Kenali Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas

Posted on
Seringkali, kamu bahkan tidak mengetahui apa penyebab kucing tidak mau makan dan lemas. Untuk mengantisipasi hal tersebut..

Banyak orang yang memilih kucing untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Selain karena kucing merupakan hewan yang menggemaskan, perawatan kucing juga termasuk mudah dan tidak terlalu mahal. Kucing yang sehat dan lincah pasti menjadi keinginan bagi para pecinta kucing. Namun, tak jarang apabila kucing peliharaan tiba-tiba mogok makan dan lemas. Perilaku kucing seperti itu sering membuat kamu sebagai pemilik merasa khawatir. Seringkali, kamu bahkan tidak mengetahui apa penyebab kucing tidak mau makan dan lemas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, mari kita bahas lebih lanjut mengenai penyebabnya.

Kucing tidak mau makan dan lemas
Kucing tidak mau makan dan lemas

Dibawah Ini Beberapa Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas

1. Masalah Pencernaan

Penyebab kucing tidak mau makan dan lemas yang pertama adalah masalah pencernaan. Sama seperti manusia, kucing juga bisa memiliki masalah pencernaan seperti diare, muntah, dan sakit perut. Masalah pencernaan pada kucing biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Biasanya diakibatkan oleh makanan yang kurang bersih, meminum produk susu sembarangan, makan makanan sisa dari tempat sampah dan lain-lain.

Untuk mengatasi gangguan pencernaan yang menyebabkan kucing menjadi lemas dan nafsu makan berkurang, kamu bisa melakukan beberapa cara yang dijamin efektif. Kamu harus membawa kucing peliharaan ke dokter hewan dengan membawa sampel kotoran yang dikeluarkan kucing kurang dari 12 jam terakhir. Selain itu, hindarkan dari makanan yang berbahaya untuk kucing seperti adonan roti mentah, kismis, anggur, dan produk susu. Juga jangan lupa untuk memperhatikan alergi makanan pada kucing yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Kucing tidak mau makan dan lemas
Kucing tidak mau makan dan lemas

2. Masalah Stres

Ternyata tidak hanya masalah fisik saja yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan lemas. Kadang kala depresi atau kecemasan juga bisa menjadi penyebabnya. Stres yang terjadi pada kucing biasanya dipengaruhi oleh perubahan rutinitas sehari-hari, perubahan suasana rumah, maupun bertemu orang baru.

Baca Juga :  Mengetahui Kapan Anak Kucing Boleh Makan dengan Aman

Kamu jangan terlalu sering memaksa kucing untuk bertemu atau bermain dengan orang baru yang datang ke rumah. Perhatikan lingkungan kucing yang memiliki perubahan drastis juga dapat membuat kucing stres. Jika kamu sering mengelus, menggendong, dan mengajak bermain kucing peliharaanmu dengan penuh kasih sayang dapat menurunkan tingkat stres yang dialami oleh kucing.

3. Masalah Pernapasan

Masalah pernapasan bagian atas dapat menyebabkan hidung tersumbat dan mata kucing mengeluarkan kotoran. Hal itu dapat menyebabkan kucing kamu kehilangan indra penglihatan dan penciuman untuk sementara. Sementara, kesulitan bernapas pada kucing bisa disebabkan oleh masalah pernapasan bagian bawah.

Masalah pernapasan yang membuat kesulitan bernapas serta kehilangan indra penciuman tersebut menjadikan kucing tidak nafsu makan dan hanya berdiam diri saja. Kucing tidak dapat mencium bau makanan serta tidak dapat merasakan makanan seperti biasanya. Sehingga kucing menjadi tidak memiliki selera untuk makan. Oleh karena itu, kamu jangan sampai mengabaikan masalah pernapasan pada kucing peliharaan yang dapat menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan lemas.

Kucing tidak mau makan dan lemas
Kucing tidak mau makan dan lemas

4. Penyakit Gigi

Gigi atau gusi yang sakit juga menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan dan lemas. Seperti halnya manusia, kucing juga dapat mengalami radang gusi, gigi patah, dan masalah gigi lainnya yang menyebabkan mulut sakit. Apabila mulut sakit pasti kucing tidak merasa nyaman untuk makan dan menyebabkan kucing tidak memiliki nafsu makan.

Memang sulit untuk mengetahui apakah kucing kamu sakit mulut atau tidak. Sebagian kucing biasanya menunjukkan tanda-tanda seperti menghindari mengunyah dengan sisi bagian mulut yang sakit, mengais mulutnya, dan mengiler. Terkadang kucing juga akan membuat gerakan mulut yang aneh sambil makan.

Penyakit gigi yang umumnya terjadi pada kucing yaitu gingivitis, periodontitis, dan resorpsi gigi dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Penyakit gigi sering dialami oleh kucing yang berusia lebih dari empat tahun. Apabila kucing peliharaanmu tidak nafsu makan dan lemas akibat sakit gigi, segera bawalah ke dokter hewan. Lebih baik lagi apabila kamu rutin memeriksa kesehatan gigi kucing agar tidak menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan lemas.

Baca Juga :  6 Cara Memelihara Anak Kucing Usia Di bawah 3 Minggu Tanpa Induk

5. Infeksi

Sakit akibat infeksi yang dialami oleh kucing peliharaan biasanya sebabkan oleh virus dan bakteri. Beberapa jenis infeksi virus sangat berbahaya bagi keselamatan kucing. Selain berkurangnya nafsu makan, masih ada beberapa tanda adanya infeksi pada kucing. Seperti kondisi tubuh yang lemah, diare, muntah, dan demam.

Infeksi yang diakibatkan virus biasanya menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan lemas secara signifikan karena infeksi yang cukup berat. Semua jenis kucing memiliki kemungkinan terkena infeksi virus, namun kucing jantan yang senang berkeliaran di luar ruangan lebih rentan terkena. Sedangkan, kucing yang beraktivitas di dalam ruangan memiliki kemungkinan kecil untuk terinfeksi virus.

Ada hal-hal yang dapat kamu lakukan agar kucing peliharaan tidak terinfeksi virus. Lakukan vaksinasi serta perawatan yang rutin terhadap kucing peliharaan. Selain itu, jangan biarkan kucing kamu bermain atau berdekatan dengan kucing yang telah terinfeksi virus. 

Kucing tidak mau makan dan lemas
Kucing tidak mau makan dan lemas

6. Vaksinasi

Penyebab kucing tidak mau makan dan lemas yang selanjutnya adalah vaksinasi. Meskipun vaksinasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh kucing, vaksin menyebabkan beberapa efek samping. Kehilangan nafsu makan dan tubuh lemas merupakan efek samping yang umum terjadi pada diri kucing. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena efek ini bersifat ringan dan hanya sementara.

Walaupun memiliki efek samping demikian, vaksinasi sangat penting untuk kucing peliharaan. Ini bertujuan agar kucing terlindungi dari berbagai serangan penyakit. Tapi perlu diingat bahwa vaksin hanya diperbolehkan untuk kucing yang sehat, karena vaksin itu bersifat pencegahan. Kucing yang sedang hamil maupun menyusui tidak boleh diberikan vaksin.

7. Keracunan

Banyak hal yang dapat menyebabkan kucing kamu mengalami keracunan. Ciri-ciri kucing keracunan tidak jauh beda dengan hewan lainnya. Namun, jika dibandingkan dengan hewan jenis lain seperti anjing, kucing merupakan jenis hewan yang lebih sulit sembuh dari keracunan.

Baca Juga :  4 Makanan Terbaik Untuk Anak Kucing dan Cara Memberikannya

Keracunan pada kucing sering kali disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Biasanya meski aman untuk manusia, ada beberapa makanan yang justru dapat menyebabkan kucing keracunan. Contohnya seperti cokelat, bawang dan anggur. Maka dari itu jangan biarkan kucing kamu mengonsumsi makanan tersebut agar tidak keracunan, yang mana hal tersebut dapat menjadi penyebab kucing tidak mau makan dan lemas.

Kucing tidak mau makan dan lemas
Kucing tidak mau makan dan lemas

8. Ada Benda Asing Dalam Perut

Bukan tidak mungkin apabila yang menjadi penyebab kucing tidak makan dan lemas adalah karena adanya benda asing di dalam perut. Beberapa kucing biasanya tak jarang menelan benda yang tidak seharusnya dimakan. Benda asing yang ditelan bisa berupa benang, rambut, kancing, kertas, dan lain-lain. Benda asing tersebut dapat menghambat makanan yang akan melewati saluran pencernaan. Kondisi tersebut membuat kucing berhenti makan karena muntah dan diare. Muntah merupakan cara alami yang untuk mengeluarkan benda asing yang tertelan dari tubuh kucing. Agar kucing kamu tidak menelan benda-benda asing, maka berikan pengawasan serta perhatikan lingkungan tempat bermain.

Tanya Jawab Seputar Kucing Tidak Mau Makan dan Lemas

Apa yang harus dilakukan jika kucing tidak mau makan dan lemas?

Pada umumnya, kucing yang terserang penyakit akan mengalami gejala lemas, tidak nafsu makan, tidur terus, hingga muntah-muntah.

1. Beri air minum yang bersih
2. Beri multivitamin
3. Beri susu kucing
4. Pancing dengan makanan dry food atau raw food
5. Beri obat cacing
6. Bersihkan kandangnya

Apa penyebab kucing tidak mau makan?


Sakit. Kehilangan nafsu makan adalah salah satu indikator utama bahwa ada sesuatu yang salah. Jadi, pastikan untuk memerhatikan jika kucing Moms tiba-tiba mogok makan. Sejumlah kondisi berbeda mungkin menjadi penyebabnya, termasuk infeksi, gagal ginjal, pankreatitis, masalah usus, dan kanker.

Kenapa kucing diam dan lemas?

Kalau kucingmu tiba-tiba jadi pendiam, bisa jadi kucingmu sakit. Jika kucing terlihat diam dan lemas, cobalah berikan makanan kesukaannya. Kalau ia tidak mau makan makanan kesukaannya, tandanya kucing sedang sakit. Kadang-kadang, demam juga disertai muntah dan diare.

Kenapa kucing menjadi murung?

Penyakit. Kecemasan emosional dan stres bukan satu-satunya faktor yang dapat menyebabkan kucing bersembunyi. Perilaku kucing yang tiba-tiba menjadi pendiam juga dapat disebabka rasa sakit dan ketidaknyamanan fisik yang dialaminya. Kucing mungkin mengalami penyakit serius seperti ginjal, diabetes, atau radang sendi.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Kucing Yang Cocok Bagi Kaum Pemula!