Kenali 3 Jenis Makanan Anak Ikan Cupang yang Baik dan Sehat

Posted on

Makanan anak ikan cupang adalah hal yang harus kamu ketahui saat membudidayakan ikan cupang. Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang menjadi pilihan banyak orang untuk dipelihara.

Keindahan warna dan sirip yang dimiliki ikan cupang, membuat kebanyakan orang memilih ikan ini sebagai hiasan di dalam rumah. Meski terbilang agresif, ikan yang hidup di air tawar ini dirasa cukup mudah untuk dipelihara.

Dalam melakukan pemeliharaan, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar ikan cupang tetap terlihat indah dan sehat. Salah satunya adalah memperhatikan jenis makanan yang sesuai untuk ikan cupang berdasarkan usianya.

Makanan Anak Ikan Cupang

Jenis Makanan Anak Ikan Cupang

Memilih makanan anak ikan cupang tidak sulit. Meski harus hati-hati karena salah pemilihan jenis makanan, akan menyebabkan anak ikan cupang mati. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui dengan baik dan mempelajari jenis makanan anak ikan cupang.

Anak ikan cupang sangat rentan dengan kematian, karena kondisinya yang masih lemah dan belum mampu untuk memenuhi kebutuhan pakannya sendiri.

Maka, sebagai peternak ikan cupang, kamu perlu memberikan perhatian lebih terhadap anak ikan cupang agar kondisi kesehatannya tidak memburuk dan terhindar dari kematian.

Berikut jenis makanan anak ikan cupang :

Makanan Anak Ikan Cupang Kuning Telur

1. Kuning Telur

Secara umum, kuning telur ini diberikan kepada anak ikan cupang tiga hari setelah menetas dari telurnya sehingga dapat menjadi makanan burayak cupang. Kuning telur dapat menjadi makanan burayak umur 3 hari. Kebanyakan peternak atau pemelihara anak ikan cupang memilih kuning telur karena tidak sulit untuk mendapatkannya.

Cara membuat jenis makanan ini sangat mudah, kamu tinggal mempersiapkan telur dan merebusnya hingga matang. Jenis telur yang bisa kamu pilih adalah telur ayam boiler atau telur ayam kampung.

Setelah proses perebusan selesai, kamu bisa memisahkan kuning telur dari putihnya. Hancurkan kuning telur menggunakan sendok dan berikan sedikit air agar kuning telur hingga berubah menjadi larutan kental seperti bubur.

Kuning telur yang sudah berubah menjadi bubur kental, bisa kamu berikan kepada anak ikan cupang. Tidak perlu memberikannya terlalu banyak supaya tidak mengotori akuarium.

Kamu bisa memberikan makanan tersebut menggunakan sebatang lidi dan mencelupkan ujungnya pada bubur kuning telur, kemudian masukkan ke dalam akuarium yang berisi anak-anak ikan cupang. Pemberian makanan ini bisa kamu lakukan dua kali dalam sehari.

Makanan Anak Ikan Cupang Microworm

2. Microworm

Microworm adalah cacing-cacing kecil. Microworm bisa menjadi salah satu makanan anak ikan cupang alternatif dan dapat menjadi makanan burayak ikan cupang umur 1 hari. Namun, proses pembuatan microworm terbilang cukup ribet jika dibandingkan dengan pemberian kuning telur. Berikut proses pembuatan microworm :

  • Menyiapkan karbohidrat sebagai media, misalnya nasi atau kentang.
  • Jika menggunakan kentang, maka rebus terlebih dahulu kentang tersebut dan bagi menjadi dua setelah setengah matang.
  • Tunggu sampai kentang setengah matang yang telah dibagi dua itu dingin.
  • Letakkan kentang yang sudah dingin di bawah tanah yang berada di pohon dekat tumpukan sampah (tempat yang lembab) agar pertumbuhan cacing bisa lebih cepat.
  • Lihat tanda-tanda pembusukan dari kentang yang sudah dibiarkan selama tiga hari.
  • Biarkan kembali selama dua hari dan lihat hasil pembusukannya.
  • Hasil pembusukan akan memperlihatkan microworm yang bentuknya menyerupai cacing-cacing kecil.

Pemberian makanan yang berupa microworm ditujukan untuk anak ikan cupang yang berusia di atas 5 hari. Meski terbilang lebih sulit dibandingkan membuat kuning telur, manfaat yang bisa didapatkan oleh anak ikan cupang saat diberikan pakan ini adalah, pertumbuhannya menjadi lebih maksimal karena microworm cukup tinggi protein.

Makanan Anak Ikan Cupang Kutu Air

3. Kutu Air

Jenis makanan kutu air ini disebut memiliki kandungan protein yang tinggi, yaitu sebesar 60%, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan gizi anak ikan cupang.

Peternak ikan cupang lebih suka menggunakan kutu air sebagai jenis makanan yang akan diberikan kepada anak ikan cupang. Hal tersebut dikarenakan, kutu air cukup mudah didapatkan dan anak ikan cupang juga menyukai kutu air.

Makanan anak ikan cupang satu ini adalah makanan yang paling disukai oleh anak ikan cupang. Jumlahnya yang sangat banyak dan pergerakannya secara perlahan, membuat anak ikan cupang otomatis akan melahapnya di dalam akuarium.

Kutu air sangat dicari oleh peternak ikan cupang, karena mengandung gizi yang baik dan mudah dikonsumsi oleh anak ikan cupang. Sehingga, tidak sedikit peternak ikan cupang yang memproduksi sendiri kutu air di rumah.

Terdapat dua jenis kutu air, yaitu kutu air merah dan kutu air hitam. Untuk makanan anak ikan cupang, kamu bisa memberikan jenis kutu air hitam. Proses pembuatannya membutuhkan waktu kurang lebih tujuh hari dengan memanfaatkan kol kubis.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kutu air sendiri di rumah :

  • Mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan, yaitu ember, air bersih, dan kol kubis.
  • Masukkan air bersih ke dalam ember sebanyak setengah ukuran ember.
  • Masukkan kol kubis secukupnya.
  • Tutup ember dengan kayu, papan, atau penutup ember agar tidak dimasuki jentik-jentik nyamuk.
  • Diamkan selama satu minggu hingga kol kubis membusuk di dalamnya.
  • Setelah satu minggu, buka ember tersebut dan akan terlihat warna-warna hitam di dalamnya.
  • Ambil kutu air yang telah hinggap di kol kubis busuk menggunakan kain berwarna putih.

Setelah mendapatkan kutu air, kamu bisa memasukkan hasil kutu air hitam tersebut ke dalam akuarium agar anak ikan cupang dapat tumbuh cepat dan sehat.

Manfaat Ikan Cupang Bagi Manusia

Tidak hanya bermanfaat sebagai hiasan di rumah karena keindahannya, ikan cupang memiliki manfaat lain yang jarang diketahui banyak orang.

Berikut manfaat dari ikan cupang yang bisa membuat kamu tertarik untuk membudidayakannya :

1. Mengurangi Stress

Memelihara ikan di dalam akuarium tidak hanya bisa dilakukan di rumah. Bagi kamu yang sudah memiliki kantor dan karyawan, kamu bisa memberikan hiasan berupa akuarium ikan cupang di sekitar area kantor agar dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan tingkat stress yang rendah.

2. Mengantisipasi DBD

Apabila ditempatkan di akuarium dan wadah penampungan air yang terbuka, ikan cupang dinilai efektif untuk membasmi jentik-jentik nyamuk. Hal tersebut bisa membuat pemilik rumah memiliki resiko lebih kecil untuk terjangkit penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti.

3. Sebagai Energi Positif

Rumah yang indah akan memberikan energi positif di dalamnya. Warna ikan cupang yang beraneka ragam, membuat rumah menjadi lebih indah dan pemiliknya akan betah tinggal di dalam rumah.

Keindahan tersebut juga akan meredakan stress dari pemilik rumah, sehingga kualitas tidur mereka juga akan meningkat.

Makanan Anak Ikan Cupang

Tanya Jawab Makanan Anak Ikan Cupang

Apa Makanan anak ikan cupang baru menetas?

Rekomendasi makanan ikan cupang terbaik menurut sumber terpercaya adalah:
– Jentik Nyamuk
– Insuforia
– Cacing Sutra
– Cacing Darah
– Artemia
– Kuning Telur
– Burayak Guppy
– Vinegar Eel
– Kutu Air
– Lalat
– Microworms

Apa Makanan anak ikan cupang baru menetas?

Kuning telur adalah makanan burayak yang biasa di pakai. Sangat mudah membuatnya serta gampang di aplikasikan. Kandungan protein yang tinggi pada kuning telur ini yang menjadi makanan utama pada burayak yang telah berumur 3 hari.

Apa makanan anak ikan yang baru lahir?

Artemia merupakan pakan hidup alami yang mempunyai nial gizi yang baik sehingga anakan ikan cepat besar.

Berapa hari anak ikan cupang di pisahkan dari induknya?

Dan yang paling tepat diantara pengambilan induk cupang jantan adalah pada hari ke empat. Diusia ini selain burayak sudah sempurna berenangnya dan induk cupang jantan juga sepertinya sudah rela ketika ia harus dipisahkan dari anak-anaknya.

Apa makanan ikan cupang supaya cepat besar?

Berikut beberapa jenis makanan untuk ikan cupang agar cepat besar :
– Jentik Nyamuk
– Kutu Air
– Cacing Sutra.
– Microworms
– Kuning Telur

Apakah burayak umur 4 hari bisa makan kutu air?

Nah setelah burayak umur 4 hari, maka langsung dituangkan di kolam pembesaran yang sudah ada anakan-anakan kutu airnya yang tentunya ukuran anakan-anakan kutu air ini kecil dan bisa dimakan oleh burayak umur 4 hari.

Berapa kali memberi makan burayak ikan cupang?

Burayak diberi makan 2 kali dalam sehari. berilah makanan secukupnya agar air tidak menjadi keruh. Perlu diketahui bahwa air yang keruh dapat membuat penyakit bagi burayak dan membuatnya mati.

Berapa kali memberi makan ikan cupang?

Ikan cupang harus diberi makan setiap hari atau hampir setiap hari. Dua kali pemberian makan secara teratur dengan interval waktu yang sama akan cukup bagi ikan.

Penutup

Ikan cupang merupakan hewan yang bisa menjadi pilihan untuk dipelihara di rumah. Kehadiran ikan dan pemeliharaan yang tidak terlalu sulit, membuat kamu bisa merasa lebih baik saat dilanda pekerjaan yang membuat stress.

Namun, perlu diperhatikan, saat memelihara ikan cupang, anak ikan cupang yang perlu mendapatkan perhatian khusus, karena membutuhkan nutrisi agar tetap terlihat sehat dan indah. Termasuk, memilih yang terbaik untuk jenis makanan anak ikan cupang.

Baca Juga: Ketahui 10 Pakan Ikan Cupang Terbaik!