Begini Cara Memelihara Kucing Anggora, Super Menyenangkan!

Posted on 44 views
Bagi kamu pecinta kucing, pasti tidak asing dengan Anggora. Cara memelihara kucing Anggora super menyenangkan karena Anggora merupakan kucing yang menggemaskan.

Bagi kamu pecinta kucing, pasti tidak asing dengan Anggora. Cara memelihara kucing Anggora super menyenangkan karena Anggora merupakan kucing yang sangat menggemaskan. Untuk kamu pecinta kucing pemula yang baru saja memulai untuk memelihara kucing, kamu bisa mempelajari bagaimana cara memelihara kucing Anggora yang baik dan benar.

cara memelihara kucing anggora
Cara memelihara kucing anggora

Cara Memelihara Kucing Anggora Agar Tetap Sehat dan Lucu

Merawat kucing Anggora berbeda dengan cara merawat kucing-kucing pada umumnya. Bulunya yang halus membuat pecinta kucing merasa bahwa merawat kucing Anggora terbilang susah-susah gampang. Anggora membutuhkan perhatian khusus dan lebih ketimbang kucing-kucing lainnya.

Karakternya yang manja membuat Anggora harus diberikan kasih sayang dan perhatian lebih dari pemiliknya. Apabila Anggora tidak mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang cukup, ia bisa menjadi kucing yang cukup nakal.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menerapkan cara memelihara kucing Anggora :

1. Rajin Memandikan Kucing Anggora

Umumnya, memandikan kucing bisa dilakukan rutin satu bulan sekali. Meski kucing seringkali membersihkan diri dengan menjilat dirinya sendiri, namun membersihkan kucing Anggora adalah hal yang harus dilakukan untuk menghindari datangnya kutu, kuman, bakteri, virus, dan penyakit lainnya.

Memandikan kucing tidak boleh terlalu sering, sebab akan menyebabkan kerontokan pada bulunya. Kucing Anggora terkenal akan bulunya yang halus, akan sangat sayang apabila bulu-bulu halusnya harus rontok karena terlalu sering dimandikan.

Cara memelihara kucing anggora
Cara memelihara kucing anggora

2. Cara Merawat Bulu Kucing Anggora

Menyisir bulu juga merupakan cara memelihara kucing Anggora yang bisa dilakukan secara rutin setiap hari untuk menjaga bulu agar tetap terawatt dan selalu tetap sehat. Saat menyisir bulu kamu bisa menggunakan sisir metal bergerigi panjang yang bisa kamu beli di toko-toko hewan peliharaan terdekat atau di e-commerce pilihan kamu.

Manfaat dari menyisir bulu adalah untuk menghindari terjadinya hair ball yang berbahaya untuk masalah pencernaan Kucing Anggora.

3. Menyediakan Kandang yang Luas dan Nyaman

Kandang adalah ruang khusus yang harus disediakan oleh pecinta kucing. Agar kucing Anggora bisa aktif leluasa, melompat dan memanjat, sediakan kandang yang luas dan nyaman. Berikan beberapa properti permainan untuk kucing Anggora, hal tersebut dapat melatih kucing menjadi lebih aktif lagi.

4. Memotong Kuku Kucing Anggora Secara Rutin

Kuku bisa menjadi sarang penyakit apabila tidak dirawat dengan baik dan benar. Perawatan memotong kuku Kucing Anggora bisa dilakukan setidaknya satu bulan sekali pada saat kucing dimandikan.

Apabila kamu merasa bisa memotong kuku Kucing Anggora sendiri di rumah, pastikan bahwa suasana saat memotong kuku itu nyaman, potong kukunya secara perlahan. Tapi, jika kamu masih ragu dan takut, bisa membawa kucing ke salon atau dokter hewan terdekat.

Cara memelihara kucing anggora
Cara memelihara kucing anggora

5. Rutin Membersihkan Telinga Kucing Anggora

Meski kucing Anggora suka membersihkan telinganya sendiri, namun itu tidak menjamin kebersihan pada telinganya. Sebagai pemilik kucing, kamu bisa membantunya untuk membersihkan telinga paling tidak setiap dua minggu sekali.

Caranya menggunakan kain bersih yang basah atau bola kapas, usap lembut di bagian telinganya. Perlu diperhatikan bahwa kamu harus menghindari pembersihan tersebut masuk ke saluran telinganya. Apabila telinga kucing telah berwarna merah mudah dan tidak bau, maka telinga kucing telah bersih.

6. Rutin Membersihkan Gigi

Tips merawat kucing anggora agar terhindar dari penyakit gusi, sariawan, dan berbagai penyakit gigi lainnya, kamu harus memperhatikan kebersihan gigi pada kucing Anggora. Sebelum rutin menyikat gigi pada kucing, kamu harus membiasakan kucing Anggora dengan sikat gigi.

Cara memelihara kucing Anggora yang satu ini adalah dengan memberikan pasta gigi menggunakan ujung jari pada gigi kucing, lalu biarkan kucing menjilat pasta gigi itu. Jika kucing sudah merasa terbiasa, kamu bisa mulai menggunakan sikat gigi yang halus dan menyikat giginya secara perlahan.

Tidak boleh menggunakan pasta gigi yang biasa digunakan oleh manusia, kamu harus membeli pasta gigi yang bisa digunakan untuk kucing. Pasta gigi yang biasa digunakan oleh manusia mengandung fluoride dan itu beracun bagi kucing.

7. Memberikan Makanan yang Sesuai untuk Memenuhi Gizi dan Nutrisi

Cara merawat kucing anggora dengan baik yaitu dengan memperhatikan makanan dengan kandungan gizi terbaik akan membuat kucing menjadi lebih sehat dan berdampak baik terhadap tumbuh kembangnya.

Makanan yang bisa dipilih adalah makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi, dimana protein di dalamnya tidak kurang dari 40%.

Tidak hanya memperhatikan asupan gizinya, kamu juga harus menjaga moodnya agar kucing tetap mau makan dengan rutin.

Cara memelihara kucing anggora
Cara memelihara kucing anggora

Makanan Favorit Kucing Anggora

Salah satu cara memelihara kucing Anggora adalah dengan memberikan makanan favorit yang bisa membuatnya happy lengkap dengan nutrisi yang cukup.

Berikut beberapa makanan favorit yang bisa kamu berikan untuk kucing Anggora :

1. Makanan dengan Bahan Dasar Ikan Tuna

Membuat makanan kucing dengan bahan ikan tuna terbilang cukup mudah, cukup siapkan beberapa bahan berupa ikan tuna yang segar dan rebus dengan ukuran 1 cangkir.

Berikan beras merah yang sudah matang dan sunflower oil sebanyak satu sendok makan. Jangan lupa campurkan air rebusan ikan sebanyak 1-2 sendok makan.

Tidak boleh memasak ikan terlalu lama, hal itu akan membuat kandungan nutrisi dalam bahan-bahan tersebut berkurang.

Campurkan semua bahan untuk membuat makanan dengan bahan dasar ikan tuna dengan blender, kemudian berikan kepada kucing sesuai dengan porsinya.

Apabila kucing tidak bisa menghabiskan semuanya, kamu bisa simpan sisanya di dalam kulkas dengan ketahanan maksimal 3 hari.

2. Masak Makanan Kucing dengan Daging Sapi

Cara memelihara kucing Anggora yang baik adalah dengan memenuhi nutrisi menggunakan daging. Caranya cukup mudah, haluskan bahan-bahan daging sapi yang sudah direbus, sesuaikan dengan kebutuhan, berikan beras merah yang sudah matang, campurkan dengan kentang yang sudah dikukus, serta air rebusan daging, kemudian haluskan semuanya menggunakan blender.

3. Merek Makanan Kucing Terbaik jika Kamu Ingin Memberikan Makanan Secara Instan

Tidak harus memberikan makanan kucing dengan cara memasak atau memadukan bahan-bahan seperti ikan tuna, ikan tongkol, ataupun daging. Kamu bisa memberikan kucing dengan merek-merek terpercaya di bawah ini :

  • Royal Canin
  • Whiskas
  • Me-O
  • Pro Plan
  • Muezza

Meski cukup mudah dan instan, kamu tidak bisa sembarangan memilih merek makanan kucing. Kamu harus memperhatikan komposisinya dan pastikan bahwa kandungan di dalam merek makanan kucing tersebut telah cukup untuk memenuhi kebutuhan kucing kamu.

Ada beberapa kucing yang sensitif atau tidak bisa diberikan sembarang makanan, maka kenali kucing kamu beserta alergi apa yang dialaminya, sehingga kamu dapat mencegah secara dini penyakit yang bisa timbul karena salah memilih makanan.

Sebagai seorang pemilik kucing, memperhatikan kesehatan kucing adalah hal terpenting. Sebelum memutuskan untuk memilih kucing Anggora, kamu harus memahami bagaimana karakter dari hewan ini.

Cara memelihara kucing anggora
Cara memelihara kucing anggora

Tanya Jawab Seputar Cara Merawat Kucing Anggora

Apa saja yang dibutuhkan kucing anggora?

Cara Memelihara Kucing Anggora

Perlengkapan untuk Perawatan Kucing Anggora
– Makanan
– Kandang
– Tempat makan dan tempat minum
– Litter box dan serokan
– Pasir kucing untuk buang air besar
– Sisir bulu
– Lint rolling untuk membersihkan bulu kucing dari baju
– Shampoo khusus kucing

Bagaimana cara memandikan kucing anggora?

Cara Memelihara Kucing Anggora

Cara Perawatan Kucing Anggora : Memandikan Kucing
Langkah 1: Isi Air Hangat. Jauh lebih mudah untuk memandikan kucing di wastafel daripada di bak
Langkah 2: Basahi Kucing
Langkah 3: Beri Shampoo dan Bilas
Langkah 4: Bersihkan Wajah Kucing
Langkah 5: Kapas untuk Telinga Kucing
Langkah 6: Bungkus Kucing dengan Handuk

Apakah kucing anggora boleh makan nasi?

Cara Memelihara Kucing Anggora

Pada dasarnya kucing boleh makan nasi. Dengan catatan, kucing tersebut mau dan atas anjuran dari dokter hewan. Artinya, Anda tidak boleh memberikan nasi secara sembarangan terhadap kucing. Sebagai hewan karnivora, alaminya kucing makan makanan berdaging.

Penutup

Kucing Anggora cukup populer di kalangan pecinta kucing, harga di pasaran juga terbilang mahal. Namun, kucing ini memang menggemaskan dan berbeda dengan jenis kucing lainnya. Oleh sebab itu, pahami dan terapkan bagaimana cara memelihara kucing Anggora.

Baca Juga :
6 Cara Merawat Kucing Yang Cocok Bagi Kaum Pemula!