Ini Penyebab Kenapa Kucing Lemas dan Tidak Mau Makan

Posted on 4 views
Memelihara kucing harus benar-benar telaten dan selalu memperhatikan kesehatannya. Kucing juga sama seperti manusia, ada kalanya kucing lemas dan tidak mau makan.
Bagikan artikel ini

Memelihara kucing harus benar-benar telaten dan selalu memperhatikan kesehatannya. Kucing juga sama seperti manusia, ada kalanya kucing lemas dan tidak mau makan. Biasanya, dalam keadaan seperti itu kucing terlihat tidak bersemangat, pasif, dan tampak lemas. Sebagai pemelihara kucing, kamu harus waspada dan memahami betul apa penyebab kondisi kucing kamu seperti itu.

Kucing lemas dan tidak mau makan
Kucing lemas dan tidak mau makan

Beberapa Penyebab Kucing Lemas dan Tidak Mau Makan

Kucing yang tidak makan meskipun satu hari saja akan membahayakan dirinya. Lipidosis hati akan cepat berkembang dalam tubuh kucing akibat tidak ada makanan yang masuk. Kucing mudah dikenali saat mengalami kondisi tidak mau makan sehingga pemelihara kucing harus cepat tanggap supaya tidak berakibat fatal ke depannya. Ada banyak faktor penyebab kenapa kucing tidak mau makan.

1. Stress

Penyebab kucing lemas dan tidak mau makan yang pertama adalah karena kucing merasa stress. Stress yang dirasakan kucing bisa disebabkan karena dua faktor yaitu faktor tekanan dan lingkungan. Biasanya, kucing yang baru saja diadopsi dan belum beradaptasi dengan baik dengan lingkungan yang baru, akan merasa stress dan tertekan.

Perubahan dari lingkungan lama ke lingkungan yang baru mengharuskan kucing harus beradaptasi terlebih dahulu. Kucing yang baru masuk ke dalam lingkungan baru dan masih terasa asing mengakibatkan kucing tidak nafsu makan. Selain kedua faktor tersebut, stress juga bisa diakibatkan karena terlalu sering grooming.

Ciri-ciri kucing stress bisa dilihat dari perilaku kucing yang terus-menerus mengeong tanpa ada sebab maupun diam saja tampak lemas, tidak bergairah dan bersemangat.  Untuk menurunkan tingkat stress yang dialami kucing tersebut, kamu bisa mengajaknya bermain, sering mengelusnya, dan juga sering menggendongnya.

2. Bosan

Kucing lemas dan tidak mau makan juga disebabkan karena merasa bosan. Sama seperti manusia, kucing pun juga bisa merasa bosan dan malas makan. Biasanya kasus seperti ini terjadi pada kucing persia dan kucing ras lainnya yang ditandai dengan perilakunya yang lebih sering tidur daripada biasanya.

Penyebab bosan bisa disebabkan karena pemelihara kucing tidak pernah mengajak kucingnya bermain, tidak pernah menggendong, bahkan tidak pernah mengelusnya. Kucing tidak pernah merasa senang karena pemelihara kucing seakan mengabaikannya dan hanya mendekatinya ketika akan memberinya makan saja sehingga menyebabkan kebosanan.

Kucing lemas dan tidak mau makan
Kucing lemas dan tidak mau makan

3. Birahi

Kucing yang sedang dalam masa birahi biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan. Masa birahi yakni suatu masa dimana seekor kucing mulai memasuki masa kawin. Kucing yang sedang birahi akan sering mengeong dan terlihat gelisah mencari pasangan untuk dikawini. Di masa inilah kucing sering kehilangan nafsu makan jika tak kunjung mendapatkan pasangan.

Terlebih lagi, jika pada masa ini kucing dikurung di dalam kandang dan tidak diperbolehkan untuk keluar rumah oleh pemelihara kucing untuk mencari pasangan kawin, kucing bisa merasakan stress dan suasana hatinya begitu kacau. Jika sudah begitu, maka kondisi kucing lemas dan tidak mau makan.

4. Masalah pada pernapasan

Penyebab kucing tidak mau makan juga bisa disebabkan oleh masalah pada pernapasannya. Masalah pernapasan bisa berpengaruh pada kemampuan bernapas kucing dan indra penciumannya. Penyakit pernapasan di bagian atas yang diderita oleh kucing menyebabkan penyumbatan pada hidung sehingga kucing lemas dan tidak mau makan.

Selain itu, terdapat banyak kotoran di mata kucing yang bisa menyebabkan penciuman dan penglihatan hilang sementara waktu. Sementara penyakit pernapasan di bagian bawah yang diderita oleh kucing bisa berpengaruh pada paru-paru kucing sehingga kucing mengalami kesulitan dalam bernapas.

Kucing lemas dan tidak mau makan
Kucing lemas dan tidak mau makan

5. Masalah pada sistem pencernaan

Kucing lemas dan tidak mau makan juga disebabkan oleh adanya masalah pada sistem pencernaannya. Masalah pencernaan bisa menyerang bagian pancreas, usus, dan bagian lainnya pada sistem pencernaan sehingga menyebabkan kucing tidak nafsu makan. Kemungkinan yang terjadi saat ada masalah pencernaan yakni sakit perut bahkan diare.

Sistem pencernaan yang bermasalah mengacu pada penyakit tumor, refluks asam, iritasi usus besar, parasit, tidak seimbangnya bakteri usus, hingga radang. Selain itu, masalah pada sistem pencernaan kucing juga dipicu karena adanya benda asing yang ada di dalam perutnya. Hal ini terjadi karena kucing menelan suatu benda yang tidak seharusnya dimakan.

Contohnya saja, kucing menelan bulu yang mengakibatkan tersangkut di dalam usus atau perut. Benda asing seperti bulu bisa menyebabkan makanan yang seharusnya melewati saluran pencernaan menjadi terhalang. Karena hal itu, kucing bisa mengalami muntah dan diare hingga tidak mau makan.

6. Penyakit pada mulut

Penyebab kucing lemas dan tidak mau makan lainnya yaitu adanya suatu penyakit pada mulutnya. Kamu bisa cek apakah ada bau tidak sedap dari dalam mulutnya atau adakah luka di dalam mulutnya. Hal tersebut membuat kucing tidak nafsu makan. Masalah pada gusi dan giginya juga menjadi penyebab tidak adanya nafsu makan yang dialami kucing.

Berbagai penyakit seperti abses gigi, gigi patah, radang gusi dan penyakit lainnya bisa menyebabkan kucing mengalami nyeri mulut. Kucing juga sama seperti manusia yang apabila sedang merasakan sakit pada area mulutnya maka nafsu makan juga akan hilang. Jika kucing sedang mengalami penyakit mulut, maka segeralah membawanya ke dokter hewan terdekat.

Kucing lemas dan tidak mau makan
Kucing lemas dan tidak mau makan

7. Tidak adanya variasi makanan

Kucing sama seperti manusia yang suka makan dengan variasi makanan yang berbeda-beda di setiap harinya. Kucing lemas dan tidak mau makan bisa disebabkan oleh tidak adanya variasi makanan. Kucing yang setiap harinya diberi makanan yang itu-itu saja tentu akan merasa malas untuk memakannya.

Oleh karena itu, usahakan memberi makan kucing dengan diselingi variasi makanan lainnya. Misalnya saja, dalam satu hari, paginya kucing diberi makan dry food. Kemudian siangnya diberi makan wet food. Selingi juga dengan snack atau cemilan yang disukai kucing serta vitamin sehingga nafsu makan kucing semakin bertambah.

8. Adanya perubahan cuaca

Perubahan cuaca juga bisa menyebabkan kucing lemas dan tidak mau makan. Kucing termasuk hewan yang sensitif terhadap cuaca. Kucing lebih suka dengan cuaca maupun suasana yang hangat daripada cuaca dingin. Saat cuaca dingin, kucing merasa malas untuk makan, kucing lebih memilih meminum susu hangat daripada makan.

Selain perubahan cuaca, kucing juga tidak suka dengan suhu udara yang dingin. Kucing merasa kedinginan jika berada di dalam rumah yang suhu udaranya dingin. Maka, usahakan tidak menyalakan AC dengan suhu yang terlalu dingin apabila kamu memelihara kucing indoor. Kucing lebih betah berada di dalam rumah dengan suhu udara yang hangat.

Kucing lemas dan tidak mau makan
Kucing lemas dan tidak mau makan

Penutup

Kucing juga merupakan makhluk hidup yang mempunyai mood ketika makan. Beberapa penyebab di atas bisa menjadi faktor penyebab kucing lemas dan tidak mau makan. Jika kamu seorang pemelihara kucing, pastikan kucing selalu dalam keadaan sehat dan mood yang baik sehingga kucing selalu mau makan dan terhindar dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan.