Cara Merawat Kucing Ras untuk Pemula Lengkap dan Mudah

Posted on 136 views
Bagikan artikel ini

Bingung bagaimana merawat kucing ras karena baru pertama merawat kucing? Cara merawat kucing ras di bawah ini akan membantu kamu.

Kucing terkenal dapat membersihkan dirinya sendiri, sehingga banyak yang menyebutnya hewan bersih. Kucing ras memiliki keunikannya karena bulunya yang tebal serta bentuk muka yang menggemaskan. Walaupun banyak kelebihannya, kucing ras terkenal dengan lemahnya fisik kucing tersebut.

Cara merawat kucing ras
Cara merawat kucing ras

Untuk membantu merawat kucing ras agar tidak cepat mati, berikut adalah cara perawatan kucing ras:

Cara Merawat Kucing Ras

1. Membersihkan lingkungan bermain si kucing

Langkah selanjutnya dalam cara merawat kucing ras adalah membersihkan tempat kucing kamu bermain. Terkadang kucing suka bermain di satu sudut ruangan.

Kamu harus sering menyapu dan mengepel tempat dimana kucing rasmu sering bermain. Selain untuk menjaga kesehatan kucingmu, hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan penghuni rumah lainnya.

Jika kucingmu selalu dikandang, kamu juga harus memastikan membersihkan kandang kucing secara rutin.

2. Menyiapkan tempat untuk si kucing buang air besar dan kecil

Cara merawat kucing ras selanjutnya adalah dengan menyediakan tempat untuk kucingmu buang air besar dan kecil. Biasanya siapkan litter box dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran kucingmu.

Siapkan juga pasir khusus kucing agar mempermudah kamu dalam membersihkannya. Buang kotoran kucing rasmu secara rutin untuk menjaga kebersihannya. Jangan lupa untuk mencuci atau mengganti pasir pada litter box setiap seminggu sekali agar kebersihan dan kesehatannya tetap terjaga ya.

Cara merawat kucing ras
Cara merawat kucing ras

3. Memandikan kucing

Memandikan kucing ras dan kampung tentu saja akan berbeda. Kucing kampung tidak memiliki bulu yang tebal seperti kucing ras pada umumnya.

Bulu yang tebal pada kucing ras membuatnya akan semakin cepat kotor. Untuk itu, kamu juga harus rajin memandikannya. Pilihlah shampoo khusus sesuai kebutuhan bulu kucing rasmu.

Kamu bisa memilih merek shampoo kucing terkenal seperti Virbac Sebazole, Shampoo Miconazole, D&C Shampoo, dan Armani Flea Tick & Aroma Theraphy.

Mandikanlah kucing rasmu minimal seminggu sekali untuk merawat kebersihan bulu. Jika kamu memiliki budget yang lebih, kamu bisa juga menyewa jasa pada pet shop untuk mandi dan melakukan perawatan.

4. Menyiapkan tempat makan dan minum

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah menyiapkan tempat makan dan minum untuk kucing rasmu. Ada berbagai macam pilihan yang dilihat dari bentuk dan bahan pembuatan.

Kamu bisa memilih tempat makan yang datar dan tidak terlalu cekung. Bentuk muka kucing ras dan lidah yang pendek membuat kucing ras kesulitan jika diberi tempat makan yang cekung.

5. Perhatikan kandungan makanan

Cara merawat kucing ras selanjutnya adalah dengan memperhatikan kandungan pada makanan si kucing. Tentu kamu ingin kucing rasmu selalu sehat dan prima bukan?

Berikan makanan yang mengandung banyak vitamin dan protein. Kamu bisa menanyakannya pada petugas pet shop untuk menanyakan kandungan pada merek makanan kucing. Berikan kucing ras mu makan sehari 3-4 kali.

Akan lebih baik jika kamu dapat memberikan makan kucing rasmu dengan mencampur jenis makanan basah dan kering.

Cara merawat kucing ras
Cara merawat kucing ras

6. Memberikan vaksin

Vaksin adalah salah satu cara merawat kucing ras yang penting. Kamu bisa membuat jadwal vaksin pada vet terdekat. Sebelum itu, ada baiknya melakukan konsultasi dan pemeriksaan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kucingmu.

Vaksin berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh kucing rasmu. Selain itu, vaksin dapat mencegah kucingmu terkena penyakit-penyakit yang dapat mengancam nyawa.

7. Merawat bulu kucing

Cara merawat kucing ras selanjutnya adalah merawat bulu kucing. Bulu kucing ras lebih tebal dibandingkan dengan bulu kucing pada umumnya. Untuk itu, merawat bulu sangatlah penting.

Karena bulu merupakan daya tariknya seorang kucing ras. Kamu bisa merawatnya dengan sering menyisir kucingmu secara rutin. Menyisir bermanfaat untuk merapikan bulu kucing yang rontok pada kulit.

Karena, bulu rontok jika dibiarkan saja akan menghambat pertumbuhan bulu kucing ras.

8. Mengajak main kucing

Langkah selanjutnya adalah seringlah mengajak kucingmu bermain. Hal ini penting karena dengan bermain, kucing tidak akan stress.

Kucing yang stress kebanyakan bulunya akan rontok. 

9. Beri kucing ras asupan sinar matahari

Jika kucingmu dipelihara dalam rumah, berilah sedikit space untuk kucingmu dapat menerima sinar matahari. Biasanya dekat jendela.

Namun, jika kamu memungkinkan ajaklah kucing rasmu keluar rumah. Kamu bisa menjemur di luar rumah saat pagi hari. Berjemur adalah hal yang penting terutama untuk kucing ras. Berjemur dapat mencegah kucing terkena jamur atau parasite.

10. Cek kesehatan secara rutin

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan untuk merawat kucing rasmu adalah selalu rutin mengecek kesehatannya. Bawa kucing rasmu secara rutin ke vet dan konsultasikan kepada dokter terdekat.

Hal ini berguna untuk mengetahui dan mencegah penyakit yang akan menyerang kesehatan kucing rasmu.

Cara merawat kucing ras
Cara merawat kucing ras

Cara Memandikan Kucing Ras Di Rumah

Sebelumnya telah dibahas mengenai cara merawat kucing ras. Di bawah ini akan dibahas mengenai cara atau langkah-langkah memandikan kucing ras sendiri dari rumah. Kita simak lebih lengkapnya berikut.

  1. Potong kuku kucingmu sebelum memulai memandikannya
  2. Menyisir atau menyikat bulu-bulu yang kusut sebelum mandi
  3. Pilih sampo yang sesuai dengan kebutuhan kucing rasmu. Bisa dikonsultasikan di pet shop terdekat.
  4. Ajak kucing bermain terlebih dahulu agar mood kucing menjadi bagus
  5. Siapkan ember atau bak mandi da nisi dengan air yang tidak terlalu panas dan dingin
  6. Beri air sedikit demi sedikit pada tubuh kucing
  7. Setelah basah, beri shampoo
  8. Beri sampo secara merata dari kepala sampai ekor. Berikan juga kucing pijatan saat sedang memberi sampo
  9. Bilas kucing menggunakan air secara perlahan
  10. Keringkan menggunakan handuk dan hair dryer

Beberapa Masalah Kesehatan pada Kucing Ras

Memeriksa kesehatan adalah salah satu hal yang penting dalam merawat kucing Persia. Untuk menjaga kesehatan kucing rasmu, tidak ada salahnya mengetahui berbagai penyakit yang biasa terjadi pada kucing ras, yaitu :

  1. Pembusukan pada hati
  2. Infeksi kandung kemih dan Batu kandung kemih
  3. Gangguan mata
  4. Penyakit ginjal genetic dan penyakit polikistik. Penyakit ini akan mempengaruhi satu atau kedua ginjal yang umumnya. Tanda-tandanya akan mulai ditunjukkan pada saat kucing berusia 7 sampai 10 tahun
  5. Kesulitan bernafas serta gangguan pernapasan yang disebabkan oleh hidung pesek
  6. Kondisi mata, seperti atrofi retina progresif, adanya tonjolan pada kelopak mata (mata ceri), serta munculnya lipatan kelopak mata ke dalam (entropion)
  7. Penebalan dinding otot jantung, Kardiomiopati hipertrofik
  8. Sensitivitas panas
Cara merawat kucing ras
Cara merawat kucing ras

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara merawat kucing ras. Ada beberapa informasi sebagai informasi tambahan yaitu cara memandikan serta jenis-jenis penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Comments are closed.