi membuat sistem pencernaan terganggu karena tidak dapat dicerna dengan baik sehingga memunculkan berbagai gejala penyakit pada kucing.

Ketika benda asing yang tidak dikonsumsi berada di dalam tubuh kucing, maka proses pencernaannya akan terganggu dan menghilangkan nafsu makannya. Selain itu, kucing juga bisa mengalami mencret akibat benda asing di dalam tubuhnya. Benda asing ini menghambat proses pencernaan makanan dalam tubuh kucing sehingga membuatnya mengalami mencret.

Untuk ke depannya, kamu harus memperhatikan salah satu penyebab kucing tidak mau makan dan mencret yang satu ini. Hal ini banyak terjadi karena kelalaian pemilik kucing dalam proses pemeliharaannya. Perhatikan area tempat tinggal kucing, pastikan steril dan bebas dari benda asing yang kemungkinan bisa dikonsumsi kucing. Lingkungan yang steril akan membuat kesehatan kucing dapat terjaga dengan baik.

Kucing tidak mau makan dan mencret
Kucing tidak mau makan dan mencret

3. Kucing Mengalami Infeksi Bakteri dan Virus

Lingkungan tempat tinggal kucing yang tidak steril bisa memunculkan berbagai bakteri dan virus. Inilah yang menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan dan mencret. Selain lingkungan tempat tinggal, makanan yang kurang steril bisa juga mengandung bakteri dan virus. Apabila kamu sebagai pemilik kucing tidak menyadarinya, maka hal ini bisa memunculkan gejala penyakit untuk ke depannya.

Bakteri dan Virus bisa menyebabkan kucing kehilangan nafsu makannya karena mengganggu sistem pencernaan kucing. Jika kucing kehilangan nafsu makannya, maka nutrisinya akan berkurang dan daya tubuhnya menjadi lemah. Hal ini tentu akan membuat kucing rentan terinfeksi bakteri dan virus untuk ke depannya sehingga harus segera diatasi agar tidak semakin membahayakan kesehatannya.

Selain menyebabkan nafsu makan berkurang, infeksi bakteri dan virus juga bisa menyebabkan kucing mengalami gejala mencret. Hal ini dikarenakan bakteri dan virus menyerang sistem pencernaan sehingga mengganggu prosesnya. Oleh karena itu, mulai sekarang perhatikan lingkungan tempat tinggal dan kualitas makanan kucing. Pastikan kedua hal tersebut steril serta bebas dari bakteri dan juga virus.

4. Terjadi Peradangan Usus pada Kucing

Peradangan usus juga yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan mencret. Penyakit ini memiliki keterkaitan erat dengan sistem pencernaan kucing. Salah satu tanda terjadi peradangan usus pada kucing adalah kotorannya mengandung darah. Hal ini menjadi masalah yang serius bagi kesehatan kucing jika tidak segera diantisipasi dengan tepat dan benar.

Peradangan usus juga membuat kucing mengalami kesakitan yang luar biasa. Hal inilah yang membuat kucing tidak nafsu makan. Selain itu, peradangan usus juga bisa membuat kucing mengalami mencret. Oleh karena itu, hal ini kemungkinan besar menyebabkannya sulit makan dan mencret apabila makanan beserta lingkungan tempat tinggal kucing masih steril.

Penyakit ini biasanya terjadi pada kucing yang oleh pemiliknya belum divaksin. Dalam pemeliharaan kucing, proses pemberian vaksin menjadi sangat penting karena bisa melindungi tubuhnya dari berbagai macam penyakit. Jika kamu bisa melakukan vaksinasi pada kucing sebagai tindakan pencegahan agar tidak terjadi peradangan usus dan berbagai penyakit lain untuk ke depannya.

Kucing tidak mau makan dan mencret
Kucing tidak mau makan dan mencret

5. Kucing Mengalami Gangguan pada Ginjal

Ginjal menjadi salah satu organ yang penting dalam sistem pencernaan kucing karena berfungsi sebagai penyaring makanan. Gangguan pada ginjal bisa menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan dan mencret. Gejala yang menjadi indikasi ginjal kucing mengalami gangguan adalah diare atau mencret. Hal ini juga yang membuat tubuh kucing kekurangan cairan sehingga nutrisinya tidak terpenuhi.

Selain mencret, gangguan ginjal juga menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Hal ini berkaitan erat dengan sistem pencernaannya yang juga terganggu. Hal ini pada umumnya terjadi karena kucing kekurangan air minum. Jadi, untuk kedepannya pastikan kebutuhan air minum untuk kucing terpenuhi agar ginjal kucing aman dan tidak terjadi gangguan.

6. Makanan yang Diberikan Tidak Sesuai dengan Selera Kucing

Selera makan kucing sangat berpengaruh terhadap jenis pakan yang dikonsumsinya. Kehilangan selera makan pada kucing menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan dan mencret. Hal tersebut bisa diakibatkan kualitas makanan yang buruk ataupun komposisi penyusunnya berbeda. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik makanan yang akan diberikan dari kualitas maupun komposisi di dalamnya.

Kucing tidak mau makan dan mencret
Kucing tidak mau makan dan mencret

Penutup

Keenam hal tersebut yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan mencret. Kamu bisa mempelajari berbagai penyebab ini dengan cermat untuk mengantisipasi agar gejala sulit makan dan mencret tidak terjadi kepada kucing, Jika kamu bisa melakukan pencegahan, maka tidak perlu lagi khawatir lagi ketika merawat kucing karena berbagai penyebab penyakti sudah diantisipasi sejak awal.

Baca Juga :
6 Cara Merawat Kucing Yang Cocok Bagi Kaum Pemula!